Sebastian Vettel Menang GP Singapura (20/9/2015)

Selasa, 22 September 2015

Sebastian Vettel tampil dominan untuk meraih kemenangan ketiganya musim ini dalam balapan malam di GP Singapura. Daniel Ricciardo dan Kimi Raikkonen merebut dua podium terakhir, sementara Lewis Hamilton gagal menuntaskan race.

Di Marina Bay Street Circuit, Minggu (20/9/2015) malam WIB, Vettel tidak terusik di posisi terdepan sejak awal balapan sampai menyentuh garis finis. Vettel, yang menjadi pebalap non-Mercedes pertama yang berhasil merebut pole position di musim ini, menuntaskan balapan dengan waktu dua jam, satu menit dan 22,118 detik.

Ini menjadi kemenangan nomor tiga Vettel di musim 2015, setelah dua yang pertama dia raih di Malaysia dan Hongaria.

Finis kedua di balapan ini adalah pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo. Sementara podium terakhir menjadi milik Kimi Raikkonen.

Hasil buruk didapat sang pemuncak klasemen, Lewis Hamilton. Mengeluhkan kehilangan tenaga pada mobilnya, Hamilton out di lap 33. Sementara pesaing terdekat Hamilton yang juga rekan setimnya, Nico Rosberg, finis di urutan keempat.

Hasil balapan di Singapura belum mengubah komposisi klasemen pebalap di posisi teratas. Hamilton masih kokoh dengan 252 poin, namun keunggulannya dari Rosberg berkurang dari sebelumnya 53 menjadi 41. Rosberg kini mengumpulkan 211 poin.

Sementara Vettel ada di posisi tiga dengan 203 poin. Dengan masih ada enam balapan lagi setelah seri Singapura, persaingan menjadi juara F1 2015 masih akan berjalan seru.

Start sempurna dilakukan Vettel, dia memanfaatkan dengan baik posisi terdepan untuk memimpin race saat memasuki tikungan pertama. Posisi kedua masih dipunya Daniel Ricciardo dan Kimi juga bertahan di urutan tiga setelah start.

Sampai lap 10 tidak ada perubahan di posisi lima besar pebalap terdepan. Vettel masih memimpin, mengungguli Ricciardo di posisi dua, Raikkonen di posisi tiga dan Daniil Kvyat di tangga keempat. Sementara pemuncak klasemen sementara, Lewis Hamilton, ada di posisi lima dengan jarak 12 detik lebih dari posisi terdepan.

Di lap 11 beberapa pebalap melakukan pit stop pertamanya. Termasuk di antaranya adalah Fernando Alonso, Carlos Sainz, Maldonado dan Marcus Ericsson.

Virtual safety car pertama muncul di lap 14 menyusul kecelakaan yang melibatkan Felipe Massa dengan Nico Hulkenberg. Massa yang baru saja keluar dari pit stop bertabrakan dengan mobil Hulkenberg tepat di tikungan pertama usai jalur keluar pit. Mobil Williams tunggangan Massa tidak mengalami masalah, sementara Force India milik Hulkenberg sedikit terangkat, kehilangan kendali hingga khirnya menabrak dinding pembatas.

Virtual safety car ini dimanfaatkan beberapa driver untuk melakukan pit stop pertamanya. Termasuk tiga pebalap di posisi terdepan yakni Vettel Riciardo, dan Raikkonen. Kemalangan dialami Button yang harus tertahan 39 detik lebih di pit stop setelah kru McLaren mengalami masalah saat mengganti ban miliknya.

Virtual safety car ini menguntungkan duo Mercedes, Hamilton dan Rosberg yang masing-masing naik ke posisi empat dan lima, menggusur Kyvat ke urutan enam.

Safety car sungguhan akhirnya harus turun ke lintasan di lap 16 karena serpihan dari kecelakaan Massa dengan Hulkenberg harus dibersihkan. Tiga lap berselang safety car kembali masuk garasi, dan balapan dilanjutkan. Komposisi lima pebalap terdepan adalah: Vettel, Riciardo, Raikkonen, Hamilton, dan Rosberg.

Lap 27 Hamilton melaporkan kehilangan tenaga pada mobilnya. Dengan mudah dia disusul Rosberg, Kvyat dan Botas. Hamilton dengan cepat turun ke posisi delapan dan kemudian keluar dari 10 besar. Setelah upaya memperbaiki kerusakan yang terjadi gagal dilakukan, Hamilton akhirnya keluar dari balapan di lap 33.

Di lap yang sama Alonso juga harus out dari balapan. Ini menjadi kali keenam Alonso menuntaskan balapan tanpa menyentuh garis finis di musim 2015.

Lap 38 safety car keluar lagi, kali ini karena ada seseorang berjalan di lintasan. Entah muncul dari mana, orang tersebut hanya sebentar berada di pinggir trek, dia kemudian terlihat melompat masuk ke salah satu sisi pagar. Di lap ini Vettel, Ricciardo, Raikonen, Rosberg, dan Botas masuk pit.

Beberapa momen seru terjadi setelah restart. Salah satunya adalah tabrakan antara Button dan Maldonado di tikungan 15 lap 42. Karena sayap depan mobilnya rusak, Button harus masuk pit.

Button berhasil kembali ke lintasan, tapi dia tak bertahan lama di sana. Di lap 53 driver asal Inggris itu juga harus pensiun. Akhir pekan yang buruk untuk McLaren setelah sebelumnya Alonso juga gagal melanjutkan balapan. Ini adalah untuk kali keempat dua pebalap McLaren kompak gagal sampai ke garis finis.

Tak ada perubahan posisi terjadi di baris depan sampai balapan tuntas di lap 61. Vettel meraih kemenangan di Singapura, melanjutkan sukses serupa yang dia raih di tahun 2011, 2012 dan 2013.

Hasil GP Singapura

1. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari 61 laps 2hr 01m 22.118s
2. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault +xs
3. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +xs
4. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes +xs
5. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +xs
6. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault +xs
7. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +xs
8. Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault +xs
9. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault +xs
10. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +xs

11. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +xs
12. Pastor Maldonado VEN Lotus-Mercedes +xs
13. Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes +2 laps
14. Alexander Rossi USA Manor-Ferrari +2 laps
15. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +2 laps

Not Classified

Rtd. Jenson Button GBR McLaren-Honda
Rtd. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda
Rtd. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes
Rtd. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes
Rtd. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes

Berita Terkait: