Nico Rosberg Menang GP Bahrain (3/4/2016)

Senin, 04 April 2016

Grand Prix Bahrain Formula One (F1) berlangsung di Sirkuit Sakhir, Minggu (3/4/2016). Pembalap Mercedes, Nico Rosberg sukses menjadi juara, dibuntuti Kimi Raikkonen di posisi dua, dan Lewis Hamilton di posisi ketiga.

Sementara pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto yang membela Manor Racing Team memulai start dari posisi ke-21 dan sukses menyelesaikan balapan di urutan ke-17, kendati ia sempat bersaing berada di posisi ke-15.

Pembalap Indonesia yang membela Manor Racing memulai start dari posisi ke-21. Selepas lap pertama, Rio berada di posisi 18, di depan Kevin Magnussen.

Nico Rosberg merangsek naik ke posisi pertama, disusul Felipe Massa di posisi kedua. Sementara Lewis Hamilton yang mengawali lomba di urutan pertama harus tercecer di posisi ketujuh akibat terbentur dengan mobil milik Bottas. Atas insiden tersebut Bottas yang sempat berada di urutan ketiga harus mendapat penalti.

Memasuki lap ke-13 pembalap Mercedes, Rosberg masuk ke pit,dengan mengganti ban berjenis soft. Sedangkan rekan setimnya menggunakan ban medium. Kondisi ini juga diikuti oleh driver tim Red Bell, Daniel Ricciardo yang menguntit di posisi keempat.

Memasuki lap ke-19 Rio Haryanto berada di posisi ke-15. Ia bersaing bersama pilot tim Renault Kevin Magnussen yang berada di depannya. Sementara urutan terdepan, driver Mercedes, Nico Rosberg dibuntuti pilot Ferrari, Kimi Raikkonen dengan selisih waktu +11.425. Sedangkan juara dunia musim lalu Lewis Hamilton menguntit di posisi ketiga.

Pada Lap ke 32 Nico Rosberg masih berada di urutan pertama, diikuti Kimi Raikkonen dengan selisih waktu +9,083. Pembalap Ferrari tersebut dibuntuti oleh driver Mercedes,Lewis Hamilton.

Lap ke-38 Rio tercecer diurutan 17 dan harus bersaing dengan Sergio Perez. Alhasil, ia berhasil merangsek naik di urutan ke-16.

Hamilton yang memasuki putaran ke-40 berhasil berada di posisi terdepan. Sebab rekan satu timnya Nico Roseberg masuk ke pit.Namun, keadaan kembali berubah saat juara dunia tiga kali tersebut masuk ke pit. Alhasil, posisinya diambil oleh rekan setimnya, dan pesaingnya dari Ferrari Kimi Raikkonen yang selalu menempel di posisi kedua.

Memasuki lap terakhir, Nico Rosberg berhasil finis diurutan pertama dengan waktu 1:38,101, kemudian disusul oleh pembalap Scuderia Ferrari, Kimi Raikkonen. Sayangnya posisi juara dunia tahun lalu, Hamilton harus puas berada di posisi ketiga.

Bagi pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto membuat cacatan bagus dengan sukses menyentuh garis finis. Kendati berada diurutan ke-17 dengan catatan waktu 1:38,706.

Hasil balapan Formula One (F1) Grand Prix Bahrain, Minggu (3/4/2016):

1. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes 57 laps 1h 33m 34.696s
2. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +10.2s
3. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes +30.1s
4. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-TAG Heuer +1m 02.4s
5. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1m 18.2s
6. Max Verstappen NED Toro Rosso-Ferrari +1m 20.9s
7. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +1 lap
8. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +1 lap
9. Daniil Kvyat RUS Red Bull-TAG Heuer +1 lap
10. Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda +1 lap

11. Kevin Magnussen DEN Renault-Renault +1 lap
12. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap
13. Pascal Wehrlein GER MRT-Mercedes +1 lap1
14. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +1 lap
15. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +1 lap
16. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap
17. Rio Haryanto INA MRT-Mercedes +1 lap

GAGAL FINIS

Rtd Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Ferrari 29 laps completed
Rtd. Esteban Gutierrez MEX Haas-Ferrari 10 laps completed
Rtd Jenson Button GBR McLaren-Honda 7 laps completed

Dns Jolyon Palmer GBR Renault-Renault 0 laps completed
Dns Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari 0 laps completed

Berita Terkait: