Andrea Dovizioso Menang GP Silverstone (27/8/2017)

Jumat, 01 September 2017

Andrea Dovizioso keluar sebagai juara MotoGP Inggris. Dovizioso menyalip Valentino Rossi di lap-lap terakhir untuk jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis.

Rossi memimpin sejak awal balapan sampai lap-lap terakhir di balapan yang digelar di Sirkuit Silverstone, Minggu (27/8/2017) malam WIB. Tapi tiga lap jelang berakhirnya balapan, Rossi dilewati oleh Dovizioso.

Posisi Rossi semakin melorot usai tak lama kemudian juga disalip oleh Maverick Vinales. Rossi akhirnya harus puas finis di posisi ketiga, di belakang Dovizioso yang jadi juara dan Vinales yang finis kedua.

Sementara itu, Marc Marquez gagal finis karena mengalami masalah pada motornya. Tak bisa menuntaskan balapan, posisi Marquez di klasemen pun dilewati oleh Dovizioso.

Dovizioso kini menempati puncak klasemen pebalap dengan 183 poin, unggul sembilan angka dari Marquez. Vinales ada di posisi ketiga dengan 170 poin diikuti Rossi dengan 157 poin.

Valentino Rossi langsung menyodok ke posisi pertama untuk berada di depan Marc Marquez selepas start. Sementara itu, Maverick Vinales mampu melewati Cal Crutchlow untuk ada di posisi ketiga.

Di lap ketiga, Rossi yang ada di posisi terdepan perlahan menjauh dari rombongan besar dengan selisih sekitar satu detik. Sementara itu, Vinales menyalip Marquez untuk menempati posisi kedua.

Posisi Marquez semakin melorot usai dilewati Andrea Dovizioso di lap keempat. Crutchlow yang ada di urutan kelima juga tak berjarak terlalu jauh dari Marquez. Keempat pebalap tersebut --Vinales, Dovizioso, Marquez, dan Crutchlow-- terus berupaya mendekati Rossi yang masih nyaman memimpin di depan sampai lap ketujuh.

Di belakang Crutchlow, tiga pebalap --Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Johann Zarco-- terlibat perebutan posisi keenam.

Di lap ke-10, Dovizioso dan Marquez terlibat salip menyalip dan bergantian mengisi posisi ketiga dan keempat. Pada akhirnya, Dovizioso benar-benar melewati Marquez untuk ada di posisi ketiga.

Dovizioso kemudian terlibat pertarungan sengit dengan Vinales. Beberapa kali kedua pebalap salip-menyalip memperebutkan posisi kedua. Memasuki lap ke-11, Dovizioso sukses melewati Vinales untuk ada di posisi kedua.

Tak lama kemudian, posisi Vinales makin melorot ke urutan keempat usai dilewati Marquez. Sementara itu, Rossi masih nyaman di posisi terdepan.

Di lap ke-14, bencana datang untuk Marquez. Motornya mengeluarkan asap dan membuat rider Repsol Honda itu tak bisa melanjutkan balapan.

Dovizioso perlahan memangkas jarak dari Rossi yang ada di posisi terdepan. Balapan menyisakan tiga lap, Dovizioso akhirnya mampu menyalip Rossi untuk memimpin. Setelah disalip Dovizioso, Rossi kemudian juga dilewati oleh Vinales.

Memasuki lap terakhir, Dovizioso mulai menjauh. Sementara itu, Vinales dan Rossi berebut posisi kedua. Vinales sempat mendekati Dovizioso jelang berakhirnya balapan. Tapi pada akhirnya, Dovizioso mampu mempertahankan posisinya hingga menyentuh garis finis.

Berita Terkait: