Rio Haryanto Menang Sprint Race GP2 Austria (21/6/2015)

Senin, 22 Juni 2015

Rio Haryanto sukses meraih kemenangan pada sprint race GP2 Austria kemarin, Minggu (21/6). Namun, sebelum meraih kemenangan tersebut, Rio mengaku sempat kesulitan.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, tersebut, Rio mengawali sprint race dari posisi kedua. Posisi tersebut didapatnya setelah finis pada urutan ketujuh di feature race sehari sebelumnya.

Menurut tim Rio, Campos Racing, pebalap berusia 22 tahun itu memanfaatkan posisi start-nya dengan baik. Tak lama setelah start dilangsungkan, Rio langsung melesat ke posisi pertama.

Namun, dari situlah tantangan untuknya berawal. Meski berada di depan, Rio harus mempertahankan posisinya dari kejaran Artem Markelov. Pebalap dari tim Russian Time tersebut beberapa kali berusaha menyalip Rio. Saking ketatnya, keduanya sempat hanya terpaut 0,3 detik saja.

Pada lap ke-14, Markelov yang berusaha menyalip dari sisi dalam pada tikungan 3, malah menyenggol mobil Rio. Imbasnya, Markelov tergelincir dan Rio mengalami kerusakan pada sayap depan mobilnya.

Ini membuat Rio sempat kesulitan. Belum lagi, setelah itu giliran pemuncak klasemen pebalap saat ini, Stoffel Vandoorne, yang mengincar posisinya.

Rio berkali-kali berusaha untuk memperlebar jarak dengan pebalap-pebalap di belakangnya, yang berusaha menyalipnya dengan menggunakan DRS pada trek lurus. Meski mengalami kesulitan dengan sayap depan mobil yang rusak, plus tekanan dari pebalap-pebalap di belakangnya, Rio berhasil bertahan.
"Dengan adanya DRS, pebalap di belakang saya dengan mudah mengejar di trek lurus. Saya pikir, itulah kesulitan paling berat di balapan kali ini. Saya berusaha memperlebar jarak di sektor 1 dan 2, tapi mereka berhasil mengejar lagi di sektor 3," ujar Rio di situs resmi GP2.

"Balapannya memang berat, tapi saya sebisa mungkin mengerahkan kemampuan saya. Saya berusaha memperlebar jarak dan tidak membuat kesalahan sama sekali."

"Pada satu titik, Markelov berusaha menyalip saya di tikungan 3. Saya berhasil mengelak karena dia berusaha masuk pada saat-saat terakhir. Saya membuka ruang dan berusaha menyalipnya lagi, tapi kami malah bersenggolan dan itu merusak sayap depan mobil saya."

"Setelah itu, saya kesulitan lantaran mobil saya under steer. Tapi, saya tidak menyerah. Saya berusaha untuk tetap tampil sebaik mungkin."

"Pada akhirnya, meraih kemenangan kedua musim ini rasanya begitu luar biasa," kata Rio.

Rio kini duduk di posisi ketiga klasemen pebalap dengan nilai 70. Dia tertinggal sembilan angka di belakang pebalap asal Amerika Serikat, Alexander Rossi.

Seri berikutnya akan digelar di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 4-5 Juli 2015.

Berita Terkait: