Lewis Hamilton Menang GP Hongaria (24/7/2016)

Kamis, 28 Juli 2016

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, sukses jadi juara di GP Hongaria 2016. Ini membuat pebalap asal Inggris tersebut meraih tiga kemenangan beruntun.

Sebelumnya, Hamilton sukses menjadi juara di GP Austria dan GP Inggris. Catatan lainnya, ini merupakan kemenangan kelima Hamilton dalam enam balapan terakhir. Ia juga sukses meraih kemenangan di Monako dan Kanada, sebelum diselingi oleh rekan satu timnya, Nico Rosberg, di GP Eropa, yang berlangsung di Azerbaijan.

Hasil ini juga mengantarkan Hamilton ke puncak klasemen pebalap. Pebalap berusia 31 tahun tersebut kini mengoleksi nilai 192. Sedangkan Rosberg turun ke posisi kedua dengan koleksi nilai 186.

Balapan di Sirkuit Hungaroring, Minggu (24/7/2016) malam WIB, berlangsung dalam kondisi berbeda dibandingkan sesi kualifikasi sehari sebelumnya. Jika sesi kualifikasi berlangsung dalam trek basah akibat hujan yang mengguyur --dan membuat sesi kualifikasi tertunda 20 menit--, balapan berlangsung dalam situasi kering.

Cuaca cerah, matahari memayungi lintasan, dan suhu udara mencapai 27 derajat celcius. Dalam kondisi yang cukup terik itu, Lewis Hamilton melakukan start dengan cukup baik. Memulai balapan dari posisi kedua, ia melesat dan merebut posisi pertama dari rekan satu timnya, Nico Rosberg, selepas tikungan pertama. Daniel Ricciardo sempat naik ke urutan pertama sebentar, tetapi kemudian turun lagi ke posisi ketiga.

Dengan berada di posisi yang cukup menguntungkan, Hamilton pun langsung menggeber mobilnya. Ia menciptakan jarak yang cukup jauh dengan Rosberg pada lap kedua, yakni sekitar 1,3 detik. Rosberg pun harus mempertahankan diri dari kejaran dua mobil Red Bull yang berada di belakangnya.

Lewat lima lap balapan berlangsung, Hamilton masih memimpin. Ia diikuti oleh Rosberg yang berjarak 1,4 detik darinya. Sementara posisi ketiga, keempat, dan kelima ditempati oleh Ricciardo, Max Verstappen, dan Sebastian Vettel. Jenson Button, yang tampak mengalami masalah dengan mobilnya, berada di urutan paling belakang.

Sementara Vettel berjuang untuk mengejar Verstappen yang berada di depannya, rekan satu timnya di Ferrari, Kimi Raikkonen, kesulitan untuk melewati Romain Grosjean. Raikkonen berada di posisi ke-11, sementara Grosjean berada di posisi ke-10.

Hamilton terus memperlebar jarak dengan Rosberg. Hingga di lap ke-11, jarak keduanya terpaut hingga 2 detik. Kendati begitu, pada titik tersebut, Rosberg bisa bernafas lega karena ia unggul sekitar 3,9 detik atas Ricciardo yang berada di posisi ketiga. Verstappen dan Vettel juga tetap berada di posisi keempat dan kelima.

Hamilton kemudian masuk pit dan masih keluar sebagai pebalap terdepan. Kendati begitu, jarak antara dirinya dengan Rosberg menipis. Pada lap ke-23, Hamilton dan Rosberg hanya berjarak kurang dari satu detik. Persaingan keduanya pun memanas lagi.

Menjelang lap ke-20, posisi tiga terdepan masih menjadi milik Hamilton, Rosberg, dan Ricciardo. Kendati begitu, perubahan signifikan diperlihatkan Raikkonen. Pebalap asal Finlandia itu naik ke urutan kelima di belakang Vettel. Sedangkan Verstappen turun ke urutan keenam. Sementara, jarak antara Hamilton dan Rosberg tinggal 0,7 detik.

Hamilton sempat mengatakan kepada timnya bahwa ia kesulitan dengan kecepatan mobilnya. Kendati begitu, ia masih bisa mempertahankan posisinya. Dan tidak beberapa lama setelahnya, Hamilton berhasil mengatasi masalahnya. Pada lap ke-34, jaraknya dengan Rosberg melebar lagi menjadi 2,8 detik.

Pada lap ke-54, Hamilton sempat kesulitan dengan adanya traffic di hadapannya. Jarak dirinya dengan Rosberg pun merapat lagi menjadi 0,6 detik. Tapi, seperti yang sudah-sudah di balapan ini, Hamilton masih mampu mempertahankan jaraknya. Sepuluh lap menjelang balapan berakhir, Hamilton kembali memperlebar jarak menjadi sekitar 2 detik.

Pada akhirnya, Hamilton berhasil memenangi balapan ini dengan diikuti oleh Rosberg dan Ricciardo di posisi kedua dan ketiga. Vettel akhirnya finis di urutan keempat, unggul atas Verstappen dan Raikkonen yang ada di urutan kelima dan keenam.

Sementara itu, pebalap Indonesia, Rio Haryanto, finis di urutan ke-21. Rekan satu timnya di Manor, Pascal Wehrlein, yang sempat naik ke urutan ke-17 di pertengahan balapan, finis di urutan ke-19

Berita Terkait: