Manchester United Juara Liga Europa 2016/2017

Kamis, 25 Mei 2017

Pertandingan final Liga Europa mempertemukan Ajax Amsterdam melawan Manchester United. Pertandingan ini dilangsungkan di Friends Arena pada hari Kamis (25/05).

Dalam pertandingan yang berjalan dalam tempo agak lambat ini, United muncul sebagai pemenang. Gol-gol dari Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan membawa United menjadi juara Liga Europa dengan kemenangan 2-0 atas Ajax di final.

Kedua tim nampak mencoba mengukur kekuatan lawan pada awal pertandingan. Tak ada serangan frontal karena semua pemain baru mencoba 'merasakan' pertandingan.

Manchester United akhirnya mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. United membuat Ajax tertekan dengan pressing di tengah. Saat memiliki kesempatan, United pun melakukan serangan dengan cepat langsung ke area berbahaya Ajax

Serangan-serangan direct itu membuat Ajax kedodoran. Meski demikian, Ajax juga sempat melontarkan ancaman lewat Bertrand Traore. Namun tembakan Traore masih bisa dengan mudah ditangkap oleh Sergio Romero.

United malah mampu mencetak gol lewat Paul Pogba pada menit ke-18. Pogba melepas tembakan dari luar kotak penalti yang berbelok arah setelah menyentuh kaki Sanchez dan membuat Onana mati langkah. United pun unggul 1-0.

United menjadi semakin nyaman setelah keunggulan satu gol mereka. Ajax tak mampu menembus pertahanan berlapis United yang digalang dari lini tengah. Sebaliknya, serangan-serangan kilat United mampu mengancam pertahanan Ajax beberapa kali. namun sampai babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan United tetap bertahan.

United mengawali babak kedua dengan agresif. Serangan cepat United mampu diselesaikan dengan gol kedua lewat Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-48. Lewat tendangan sudut, Chris Smalling mengarahkan bola ke arah Mkhitaryan. Pemain asal Armenia itu lalu mengarahkan bola dengan akrobatik melewati penjagaan lawan. United pun unggul 2-0.

Ajax seperti kehilangan ide untuk bisa membongkar pertahanan United. Mereka bisa dengan bebas menguasai bola, tapi hanya sampai ke lini tengah. Saat memasuki area pertahanan United, penjagaan amat ketat, baik man to man marking maupun zonal marking.

Berbagai perubahan dilakukan kedua pelatih, namun sampai laga berakhir skor 2-0 tetap bertahan. Manchester United pun dinobatkan sebagai juara Liga Europa 2016/17.

Susunan pemain Ajax Amsterdam: Onana, Veltman, Sanchez, De Ligt, Riedewald (De Jong, 82'), Klaassen, Schone (Van de Beek, 70'), Ziyech, Traore, Dolberg (Nerez, 62'), Younes.

Susunan pemain Manchester United: Romero, Valencia, Smalling, Blind, Darmian, Fellaini, Herrera, Pogba, Mata (Rooney, 90'), Rashford (Martial, 84'), Mkhitaryan (Lingard, 74')

Berita Terkait: