Benfica 2-1 Juventus (25/4/2014)

Jumat, 25 April 2014

Benfica meraih kemenangan di leg pertama semifinal Liga Europa usai mengalahkan Juventus dengan skor tipis 2-1.

Pada laga yang dihelat di Estadio Da Luz, Jumat (25/4/2014) dinihari WIB, Ezequiel Garay bawa Benfica unggul cepat di menit ketiga.

Juve yang tampil dominan dengan lima tembakan on goal sepanjang 90 menit mampu samakan skor di menit 78 lewat Carlos Tevez, sebelum Rodrigo Lima memastikan kemenangan Benfica di menit 84.

Kekalahan ini belum menamatkan peluang Bianconeri ke final karena mereka hanya butuh menang 1-0 di leg kedua yang digelar di Juventus Stadium pekan depan.

Baru tiga menit laga berjalan, papan skor sudah menunjukkan angka 1-0 untuk keunggulan tuan rumah. Dari sebuah sepak pojok, Garay menanduk bola yang sempat ditepis Gianluigi Buffon sebelum melesak mulus ke dalam gawang.

Juve langsung membalas semenit setelahnya ketika Mirko Vucinic mendapat bola di kotak penalti dan melepaskan tembakan, tapi Artur dengan cepat mampu menghadangnya.

Di menit 11 dari sebuah serangan balik usai Luisao menggagalkan peluang Carlos Tevez di kotak penalti, Benfica nyaris mendapat gol keduanya. Sayang tembakan Miralem Sulejmani masih melebar dari gawang Buffon.

Di menit 14 Tevez coba menguji Artur lewat tembakan dari jarak 20 yard yang masih tepat di tangkapan kiper Benfica itu.

Stephan Lichtsteiner di menit 32 mendapat kans menyamakan skor lewat tandukan di tiang jauh dan masih menyamping di sisi kanan gawang Artur. Sayangnya bek Juve itu sudah terjebak offside.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Juve ambil alih pertandingan selepas restart dan langsung tancap gas dengan menekan pertahanan Benfica.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Claudio Marchisio di sisi kanan menggiring bola dan melepaskan crossing yang disambut kepala Paul Pogba, tapi Artur dengan sigap menepis bola itu.

Di menit 68 Juve mendapat peluang emas lagi ketika Marchisio menerima umpan tarik di depan gawang. Tapi sebelum bola itu digapai Marchisio, Maxi Pereira dengan cepat menghalaunya.

Juve akhirnya menyamakan skor di menit 73 lewat Tevez. Mendapat bola dari Kwadwo Asamoah, Tevez kemudian merangsek ke kotak penalti dan melewati dua pemain Benfica sebelum mengirimkan bola ke tiang dekat gawang Artur.

Benfica kembali memimpin 2-1 di menit 83 setelah Lima melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang bersarang di pojok atas gawang Buffon.

Juve kemudian punya peluang lagi menyamakan kedudukan di menit 88 ketika Marchisio mendapat bola di depan gawang dan melepaskan sepakan yang bisa dihadang oleh Artur.

Dua menit setelahnya Marchisio lagi-lagi buang peluang setelah tembakannya dari sudut sempit mampu diamankan Artur.

Skor 2-1 jadi penutup laga untuk kemenangan Benfica.

Susunan Pemain
Benfica: Artur; Pereira, Luisao, Garay, Siqueira; Markovic, Perez, Gomes (Ivan Cavaliero 82'); Rodrigo, Cardozo (Lima 62'), Sulejmani (Almeida 60').

Juventus: Buffon; Caceres, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Pogba, Pirlo, Marchisio, Asamoah; Tevez (Osvaldo 82'), Vucinic (Giovinco 65').

Berita Terkait: