Manchester City 0-1 Manchester United (20/3/2016)

Senin, 21 Maret 2016

Manchester United tampil sebagai pemenang derby Manchester. 'Setan Merah' menang 1-0 atas Manchester City berkat gol Marcus Rashford.

Dalam pertandingan di Etihad Stadium, Minggu (20/3/2016) malam WIB, City langsung menekan sejak awal. Tapi justru MU yang mencetak gol lebih dulu di menit ke-16. Rashford yang menerima bola dari Juan Mata melewati Martin Demichelis untuk kemudian menaklukkan Joe Hart.

Di babak kedua, City terus menekan MU untuk mencetak gol balasan. Tapi buruknya penyelesaian akhir membuat banyak peluang City yang terbuang.

Secara keseluruhan, City tampil dominan dengan penguasaan bola 55%. Sergio Aguero dkk. tercatat melepaskan 26 tembakan, tapi hanya tiga yang mengarah ke gawang. Sementara itu, MU cuma melepaskan lima tembakan dan empat di antaranya berstatus on target.

Kemenangan ini memang belum mengubah posisi MU di posisi keenam klasemen. Tapi MU yang kini mengumpulkan 50 poin dari 30 laga cuma berjarak satu angka dari City yang tak beranjak dari urutan keempat.

Mengambil inisiatif menyerang sejak awal pertandingan, City mendapat peluang pertama di menit ketujuh. David Silva dari sayap kiri mengirim umpan terobosan kepada Raheem Sterling yang lantas melakukan tusukan dari sisi kiri.

Sterling kemudian melepaskan umpan namun tak bisa dijangkau oleh Sergio Aguero dan dihalau oleh Matteo Darmian. Tapi upaya Darmian justru mengarahkan bola ke Jesus Navas. Mendapat bola, Navas kemudian mengontrol dengan dada dan melepaskan tembakan tapi masih melebar dari gawang.

City yang masih mendominasi penguasaan bola kembali mendapat peluang di menit ke-14. Navas melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti setelah menerima dari Silva. Tapi David De Gea bisa menghalau bola dengan kakinya.

Hanya berselang dua menit, MU membuka keunggulan. Marcus Rashford yang menerima bola dari Juan Mata berhasil melewati adangan Martin Demichelis dan masuk ke kotak penalti City. Dia kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanan untuk menaklukkan Joe Hart.

Usai membuka keunggulan, MU makin percaya diri. Tim tamu nyaris menggandakan keunggulan lewat sepakan keras Anthony Martial dari luar kotak penalti. Tapi Hart masih bisa menepisnya.

City mendapat peluang untuk mencetak gol balasan di menit ke-21. Tuan rumah memperoleh tendangan bebas setelah Sterling dilanggar oleh Mata. Dari tendangan bebas Silva, Demchelis yang tak terkawal menyundul bola. Tapi Demichelis tak mampu mengarahkan bola ke gawang. Dari pelanggaran ini, Sterling mengalami cedera dan harus digantikan oleh Fernando.

City terus berupaya untuk mencetak gol balasan. Yaya Toure melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari luar kotak penalti, namun masih melebar.

Tensi sempat meninggi saat babak pertama akan berakhir. Rashford terjatuh di kotak penalti setelah berduel dengan Demichelis dan meminta penalti. Sementara itu, Demichelis menilai Rashford melakukan diving. Beberapa pemain MU dan City kemudian sempat terlibat aksi saling dorong, tapi wasit tetap bergeming pada keputusannya untuk tak memberi penalti.

Tak lama kemudian, babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, Demichelis melakukan blunder yang nyaris berakibat fatal. Backpass-nya terlalu lemah dan bola hampir direbut oleh Martial di depan gawang. Tapi Hart langsung sigap berlari menghalau bola. Akibat menyapu bola, Hart mengalami cedera yang memaksanya ditandu keluar lapangan. Posisinya kemudian digantikan oleh Willy Caballero.

MU mendapat peluang lewat Martial di menit ke-56. Melakukan tusukan dari sisi kiri, Martial kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak penalti. Upaya Martial ini memaksa Caballero melakukan penyelamatan dengan menjatuhkan diri.

Tak lama berselang, Rashford nyaris menambah keuggulan MU. Tapi sepakannya dari jarak dekat meneruskan umpan dari Matteo Darmian dari sisi kanan membentur Fernandinho dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Setelah ditekan di menit-menit awal babak kedua, City perlahan keluar menyerang. Peluang didapat Aguero di menit ke-56 setelah menerima bola umpan panjang dari Gael Clichy. Memenangi adu sprint dengan Daley Blind, Aguero kemudian melepaskan tembakan keras, tapi bola masih melambung di atas mistar gawang.

Aguero nyaris mencetak gol balasan untuk City. Umpan Yaya Toure dari sisi kanan diteruskan Aguero dengan sundulan. Sial bagi Aguero, bola masih mengenai tiang gawang.

City terus menekan. Crossing dari Silva menemui Aguero di tiang jauh. Tapi Aguero tak mampu mengarahkan sundulannya ke gawang. Kendati demikian, bola dikuasai oleh Yaya Toure. Dia langsung mengoper kepada Bony yang sudah menunggu di depan gawang. Namun Michael Carrick lebih dulu memotong bola dan hanya mengahasilkan sepak pojok untuk City.

Upaya Navas di menit ke-74 belum menghasilkan gol untuk City. Tembakannya masih melayang di atas mistar gawang. Empat menit kemudian, giliran sundulan Fernandinho meneruskan tendangan bebas Silva yang tak mengarah ke sasaran.

Memasuki masa injury time, City mendapat peluang bagus lewat Aguero. Menerima bola dari Silva, Aguero yang berdiri di kotak penalti kemudian mengontrolnya dengan dada dan melepaskan tembakan. Tapi sepakan Aguero itu masih menyamping di sisi kiri gawang De Gea.

Susunan Pemain

Manchester City: Hart (Caballero 50'), Sagna, Demichelis (Bony 53'), Mangala, Clichy, Fernandinho, Toure, Navas, Sterling (Fernando 25'), Silva, Aguero

Manchester United: De Gea, Darmian (Fosu-Mensah 83'), Smalling, Blind, Rojo (Valencia 62'), Schneiderlin, Carrick, Lingard, Mata (Schweinsteiger 70'), Martial, Rashford

Berita Terkait: