Nico Rosberg Menang GP Australia (20/3/2016)

Senin, 21 Maret 2016

Pebalap Mercedes Nico Rosberg tampil sebagai pemenang seri pertama Formula 1 musim 2016 di Melbourne, Australia, dalam lomba yang diwarnai sejumlah drama.

Drama terbesar adalah ketika di lap 19 Fernando Alonso terpelanting menabrak dinding pembatas dan mobil McLaren-nya hancur, setelah lebih dulu menghantam sisi kiri mobil Esteban Gutierrez. Insiden itu membuat balapan dihentikan selama sekitar 15 menit.

Bagi masyarakat Indonesia, drama utama adalah Rio Haryanto yang akhirnya melakoni debut balapan di F1, tapi harus berhenti karena mobil Manor-nya mengalami kendala.

Rosberg sendiri juara setelah memenangi duel yang penuh atraksi salip-menyalip di Sirkuit Albert Park, Minggu (20/3/2016). Catatan waktunya adalah satu jam 48 menit 15,565 detik.

Finis sebagai runner-up adalah Lewis Hamilton, sedangkan Sebastian Vettel melengkapi podium ketiga. Mereka tertinggal 8-9 detik dari Rosberg.

Tujuh pebalap lain yang mendapatkan poin dari seri pembuka ini adalah Daniel Ricciardo, Felipe Massa, Romain Grosjean, Nico Huelkenberg, Valtteri Bottas, Carlos Sainz Jr., dan Max Verstappen.

Lomba dimulai tanpa pebalap Red Bull, Daniil Kvyat, yang mobilnya mogok menjelang akhir sesi pemanasan. Bendera kuning langsung dikibarkan, sedetik setelah lampu hijau menyala.

 Formasi pun tidak berubah, karena para pebalap akan melakukan start ulang walaupun harus berputar satu kali.


Vettel dan Kimi Raikkonen melakukan start yang sangat baik untuk menyodok terdepan. Sedangkan pemegang pole position, Lewis Hamilton, tercecer ke urutan keenam.

Di belakang, Rio memulai tidak sekencang dan seagresif rekan setimnya, Pascal Wehrlein, yang langsung melewati dua pebalap lain. Kevin Magnussen mengalami pecah ban.

Di akhir lap pertama, Vettel berada paling depan diikuti Raikkonen, Rosberg, Verstappen, Massa, dan Hamilton.

Hamilton berikutnya sempat bekerja keras untuk melewati Massa, tapi tidak berhasil. Gutierrez dilaporkan mengalami masalah mesin dan mobil Haas-nya mengalami penurunan kecepatan.

Magnussen sudah mengganti ban yang pecah, namun dia kehilangan satu lap di belakang. Rio pun berada di depan Gutierrez dan Magnussen, sedangkan Pascal Wehrlein sempat melejit ke posisi 16.

Kejadian menarik terjadi ketika Rosberg dan Hamilton bertarung sangat rapat di Turn 1, yang justru membuahkan keuntungan buat Vettel, yang kemudian berhasil melewati kedua pebalap Mercedes itu. Dari situ Hamilton pun disalip Verstappen dan Massa. Adapun Rosberg, dia kemudian menguntit Raikkonen yang berada paling depan.

Di lap 19, Alonso mencoba mengambil Gutierrez dari sisi kiri. Namun dia tak berhasil menghindari ban belakang Gutierrez sehinga menghantamnya. Tak pelak, mobil Alonso terpelanting ke samping, membentur dinding pembatas, terbang sampai ke luar trek, dan berhenti setelah menghantam pagar sirkuit.

Beruntung, Alonso bisa keluar tanpa cedera, walaupun mobilnya hancur lebur. Gutierrez pun harus berakhir balapannya setelah mobilnya ikut terseret ke gravel. Ia lebih dulu mendekati Alonso dan keduanya bersalaman.

Safet Car pun masuk lintasan karena trek menjadi sangat "kotor" oleh serpihan-serpihan mobil Alonso dan Gutierrez. Tak lama kemudian, bendera merah (Red Flag) dikibarkan, pertanda balapan harus dihentikan sementara. Semua pebalap masuk pitlane.

Sayangnya, setelah jeda 15 menit, mobil Rio tetap digarasi. Manor menyatakan, ada masalah pada driveline MRT05 yang dikendarai Rio. Alhasil, Rio pun gagal melanjutkan balapan.

Dua lap setelah balapan dilanjutkan, Raikkonen masuk pitlane lagi dan memastikan takkan berlanjut. Sebab, mobil Ferrari-nya terbakar dan berasap.

Di depan Vettel dua kali memperbarui fastest lap-nya, dan dia masih dikuntit Rosberg dan Hamilton. Di belakang, Ericsson dijatuhi drive-through penalti karena bergerak lebih cepat pada saat restart.

Dalam tiga lap berikutnya kecepatan Vettel menurun. Rosberg pun memangkas jaraknya dengan pebalap Jerman dari tim Ferrari itu. Sementara itu Hamilton akhirnya berhasil melewati Sainz di Turn 13.

Vettel akhirnya kehilangan posisi terdepatn setelah dia harus masuk pit di lap 36 dan mengganti ban super soft-nya dengan tipe soft. Rosberg pun memimpin lomba di depan Ricciardo dan Hamilton.

Pertarungan cukup seru terjadi di lap-lap terakhir antara Hamilton dan Vettel untuk memperebutkan posisi kedua. Namun Vettel kalah karena dia melebar cukup jauh, sampai-sampai langsung berkata, "Maaf, guys," melalui alat komunikasinya kepada timnya.

Rosberg pun tak tertahankan menjadi juara.

Hasil GP Australia 2016:

1. Nico Rosberg (Germany) Mercedes 1:48:15.565
2. Lewis Hamilton (Britain) Mercedes +00:08.060
3. Sebastian Vettel (Germany) Ferrari 00:09.643
4. Daniel Ricciardo (Australia) Red Bull - TAG Heuer 00:24.330
5. Felipe Massa (Brazil) Williams-Mercedes 00:58.979
6. Romain Grosjean (France) Haas - Ferrari 01:12.081
7. Nico Huelkenberg (Germany) Force India - Mercedes 01:14.199
8. Valtteri Bottas (Finland) Williams-Mercedes 01:15.153
9. Carlos Sainz Jr (Spain) Toro Rosso - Ferrari 01:15.680
10. Max Verstappen (Netherlands) Toro Rosso - Ferrari 01:16.833
11. Jolyon Palmer (Britain) Renault 01:23.399
12. Kevin Magnussen (Denmark) Renault 01:25.606
13. Sergio Perez (Mexico) Force India - Mercedes 01:31.699
14. Jenson Button (Britain) McLaren 1 lap
15. Felipe Nasr (Brazil) Sauber - Ferrari 1 lap
16. Pascal Wehrlein (Germany) Manor - Mercedes 1 lap

Tidak finis
Marcus Ericsson (Sweden) Sauber - Ferrari 19 laps
Kimi Raikkonen (Finland) Ferrari 36 laps
Rio Haryanto (Indonesia) Manor - Mercedes 40 laps
Fernando Alonso (Spain) McLaren 41 laps
Esteban Gutierrez (Mexico) Haas - Ferrari 41 laps
Daniil Kvyat (Russia) Red Bull - TAG Heuer 57 laps

Berita Terkait: