Michael Schumacher Pensiun Dengan Senyum Kemenangan

Selasa, 27 November 2012

Periode comeback Michael Schumacher di F1 sangat mencewakan. Namun di kesempatan terakhirnya berada di kokpit jet darat, Schumi tampil luar biasa. Dia pun mengucap salam perpisahan dengan senyum kemenangan.

GP Brasil 2012 menjadi balapan terakhir Schumacher di ajang F1. Juara dunia tujuh kali itu memutuskan untuk pensiun sehabis musim 2012, kali ini langkah tersebut akan bersifat permanen karena dia memastikan tak akan lagi melakukan comeback.

Tak ada hasil fenomenal didapat Schumacher dalam balapan yang dimenangkan Jenson Button dan memunculkan Sebastian Vettel sebagai juara dunia itu. Schumi masih belum mampu meraih kemenangan, dia pun cuma bisa menyentuh garis finis di urutan tujuh. Sebagai catatan, itu bukan hasil terbaiknya bersama Mercedes karena di GP Eropa musim ini dia bisa naik podium di urutan tiga.

Namun GP Brasil bisa dibilang menjadi salah satu balapan terbaik Schumacher setelah dia memutuskan kembali dari pensiun di tahun 2010 lalu. Itu terkait performa mantap yang dia pertunjukkan di sirkuit Interlagos.

Schumacher sempat terlempar ke posisi 20 setelah mengalami pecah ban di lap sembilan. Namun perlahan dia mampu menanjak naik, bukan cuma masuk posisi 10 besar karena Schumacher bahkan bisa bertengger di urutan enam jelang berakhirnya balapan. Namun posisi Schumacher akhirnya diambil Vettel, yang berjuang mati-matian menjaga kans juara dunia yang dia punya.

"Benar-benar sebuah balapan yang menegangkan dengan banyak insiden. Aneh sekali, balapan terakhir saya di F1 dimulai dengan ban pecah yang membuat saya berada di posisi terakhir. Tapi selalu menjadi filosofi saya untuk tidak menyerah - selalu ada kesempatan, Anda hanya harus terus berupaya dan memanfaatkannya saat (kesempatan) itu datang," sahut Schumacher di Eurosport.

Schumi sebelumnya sudah pernah pensiun di tahun 2006, ketika dia masih membela Ferrari. Namun di musim 2010 dia membuat pernyataan mengejutkan untuk melakukan comeback bersama Mercedes, keputusan yang kemudian banyak disesalkan karena Schumacher gagal total karena tak sekalipun pernah menjejak podium tertinggi.

"Michael menunjukkan pada kita semua skill yang kita tahu dia miliki hari ini untuk menyelamatkan balapannya; mempertimbangkan dengan matang untuk melakukan overtaking, keputusan yang baik terkait ban dan terus menjaga mobilnya berada di lintasan untuk memberi kami poin," kata bos tim Mercedes, Ross Brawn.

"Itu cara yang baik untuk menyudahi musim dan menuntaskan kariernya bersama kami," lanjut Brawn.

Terkait periode tiga musim bersama Mercedes, Schumi mengucap terima kasih pada fans yang terus memberi dukungan padanya

"Itu periode yang indah, dengan banyak emosi di dalamnya, banyak momen bagus di sana yang kami bagikan; beberapa di antaranya adalah momen yang sulit, tapi sebagian besar luar biasa. Tapi yang paling luar biasa adalah dukungan yang saya dapat dalam tiga tahun terakhir, yang mana menjadi periode tersulit yang saya alami. Tapi fans selalu berada di belakang saya dan saya berterima kasih pada mereka semua," papar pebalap 43 tahun itu.

Berita Terkait: