Lewis Hamilton Menang GP Malaysia (2/10/2016)

Senin, 03 Oktober 2016

Lewis Hamilton gagal menuntaskan balapan GP Malaysia karena masalah mesin mobilnya. Lalu, pebalap Red Bull Racing Daniel Ricciardo tampil sebagai pemenang diikuti Max Verstappen.

Pada balapan yang dihelat di Sirkuit Sepang, Minggu (2/10/2016) siang WIB, insiden sudah terjadi di lap pertama ketika Sebastian Vettel out karena menabrak mobil Nico Rosberg.

Hamilton yang memegang pole position melaju sedari lap pertama itu sampai bencana untuknya datang di lap ke-41 yang memaksa pebalap Mercedes itu out dari balapan.

Ricciardo mengambil kesempatan untuk memimpin balapan hingga lap terakhir dan meraih kemenangan pertamanya musim in. Di posisi kedua ada rekan setimnya di Red Bull Racing Max Verstappen.

"Pemenang" lain di balapan ini tentu Rosberg yang finis posisi ketiga sehingga bisa memperlebar jarak dari Hamilton di papan klasemen menjadi 23 poin. Rosberg kini punya 288 poin, sementara Hamilton punya 265 poin dengan balapan menyisakan enam seri lagi.

Di posisi ketiga ada Ricciardo yang punya 204 poin disusul Kimi Raikkonen (160 poin), Vettel (153 poin), dan Verstappen (147).

Selepas start, Lewis Hamilton langsung melesat mempertahankan posisi terdepan. Insiden terjadi di tikungan pertama ini ketika Sebastian Vettel memaksa masuk di antara kerumunan mobil dan malah menabrak Nico Rosberg.

Manuver Vettel ini malah merusak mobilnya dan terpelintir sehingga dia tidak bisa melanjutan balapan. Sementara Rosberg harus tercecer hingga urutan ke-21 karena masalah pada mobilnya.

"Dia menabrakkan mobilnya ke Rosberg seperti orang idiot," keluh Verstappen lewat radio timnya.

Beruntun bagi Rosberg, dia masih bisa melanjutkan balapan. Hamilton di posisi terdepan diikuti Daniel Ricciardo, Verstappen, Kimi Raikkonen, Sergio Perez, Jenson Button, Nico Hulkenberg, Valtterri Bottas, Romain Grosjean, dan Fernando Alonso.

Memasuki lap keenam, Hamilton begitu nyaman memimpin di posisi terdepan dan masih dikuntit Ricciardo dan Verstappen.

Lap 10 berjalan, Hamilton mengungguli Ricciardo dengan selisih 2,4 detik dari Ricciardo.

Posisi terdepan akhirnya berganti di lap ke-21 ketika Hamiton memasuki pit dan Verstappen memimpin dengan keunggulan delapan detik.

Tapi setelah itu keunggulan Verstappen atas Hamilton terpangkas sedikit demi sedikit sebelum pimpinan balapan menjadi milik Hamilton di lap ke-27.

Tanpa kesulitan, Hamilton kembali melebarkan jarak dengan rival-rivalnya. Ricciardo yang ada di posisi kedua pada lap ke-31 malah berjarak 14,7 detik.

Masuk di lap ke-34, Hamilton unggul 16,3 detik dari Ricciardo diikuti Verstappen dan Raikkonen. Rosberg, setelah start buruknya, sudah ada di posisi kelima menguntit Raikkonen.

Empat lap berlalu, Rosberg akhirnya mampu menyalip Raikkonen dari sisi luar di tikungan meski sempat mengenai bagian depan mobil lawannya tersebut. Rosberg kini ada di posisi keempat.

Di lap ke-39, duo Red Bull berduel untuk berebut posisi kedua. Verstappen awalnya sempat menyalip Ricciardo sebelum pebalap Australia itu memenangi duel wheel-to-wheel dengan Verstappen dan mempertahankan posisi kedua.

Atas insiden Rosberg dan Raikkonen di lap ke-38, steward memutuskan untuk melakukan investigasi.

Ouch!! Bencana untuk Hamilton ketika memasuki lap ke-41. Bagian belakang mobilnya tiba-tiba berasap dan mengeluarkan api. Mau tak mau pebalap Mercedes itu harus keluar dari balapan dan musnahlah mimpinya meraih kemenangan di seri ini.

Pimpinan balapan pun diambil alih Ricciardo disusul Verstappen, Rosberg, dan Raikkonen.

Di lap ke-43, steward memutuskan penalti 6 detik untuk Rosberg karena menyenggol mobil Raikonen beberapa lap sebelumnya. Masuk di lap ke-50, Verstappen masih terus mengejar Ricciardo yang unggul sekitar 1,175 detik.

Hingga akhirnya Ricciardo jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis diikuti Verstappen dan Rosberg. Raikkonen finis posisi keempat diikuti Bottas, Perez, Ini jadi kemenangan pertama Ricciardo di F1 sejak seri Belgia 2014 silam.

Berita Terkait: