Lewis Hamilton Juara Dunia F1 2015

Senin, 26 Oktober 2015

Lewis Hamilton memastikan diri menjadi juara dunia usai finis pertama di GP Amerika Serikat. Sementara rekan satu timnya, Nico Rosberg, finis di urutan kedua.

Berbeda dengan di hari pertama dan hari kedua, di mana sesi free practice II sempat dibatalkan dan sesi kualifikasi ditunda akibat hujan, balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas, Senin (26/10) dinihari WIB, berlangsung di bawah kondisi kering. Kendati mendung masih memayungi dan trek sempat berada dalam kondisi basah di awal-awal balapan.

Hamilton yang start dari urutan kedua, memulai balapan dengan baik. Dia mampu melewati Rosberg, yang start dari urutan pertama, pada tikungan pertama balapan. Hal tersebut membuat Rosberg sedikit melebar dari lintasan dan posisinya pun melorot.

Baru dua lap berjalan, Hamilton sudah mampu menciptakan jarak dengan pebalap di belakangnya. Pebalap asal Inggris itu mampu unggul 1,4 detik atas posisi kedua yang ditempati oleh Daniil Kvyat.

Kvyat sempat memberikan tekanan kepada Hamilton, dia sempat memangkas jarak menjadi 1,1 detik saja. Namun, Hamilton mampu mempertahankan keunggulan.

Pada lap ke-6, virtual safety car diberlakukan menyusul banyaknya serpihan di lintasan. Serpihan tersebut diduga berasal dari kejadian di tikungan pertama selepas start, di mana ada beberapa mobil bersenggolan dan melintir.

Tujuh putaran lewat, Hamilton masih memimpin jalannya balapan dengan diikuti oleh Kvyat di posisi kedua, lalu Daniel Ricciardo, Rosberg, dan dan Sergio Perez. Sementara itu, Sebastian Vettel masih berada di urutan keenam.

Kejadian menarik terjadi di lap ke-15 dan 16. Ricciardo sukses naik ke urutan kedua setelah melewati Kvyat dan Rosberg. Satu lap berselang, Ricciardo pun melewati Hamilton. Ini tidak mengherankan mengingat Red Bull sedang cepat-cepatnya pada titik itu.

Pada lap ke-19, Hamilton masuk pit ketika sedang berada di urutan kedua. Dua lap berselang, Ricciardo dan Rosberg juga masuk pit dan mengganti ban menjadi ban slick. Pada lap ke-23, Rosberg memimpin jalannya balapan.

Di belakang, Vettel dengan cepat memperbaiki posisinya. Pada lap ke-26, pebalap asal Jerman itu sudah berada di urutan keempat.

Setelahnya, virtual safety car sempat diberlakukan lagi. Rosberg masih memimpin jalannya balapan hingga lap ke-39 dan akhirnya masuk pit. Di titik ini, Hamilton pun menempati urutan pertama lagi.

Pada lap ke-44, safety car masuk ke lintasan setelah Kvyat melintir menghantam tembok di pinggir lintasan. Hamilton masuk pit, demikian pula dengan Vettel. Rosberg pun memimpin di urutan pertama.

Kendati demikian, Rosberg gagal mempertahankan posisi terdepan. Pada lap ke-49, Rosberg membuat kesalahan dan Hamilton pun melewatinya.

Dari sana, Hamilton tidak tertahan. Ia unggul hingga lebih dari 4 detik atas Rosberg di lap ke-56. Pada akhirnya, Hamilton pun finis pertama dan tampil sebagai juara dunia. Rosberg finis kedua, sementara Vettel finis ketiga.

Hasil Balapan GP AS

1. Lewis Hamilton -Mercedes-Mercedes 1:50:52,703
2. Nico Rosberg -Mercedes-Mercedes +2,8
3. Sebastian Vettel -Ferrari-Ferrari +3,3
4. Max Verstappen -Toro Rosso-Renault +22,3
5. Sergio Perez -Force India-Mercedes +24,4
6. Jenson Button -McLaren-Honda +28,0
7.Carlos Sainz Jr -Toro Rosso-Renault +30,6
8. Pastor Maldonado -Lotus-Mercedes +32,2
9. Felipe Nasr -Sauber-Ferrari +40,2
10. Daniel Ricciardo -Red Bull-Renault +53,3
11. Fernando Alonso -McLaren-Honda +54,8
12. Alexander Rossi -Manor Marussia-Ferrari +75,2

Tak Finis

Daniil Kvyat -Red Bull-Renault
Nico Hulkenberg -Force India-Mercedes
Marcus Ericsson -Sauber-Ferrari
Kimi Raikkonen -Ferrari-Ferrari
Felipe Massa -Williams-Mercedes
Romain Grosjean -Lotus-Mercedes
Valtteri Bottas -Williams-Mercedes
Will Stevens -Manor Marussia-Ferrari

Berita Terkait: