Lewis Hamilton Menang GP Hockenheimring (31/7/2016)

Minggu, 31 Juli 2016

Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton, menjadi raja di seri ke-12 Formula One (F1) 2016 yang dilangsungkan di Sirkuit Hockenheimring pada Minggu (31/7/2016) malam WIB. The Boss –julukan Hamilton– yang start dari posisi dua mampu merebut tangga teratas sejak tikungan pertama.

Sementara itu, posisi dua dan tiga ditempati duo Red Bull yakni Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Rekan setim Hamilton, Nico Rosberg, yang start dari pole position harus puas finis di tangga keempat.

Posisi lima dan enam konsisten ditempati Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen (Ferrari). Sementara pembalap Tim Manor Racing, Rio Haryanto, finis di posisi 20 atau urutan paling bawah. Sebab dua pembalap lain yakni Felipe Massa dan Felipe Nasr gagal menyelesaikan balapan.

Hamilton sukses menyodok ke posisi terdepan ketika balapan di Sirkuit Hockenheim menyelesaikan lap pertama. Padahal Hamilton memulai balapan dari posisi dua. Tidak hanya Hamilton, Max Verstappen yang start dari posisi empat juga naik dua tingkat untuk menduduki posisi dua.

Sementara itu Nico Rosberg yang start dari pole position harus rela turun ke posisi empat. Sedangkan pembalap Tim Manor Racing, Rio Haryanto, yang start dari 19 harus menempati urutan 22 atau urutan buncit pada lap pertama.

Hingga balapan memasuki lap ke-15, urutan pembalap teratas belum berubah. Hamilton masih kukuh di posisi terdepan. Pembalap berpaspor Inggris itu masih belum mampu dikejar duo Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo yang menduduki tangga kedua dan ketiga.

Rosberg masih berusaha mengintip peluang di posisi empat. Sementara Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen (Ferrari) masih konsisten menghuni tangga kelima dan keenam. Pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, masih belum beranjak dari urutan terbawah.

Pada lap ke-29, Rosberg sempat melakukan overtake apik. Tidak lama setelah keluar dari pit stop untuk kedua kalinya, pembalap berpaspor Jerman itu sukses melewati Verstappen untuk menduduki posisi lima. Verstappen berupaya merebut kembali posisinya, namun gagal.

Rosberg tampil luar biasa di balapan kali ini. Sempat terperosok ke posisi lima bahkan enam, mantan pembalap Tim Sauber itu mampu menduduki posisi dua di lap ke-45. Ia masih berupaya menjaga jarak dari Hamilton yang menduduki posisi terdepan.

Namun karena kesalahan strategi pit stop, posisi dua Rosberg berhasil direbut duo Red Bull yakni Ricciardo dan Verstappen. Selepas momen tersebut, tak ada perubahan posisi signifikan di posisi atas.

Hamilton sukses memenangi balapan, disusul Ricciardo dan Verstappen di posisi dua dan tiga. Sementara Rosberg harus puas finis di posisi empat, diikuti Vettel dan Raikkonen di tangga lima dan enam.

Berikut ini hasil race GP Jerman:

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes 67 laps 1h 30m 44.200s

2. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault +06.900s

3. Max Verstappen NED Red Bull-Renault +13.400s

4. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes +15.800s

5. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +32.500s

6. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +37.000s

7. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +70.000s

8. Jenson Button GBR McLaren-Honda +1 lap

9. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +1 lap

10. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap

11. Esteban Gutierrez MEX Haas-Ferrari +1 lap

12. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +1 lap

13 Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1 lap

14. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Ferrari +1 lap

15. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Ferrari +1 lap

16. Kevin Magnussen DEN Renault-Renault +1 lap

17. Pascal Wehrlein GER Manor-Mercedes +2 laps

18. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +2 laps

19. Jolyon Palmer GBR Renault-Renault +2 laps

20. Rio Haryanto INA Manor-Mercedes +2 laps

Berita Terkait: