Nico Rosberg Menang GP Austria (20/6/2015)

Senin, 22 Juni 2015

Nico Rosberg berhasil memenangi GP Austria dengan mengungguli rekan satu timnya, Lewis Hamilton. Bagi Rosberg, ini adalah kemenangan ketiganya dalam empat balapan terakhir.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (20/6/2015), Spielberg, Lewis Hamilton, yang menempati posisi terdepan, disalip oleh rekan satu timnya, Nico Rosberg, yang start dari urutan kedua. Hamilton berusaha kembali ke urutan terdepan di tikungan 2, tetapi Rosberg berhasil mempertahankan posisinya.

Belum selesai para pebalap melahap lap pertama, kecelakaan sudah terjadi. Mobil yang dikendarai oleh Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen bertabrakan, membuat keduanya harus mengakhiri balapan lebih cepat.

Dari siaran ulang terlihat, Alonso berusaha melewati Raikkonen dari sisi luar. Namun, Raikkonen justru ikut bergerak ke sisi luar, membuat mobil yang dikendarai keduanya bertabrakan dengan posisi mobil Alonso berada di sisi atas sebelah kiri mobil Raikkonen.

Rekan satu tim Alonso di McLaren, Jenson Button, sampai bertanya kepada timnya via radio, apakah Alonso baik-baik saja karena kecelakaan tersebut. Button pun diberitahu kalau Alonso baik-baik saja.

Imbasnya, safety car pun masuk ke dalam lintasan. Sementara itu, Rosberg masih memimpin balapan dengan diikuti oleh Hamilton di urutan kedua dan Sebastian Vettel di urutan ketiga.

Pada lap keempat, ketika safety car masih berada di dalam lintasan, Button memilih masuk pit. Tiga lap berselang, safety car pun meninggalkan lintasan dan balapan dimulai kembali.
Button, yang tampak mengalami masalah dengan mobilnya, kembali masuk ke dalam pit pada lap ke-10. Kali ini, dia tidak lagi kembali ke dalam lintasan. Button harus mengakhiri balapan lantaran mesin mobilnya bermasalah.

Rosberg masih mempertahankan posisi terdepan dengan Hamilton berada di belakangnya. Pada lap ke-12, Rosberg berhasil menorehkan fastest lap. Sementara itu, Vettel kesulitan untuk mengejar Hamilton, membuat Mercedes nyaman berada di posisi 1 dan 2.

Sampai menjelang lap ke-20, Rosberg masih memimpin jalannya balapan. Sementara Hamilton terus berusaha untuk memperkecil selisih jarak.

Pada lap ke-35, Rosberg masuk ke dalam pit dan kembali ke lintasan di posisi keempat. Begitu Felipe Massa masuk ke dalam pit, posisi Rosberg pun naik ke urutan keempat.

Pada lap ke-38, Hamilton diinvestigasi lantaran melewati garis di pit lane. Dia pun mendapatkan penalti selama lima detik pada lap ke-40, yang mana amat menguntungkan Rosberg.

Rosberg pun memimpin jalannya balapan hingga lap ke-55. Dengan diikuti oleh Hamilton, Massa, Vettel, Valtteri Bottas, dan Nico Hulkenberg.

Rosberg dan Hamilton masih berada di dua urutan terdepan, sementara Massa mulai menjauh dari Vettel. Pada lap ke-68, Massa unggul hingga empat detik atas pebalap asal Jerman tersebut.
Pada akhirnya, Rosberg sukses melintas melewati garis finis lebih dulu. Sementara, Hamilton berada di urutan kedua dan Massa ada di urutan ketiga. Buat Massa, ini adalah pertama kalinya dia naik ke podium musim ini.

Hamilton masih memimpin klasemen pebalap dengan nilai 169. Namun, Rosberg berhasil mempertipis selisih menjadi 10 poin saja. Saat ini, Rosberg berada di urutan kedua dengan nilai 159.

Sebastian Vettel masih berada di urutan ketiga dengan nilai 120. Sedangkan Kimi Raikkonen dan Valtteri Bottas melengkapi lima besar dengan berada di posisi keempat dan kelima. Raikkonen mengoleksi 72 poin, sementara Bottas 67 poin.

Hasil Balapan GP Austria

1. Nico Rosberg (Mercedes) 1:12,521
2. Lewis Hamilton (Mercedes) +8,800
3. Felipe Massa (Williams/Mercedes) +17,500
4. Sebastian Vettel (Ferrari) +18,100
5. Valtteri Bottas (Williams/Mercedes) +53,600
6. Nico Hulkenberg (Force India/Mercedes) +64,000
7. Pastor Maldonado (Lotus/Mercedes) +1 lap
8. Max Verstappen (Toro Rosso/Renault) +1 lap
9. Sergio Perez (Force India/Mercedes) +1 lap
10. Daniel Ricciardo (Red Bull/Renault) +1 lap
11. Felipe Nasr (Sauber/Ferrari) +1 lap
12. Daniil Kvyat (Red Bull/Renault) +1 lap
13. Marcus Ericsson (Sauber/Ferrari) +1 lap
14. Roberto Merhi (Marussia/Ferrari) +1 lap

Tak finis

Carlos Sainz Jr. (Toro Rosso/Renault)
Romain Grosjean (Lotus/Mercedes)
Jenson Button (McLaren/Honda)
Will Stevens (Marussia/Ferrari)
Kimi Raikkonen (Ferrari)
Fernando Alonso (McLaren/Honda)

Berita Terkait: