Lewis Hamilton Menang GP Inggris (5/7/2015)

Senin, 06 Juli 2015

Lewis Hamilton meraih kemenangan kelima di musim ini setelah tampil sebagai juara di GP Inggris. Kemenangan Hamilton melengkapi sukses Mercedes yang menempatkan Nico Rosberg di posisi kedua.

Pada balapan di Sirkuit Silverstone, Minggu (5/7/2015), Hamilton mencatatkan waktu 1 jam 31 menit 27,729 detik untuk menyentuh garis finis sebagai yang terdepan. Pebalap Inggris itu unggul jauh dari rekan setimnya Rosberg yang finis kedua.

Hamilton tidak mendapatkan kemenangannya dengan mudah. Ia mengalami start buruk dan sempat tercecer dari Felipe Massa dan Valtteri Bottas, yang sempat memimpin di hampir separuh balapan.

Hasil apik juga didapatkan pebalap Ferrari Sebastian Vettel yang menyudahi lomba di podium ketiga yang diraihnya di akhir-alkhir balapan.

Dengan hasil ini, Hamilton masih memimpin klasemen sementara dengan mengumpulkan 194 poin, terpaut 17 poin dari Rosberg. Vettel di urutan ketiga dengan 135 poin.

Sedangkan klasemen konstruktor juga masih dipimpin Mercedes yang memperoleh 371 poin, unggul 160 poin dari rival terdekatnya Ferrari.
Hamilton gagal mempertahankan posisinya sehingga Felipe Massa yang start di belakangnya mengambil alih pimpinan setelah tikungan pertama. Valtteri Bottas, Nico Rosberg berada di urutan kedua dan ketiga.

Belum juga memasuki lap kedua, Jenson Button dan Romain Grosjean harus mengakhiri balapan lebih cepat. Safety car pun keluar.

Balapan menjadi ketat di lap ketiga. Hamilton sempat menekan Massa di depannya tapi masih belum sanggup mengambil alih pimpinan. Dia justru disalip Bottas dan turun ke urutan ketiga di lap kelima.

Di lap kesepuluh, Massa dan Bottas semakin dekat. Keduanya kini hanya berjarak 0,1 detik sedangkan Hamilton belum beranjak dari posisi ketiga.

Sebastian Vettel yang sempat terdampar ke urutan sembilan mulai merangkak maju. Di lap ke-15, Vettel berhasil menyodok ke urutan enam, di belakang Nico Hulkenberg dan Rosberg.

Hamilton masuk pit di lap ke-20 dan keluar dengan berada di depan Sergio Perez di urutan keenam. Massa dan Rosberg juga masuk pit sehingga Bottas kini berada di urutan pertama.

Akan tetapi setelahnya Bottas juga masuk pit dan setelah keluar dia berada di belakang Massa sedangkan Hamilton gantian terdepan. Di lap ke-23, Hamilton sudah memimpin 3,3 detik dari Massa.
Hamilton semakin menjauh dari Massa dengan memimpin 5,3 detik saat balapan memasuki lap ke-31. Bottas masih di urutan ketiga dan Rosberg keempat.

Insiden yang dialami Carlos Sainz membuat Fernando Alonso naik ke posisi ke-11 dan Will Stevens di belakangnya. Hujan pun turun saat balapan berjalan 36 lap.

Di lap ke-39, Raikkonen disalip Vettel sebelum masuk pit. Rosberg berhasil melewati Bottas untuk berada di belakang Hamilton. Mercedes berpeluang menempatkan dua pebalapnya di podium.

Dua mobil Mercedes kini berada di posisi dua terdepan di lap ke-42. Menyusul sukses Rosberg melewati Massa untuk merebut posisi kedua. Situasi ini adalah yang pertama sejak start. Meski begitu, Hamilton masih nyaman di depan dengan jarak enam detik.

Setelah masuk pit untuk mengganti ban, Hamilton berhasil mempertahankan kemimpinannya bahkan menciptakan jarak lebih dari sembilan detik dari Rosberg di urutan kedua. Vettel kini berada di urutan ketiga dengan selisih 24 detik diikuti Massa dan Bottas.

Di dua lap terakhir, Hamilton justru semakin cepat dan meninggalkan Rosberg dengan selisih 11,3 detik. Vettel berada di urutan ketiga di depan duo Williams Massa dan Bottas.


Hasil Lengkap GP Inggris:
1. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes 52 laps 1hr 31m 27.729s
2. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes +10.9s
3. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +25.4s
4. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +36.8s
5. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +1m01.1s
6. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault +1m 03.9s
7. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +1m 18.7s
8. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +1 lap
9. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap
10. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +1 lap

11. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap
12. Roberto Merhi ESP Manor-Ferrari +3 laps
13. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +3 laps

Tidak Finis:

Rtd Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault 32 laps
Rtd Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault 22 laps
Rtd Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault 3 laps
Rtd Pastor Maldonado VEN Lotus-Mercedes 0 laps
Rtd Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes 0 laps
Rtd Jenson Button GBR McLaren-Honda 0 laps

Berita Terkait: