Lewis Hamilton Menang GP Canada (13/6/2016)

Senin, 13 Juni 2016

Lewis Hamilton tampil sebagai pemenang balapan GP Kanada. Pebalap Mercedes itu finis terdepan setelah memenangi duel dengan Sebastian Vettel.

Hamilton dan Vettel bersaing memperebutkan posisi terdepan nyaris di sepanjang lomba yang dilangsungkan di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Kanada, Senin (13/6/2016) dinihari WIB. Pada akhirnya Hamilton-lah yang menjadi pemenang setelah menuntaskan balapan 70 lap dalam waktu 1 jam 31 menit 5,296 detik.

Vettel harus puas menempati posisi kedua. Pebalap Ferrari itu finis lima detik di belakang Hamilton.

Pebalap Williams, Valtteri Bottas, berhak naik podium setelah finis ketiga. Di belakangnya ada Max Verstappen, Nico Rosberg, Kimi Raikkonen, Daniel Ricciardo, Nico Hulkenberg, Carlos Sainz Jr., dan Sergio Perez.

Sementara itu, pebalap Indonesia Rio Haryanto finis di posisi paling belakang. Dari 19 pebalap yang berhasil menyelesaikan balapan, Rio finis di posisi ke-19. Rekan setimnya di Manor, Pascal Wehrlein, finis di posisi ke-17.

Vettel langsung melesat selepas start. Dia sukses menyalip Rosberg dan Hamilton untuk merebut posisi paling depan. Rosberg bahkan melorot hingga posisi kesepuluh karena dia sempat melebar.

Vettel mampu mempertahankan posisi terdepan hingga lap ke-12. Setelahnya dia tergeser karena harus melakukan pit stop. Hamilton kini menjadi pemimpin lomba, diikuti Max Verstappen, Daniel Ricciardo, dan Vettel. Jarak antara Hamilton dan Vettel di lap ke-15 sekitar 11 detik.

Di lap ke-17, Vettel sukses menyalip Ricciardo untuk mengambil alih posisi ketiga. Dia selanjutnya memburu Verstappen yang menempati posisi kedua dan berhasil melakukannya pada lap ke-18.

Vettel lantas mengejar Hamilton dan mampu memangkas jarak secara konsisten. Dari jarak 9,5 detik di lap ke-19, kedua pebalap cuma terpisah 5,8 detik di lap ke-23.

Hmailton masuk pit pada lap ke-24. Hal ini memberi kesempatan kepada Vettel untuk kembali memimpin lomba. Saat Hamilton keluar dari pit, dia berada di posisi kedua.

Vettel terus memimpin lomba hingga lap ke-31. Dia berjarak sekitar 10,9 detik dari Hamilton. Sementara itu, Rio berada di posisi 20 atau paling belakang.

Vettel melakukan pit stop keduanya pada lap ke-38, yang membuat Hamilton naik ke posisi pertama. Kedua pebalap berjarak sekitar 7 detik pada lap ke-43 dan menipis menjadi 5,3 detik pada lap ke-49. Adapun Rio berada di posisi ke-19, juga posisi paling belakang.

Jarak antara Hamilton dan Vettel kemudian melebar lagi menjadi 6,8 detik pada lap ke-61 setelah Vettel dua kali melakukan kesalahan di chicane. Pada lap ke-65, jarak tersebut kembali melebar menjadi 7,1 detik.

Posisi tak berubah hingga balapan tuntas. Hamilton paling awal menyentuh garis finis, disusul Vettel, Bottas, Verstappen, Rosberg, Raikkonen, Ricciardo, Hulkenberg, Sainz, dan Perez.

Berikut hasil balapan GP Kanada, sebagaimana dimuat Crash, Senin (13/2/2016):

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes 70 laps 1h 31m 05.296s

2. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +5.0s

3. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +46.4s

4. Max Verstappen NED Red Bull-TAG Heuer +53.0ss

5. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes +62.0s

6. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +63.0s

7. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-TAG Heuer +63.6s

8. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +1 lap

9. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Ferrari +1 lap

10. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap

11. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +1 lap

12. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Ferrari +1 lap

13. Esteban Gutierrez MEX Haas-Ferrari +2 laps

14. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +2 laps

15. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +2 laps

16. Kevin Magnussen DEN Renault-Renault +2 laps

17. Pascal Wehrlein GER MRT-Mercedes +2 laps

18. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +2 laps

19. Rio Haryanto INA MRT-Mercedes +2 laps

Rtd. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes

Rtd. Jolyon Palmer GBR Renault-Renault

Rtd. Jenson Button GBR McLaren-Honda

Berita Terkait: