Lewis Hamilton Menang GP China (12/4/2015)

Selasa, 14 April 2015

Lewis Hamilton tampil jadi pemenang di GP China, dengan Mercedes sekaligus mencatatkan finis satu-dua berkat keberadaan Nico Rosberg di posisi dua. Sementara podium terakhir ditempati oleh pebalap Ferrari Sebastian Vettel.

Dalam balapan sebanyak 56 putaran di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (12/4/2015) siang WIB, Hamilton berhasil menjaga posisinya sedari awal balapan. Pun demikian dengan Rosberg meskipun Vettel beberapa kali sempat mendekat.

Untuk Hamilton ini merupakan kemenangan keduanya setelah balapan pembuka musim di Australia lalu--yang menghadirkan susunan tiga pebalap teratas persis serupa seperti balapan kali ini.

Kemenangan di GP China tersebut juga menjadi yang keempat buat Hamilton setelah sebelumnya juga berjaya pada 2008, 2011, dan 2014. Ia merupakan pebalap dengan kemenangan terbanyak di sirkuit ini--Fernando Alonso jadi pesaing terdekat di China dengan dua kemenangan.

Sementara itu Kimi Raikkonen dari Ferrari kembali harus puas menyudahi balapan di posisi empat, sebagaimana yang terjadi pada balapan sebelum ini di Sepang, Malaysia.

Selepas start Lewis Hamilton dan Nico Rosberg berhasil menjaga dua posisi terdepan, dengan Sebastian Vettel membayangi. Yang menarik, Kimi Raikkonen langsung mengancam dua pebalap Williams, Valtteri Bottas dan Felipe Massa, yang start di depannya.
Beberapa tikungan kemudian Raikkonen bahkan berhasil merangsek ke posisi empat. Pada prosesnya akhir putaran pertama pun memunculkan dua pebalap Mercedes, dua pebalap Ferrari, dan dua pebalap Williams di posisi satu sampai dengan enam secara berurutan.

Formasi serupa masih bertahan di akhir putaran tiga. Beralih ke belakang dua pebalap McLaren, Fernando Alonso dan Jenson Button, secara berurutan juga menempati posisi 16 dan 17.

Memasuki putaran enam Alonso dan Button terus membayangi dua pebalap Red Bull, Daniil Kvyat dan Daniel Ricciardo, yang menempati posisi 14 dan 15 secara berturut-turut. Perubahan posisi yang lantas terjadi di putaran ini hanyalah Ricciardo melewati Kvyat. Ricciardo sendiri sebenarnya start di posisi tujuh tetapi masalah pada mobil membuatnya sempat tercecer sampai ke posisi 16.

Pemandangan menarik sempat tersaji di akhir putaran delapan dengan dua Mercedes memimpin diikuti dua pebalap Ferrari, dua pebalap Williams, dua pebalap Lotus (Romain Grosjean dan Pastor Maldonado), dan dua pebalap Sauber (Felipe Nasr dan Marcus Ericsson), di posisi sepuluh besar saat itu.

Nico Huelkenberg dari Force India harus menyudahi balapannya di putaran sepuluh setelah mengalami masalah pada mobil. Ia menyudahi balapan di posisi 12, dengan tempat itu kini ditempati oleh Sergio Perez yang merupakan rekan satu timnya sendiri.

Di tengah-tengah putaran 14, Vettel masuk ke pit dan kembali bergabung ke lintasan dengan berada di posisi lima. Giliran Hamilton kemudian masuk pit pada satu putaran setelahnya dan masuk ke lintasan di peringkat tiga.

Setelah itu ganti Rosberg yang masuk pit di putaran 16 dan kembali di posisi dua, di belakang Hamilton yang kembali memimpin balapan. Vettel sementara itu melaju kencang di posisi tiga. Raikkonen juga sudah masuk pit dan keluar di posisi empat. Sementara itu balapan Kvyat harus selesai di putaran ini, usai mesin mobilnya mengalami masalah sampai mengeluarkan asap.
Memasuki putaran 21 Hamilton memimpin balapan dengan keunggulan sekitar 2,3 detik dari Rosberg di posisi dua. Sementara Vettel di posisi tiga berjarak sekitar 1,6 detik dari Rosberg. Raikkonen berjarak sedikit ke belakang meski juga tak jauh-jauh amat.

Vettel yang terus memburu Rosberg di posisi dua akhirnya masuk ke pit lagi di putaran 31. Ia bergabung lagi ke lintasan di posisi empat, dengan posisi tiga kini ditempati oleh Raikkonen. Di putaran berikutnya giliran Rosberg yang dipanggil timnya masuk pit dan kembali ke lintasan dengan berada di posisi tiga tepat di depan Vettel.

Setelah itu Hamilton yang diminta masuk ke pit oleh Mercedes. Ia kembali ke lintasan pada posisi dua di belakang Raikkonen yang sejauh ini baru satu kali masuk pit. Raikkonen akhirnya masuk pit di putaran 35 dan balik di peringkat empat. Empat pebalap terdepan kini kembali menghadirkan dua pebalap Mercedes diikuti dua pebalap Ferrari yang sama-sama sudah dua kali masuk pit.

Di awal putaran 40 dua driver Mercedes dan Ferrari masih bercokol di depan, diikuti Massa dan Bottas dari Williams. Setelah itu ada Grosjean yang membalap untuk Lotus di posisi tujuh, diikuti oleh Perez (Force India), Max Verstappen (Toro Rosso), dan Nasr dari Sauber untuk melengkapi posisi sepuluh besar sejauh ini.

Sebuah duel sengit terjadi di putaran 44 ketika Ericsson ditempel ketat oleh Ricciardo yang terus mencari celah. Setelah beberapa kali menempel, Ricciardo akhirnya mendapat sedikit celah untuk memaksa Ericsson sedikit melakukan kesalahan. Ricciardo pun melesat untuk kini menempati posisi 10.

Memasuki sepuluh putaran terakhir, Hamilton masih memimpin balapan dengan keunggulan sekitar 4,6 detik dari Rosberg di posisi dua. Vettel dan Raikkonen terus coba membuntuti meskipun mereka cukup berjarak dari kedua pebalap Mercedes tersebut.

Perebutan posisi Pastor Maldonado dan Button membuat mobil keduanya sempat bersinggungan di sebuah tikungan ke kanan pada putaran 49. Keduanya setelah itu sama-sama bisa kembali ke lintasan, dengan Alonso memanfaatkan keadaan setelah melewati keduanya dan kini ada di posisi 13. Tapi tak lama berselang Maldonado benar-benar harus menyudahi balapannya.
Pada putaran 54, menjelang akhir balapan, mobil Verstappen terlihat melambat dan kemudian berhenti di pinggir lintasan dekat posisi start. Bendera kuning dikibarkan dan safety car dinyatakan perlu masuk lintasan mengingat posisi berhenti mobil Verstappen bisa menganggu mobil-mobil lain.

Safety car kemudian terus mengawal balapan dan meninggalkan lintasan tepat pada kibaran bendera finis. Hamilton pun memastikan kemenangan.

Hasil GP China


1. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes 56 laps 1hr 39m 42.008s
2. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes +0.7s
3. Sebastian Vettel Ferrari-Ferrari +2.9s
4. Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari +3.8s
5. Felipe Massa Williams-Mercedes +8.5s
6. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +9.8s
7. Romain Grosjean Lotus-Mercedes +19.0s
8. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +22.6s
9. Daniel Ricciardo Red Bull-Renault +32.1s
10. Marcus Ericsson Sauber-Ferrari +1 lap

11. Sergio Perez Force India-Mercedes +1 lap
12. Fernando Alonso McLaren-Honda +1 lap
13. Jenson Button McLaren-Honda +1 lap
14. Carlos Sainz Jr Toro Rosso-Renault +1 lap
15. Will Stevens Manor-Ferrari +2 laps
16. Roberto Merhi Manor-Ferrari +2 laps

Retired
Max Verstappen Toro Rosso-Renault 53 laps completed
Pastor Maldonado Lotus-Mercedes 50 laps completed
Daniil Kvyat Red Bull-Renault 16 laps completed
Nico Huelkenberg Force India-Mercedes 9 laps completed

Berita Terkait: