Liverpool 4-3 Borussia Dortmund (15/4/2016)

Sabtu, 16 April 2016

Sempat tertinggal dua gol di babak I, Liverpool melakukan comeback untuk mengalahkan Borussia Dortmund 4-3. Kemenangan ini meloloskan Liverpool ke semifinal.

Liverpool menjamu Dortmund di Anfield untuk melakoni laga perempatfinal leg II, Jumat (15/4/2016) dinihari WIB. Dejan Lovren menentukan kemenangan The Reds lewat gol di injury time untuk membawa Liverpool melaju dengan keunggulan aggregat 5-4.

Dortmund mengawali pertandingan dengan menjanjikan setelah Henrikh Mkhitaryan dan Pierre-Emerick Aubameyang memberi keunggulan cepat di paruh pertama. Setelah turun minum, Divock Origi memperkecil skor tapi Dortmund menjauh lagi lewat gol Marco Reus.

Usai tertinggal 1-3, Liverpool justru mampu mencetak tiga gol tambahan melalui Philippe Coutinho, Mamadou Sakho, dan Lovren untuk melengkapi comeback-nya.

Liverpool kini tinggal menunggu lawan di babak selanjutnya yang akan ditentukan dalam pengundian pada hari ini (15/4) waktu setempat.

Pertandingan diawali dengan tempo tinggi. Pierre-Emerick Aubameyang sempat mengancam di menit kedua tapi sepakannya masih melebar.

Dortmund menciptakan gol cepat di menit kelima. Berawal dari kesalahan Philippe Coutinho dan Alberto Moreno, Dortmund bisa melakukan serangan balik. Umpan Mkhitaryan kepada Aubameyang diteruskan dengan sepakan yang bisa ditepis Simon Mignolet. Mkhitaryan mencecar bola untuk diselesaikan dengan tembakan dari jarak dekat yang mengubah skor menjadi 1-0.

Hanya empat menit berselang, Dortmund sudah mengungguli Liverpool 2-0, kali ini lewat kaki Aubameyang. Marco Reus merampas bola dan meloloskan diri dari kepungan pemain Liverpool sebelum melepaskan umpan panjang mendatar yang melewati Mamadou Sakho dan mencapai Aubameyang di kotak. Penyerang Gabon ini kemudian menyelesaikannya dengan tembakan kaki kanan yang bersarang di jala atas gawang Mignolet.

Liverpool menciptakan dua ancaman beruntun. Sepakan Divock Origi dari dalam kotak dibelokkan Sokratis, lalu tembakan Moreno dari posisi besar hasil umpan Origi melebar.

Tekanan Liverpool terus hadir. Di menit 25, James Milner melepaskan umpan ke tengah kotak namun Origi yang menyambutnya gagal menyarangkan bola ke bidang sasaran. Semenit kemudian, Sakho melakukan blok krusial untuk mengadang sepakan Aubameyang dari dalam kotak Liverpool.

Dortmund menciptakan peluang lain di menit 31. Umpan silang Lukaz Pisczczek dari byline menerobos barisan belakang Liverpool tapi Aubameyang tidak bisa menyambut bola karena intervensi Mignolet. Lima menit kemudian, kombinasi Reus-Aubameyang mengancam gawang Liverpool tapi penyelesaian pemain yang disebut terakhir melebar.

Sebelum turun minum, Dortmund kembali mendapatkan kesempatan emas. Umpan silang Mkhitaryan diteruskan Shinji Kagawa dengan sontekan dari jarak dekat namun masih bisa diamankan Mignolet. Babak I selesai, skor sementara 2-0 untuk keunggulan Dortmund.

Awal babak kedua yang baik dari Liverpool. Di menit 47, Liverpool akhirnya menciptakan gol balasan lewat Origi untuk menipiskan ketinggalan 1-2. Origi menyelesaikan umpan terobosan Emre Can yang melewati sela-sela kaki Roman Weidenfeller sebelum masuk ke gawang.

Dortmund hanya butuh 10 menit untuk membuka jarak lagi dengan Liverpool. Umpan terobosan Mats Hummels diterima Reus di kotak penalti. Dalam posisi bebas, Reus melepaskan tembakan yang tidak sanggup ditahan Mignolet untuk mengubah kedudukan menjadi 3-1 untuk Dortmund.

Liverpool belum menyerah. Di menit 66, Coutinho menuntaskan operan Milner yang menjebol gawang Dortmund. Liverpool memangkas jarak lagi menjadi 2-3.

Asa Liverpool hidup lagi. Di menit 78, Liverpool akhirnya bisa menyamakan skor menjadi 3-3 setelah sundulan Sakho menyambut sepak pojok Coutinho sukses bersarang di gawang Dortmund.

Setelah menyamakan skor, Liverpool lebih agresif menyerang untuk mendapatkan gol tambahan. Liverpool akhirnya membalikkan kedudukan 4-3 setelah crossing Milner ditanduk Dejan Lovren. Liverpool unggul aggregat 5-4.


Susunan Pemain

LIVERPOOL: Mignolet; Clyne, Lovren, Sakho, Moreno; Can (Lucas 80'), Milner, Lallana (Allen 62'), Coutinho; Firmino (Sturridge 62'), Origi

BORUSSIA DORTMUND: Weidenfeller, Piszczek, Papastathopoulos, Hummels, Schmelzer, Mkhitaryan, Castro (Guendogan 83'), Weigl, Reus (Ramos 83'), Kagawa (Ginter 77'), Aubameyang.

Berita Terkait: