Lewis Hamilton Menang GP Monza (6/9/2015)

Senin, 07 September 2015

Driver tim Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil menjadi juara di seri GP Italia. Kemenangan ini merupakan yang ketujuh kalinya untuk pebalap asal Inggris itu di musim ini.

Dalam balapan di sirkuit Monza, Minggu (6/9/2015) malam WIB, Hamilton menjadi yang tercepat setelah melahap 53 lap. Dia mencatatkan waktu satu jam 18 menit 0,688 detik.

Pebalap tim Ferrari, Sebastian Vettel, ada di posisi kedua usai finis 25,042 detik lebih lambat. Sementara itu, Felipe Massa menjadi pebalap terakhir yang mengamankan posisi di podium usai finis 47,635 detik lebih lambat dari Hamilton.

Berturut-turut melengkapi posisi 10 besar ada Valtteri Botas, Kimi Raikkonen, Sergio Perez, Nico Hulkenberg, Daniel Ricciardo, Marcus Ericsson, dan Daniil Kvyat.

Dengan kemenangan ini, Hamilton pun kian kokoh di puncak klasemen pebalap. Dia mengumpulkan 252 poin, unggul 53 poin dari Nico Rosberg yang ada di posisi kedua. Rekan setim Hamilton itu gagal menambah poin setelah gagal finis.

Ada di posisi tiga, Vettel dengan kolesi 178 poin. Sementara itu, podium yang didapat Massa kali ini merupakan raihan kedua di musim ini. Sebelumnya dia menempati posisi tiga di seri GP Austria.

Hamilton menjalani start dengan bagus. Menempati pole, dia berhasil mempertahankan posisi pertama. Berturut-turut ada di belakangnya ada Vettel, Massa, Botas, dan Perez.

Di lap kelima, ada pergantian posisi pebalap di urutan kelima. Rosberg mampu menyalip Perez untuk mengamankan posisi kelima.

Lima lap berselang, tak ada pergeseran posisi pebalap. Hamilton kian nyaman di depan dengan selisih waktu 5,4 detik di depan pebalap terdekatnya, yakni Vettel.

Jarak antara dua pebalap terdepan kian jauh saat lap 16. Balapan GP Italia seakan menjadi milik Hamilton. Dia sudah unggul 8,4 detik dari Vettel yang menempati posisi kedua.

Empat lap berselang, Hamilton kian tak terkejar. Dia menambah jarak dengan Vettel menjadi 11,8 detik. Sementara itu Bottas, Perez, dan Raikkonen, melengkapi deretan pebalap lima besar.

Bottas melakukan pit saat berada di posisi ketiga, saat kembali bergabung ke lintasan, dia tak mampu menjaga posisi hingga turun ke peringkat tujuh., Saat balapan berjalan 30 lap, dua pebalap Mercedes sudah ada di dua posisi podium. Hamilton menempati posisi satu, Vettel ada di posisi dua sebagai penyeling, dan Rosberg menempati posisi tiga.

Hamilton tampaknya akan mengamankan gelar juara ketujuhnya tahun ini setelah mencatatkan keunggulan 22,3 detik dari Vettel di posisi kedua pada lap 42. Rosberg, Massa, dan Bottas, melengkapi posisi lima besar.

Pertarungan sengit terjadi untuk memperebutkan posisi enam antara Perez dan Raikkonen di lap 49. Perez ada di depan Raikkonen dengan catatan waktu 0,696 lebih cepat.

Raikkonen berhasil menyalip Perez di lap 50. Sempat saling beriringan kembali untuk memperebutkan posisi enam, Raikkonen akhirnya bisa mengamankan posisi di depan Perez.

Rosberg mengalami kerusakan mesin di lap 51. Mesin mobilnya terbakar, hingga gagal melanjutkan balapan. Saat itu dia berada di posisi tiga.

Hingga balapan selesai, Hamilton tak terkejar, dia pun berhasil menjuarai seri GP Italia.


Hasil Balapan

No-Pebalap-Waktu

1. Lewis Hamilton Mercedes 1:18:00.688
2. Sebastian Vettel Ferrari +00:25.042
3. Felipe Massa Williams-Mercedes +00:47.635
4. Valtteri Bottas Williams +00:47.996
5. Kimi Raikkonen Ferrari +01:08.860
6. Sergio Perez Force India +01:12.783
7. Nico Huelkenberg Force India +1 lap
8. Daniel Ricciardo RedBull +1 lap
9. Marcus Ericsson Sauber +1 lap
10. Daniil Kvyat RedBull +1 lap
11. Carlos Sainz Jr Toro Rosso +1 lap
12. Max Verstappen Toro Rosso +1 lap
13. Felipe Nasr Sauber +1 lap
14. Jenson Button McLaren +1 lap
15. Will Stevens Marussia +2 laps
16. Roberto Merhi Marussia +2 laps
17r. Nico Rosberg Mercedes +3 laps
18r. Fernando Alonso McLaren +6 laps
r. Pastor Maldonado Lotus +52 laps
r. Romain Grosjean Lotus +52 laps

Berita Terkait: