LeBron James Bisa Untungkan Nike USD4 Miliar

Jumat, 20 Mei 2011

Nike tidak salah pilih menggandeng small forward Miami Heat LeBron James sebagai duta produk olahraga mereka. Setidaknya kerjasama Nike dengan James diyakini akan mendatangkan keuntungan USD4 miliar dari pasar China.

Status sebagai peraih MVP dan keberhasilannya menyabet emas di Olimpiade Beijing 2010 lalu menjadi nilai jual bagi James untuk menyamai pencapaian bintang NBA sebelumnya yang menjadi endorser Nike, yaitu Michael Jordan yang menjuarai enam gelar bersama Chicago Bulls dan Kobe Bryant, yang menjuarai lima gelar bersama Los Angeles Lakers.

“LeBron sangat digandrungi anak muda pencinta basket di China, namun popularitas dan pengaruhnya di luar itu sangat terbatas. Satu kekurangannya adalah ketiadaan gelar,” kata mantan Direktur Marketing Nike China, Terry Rhoads, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (19/5/2011).

Nike mendapatkan keuntungan USD1.96 miliar dalam 12 bulan hingga Januari lalu dari pasar China, yang merupakan negara berpenduduk terbesar di dunia tersebut. Angka terbesar, yang diperoleh dari merchandise basket. Rhoads meyakini, James akan menggeser Kobe Bryant, sebagai wajah Nike di China, dan mengatrol pendapatan Nike hingga USD6 miliar hingga 2020.

“Jika Kobe bukan raja bagi konsumen China, LeBron bisa mengambil alih dan melanjutkan cengkraman Nike di dunia basket China,” kata Rhoads lagi.

James sendiri ditaksir mendapatkan USD30 juta dari jasanya meng-endorse sejumlah perusahaan termasuk Nike, McDonald, dan Coca-Cola. Tapi James mengaku tidak terlalu peduli dengan persoalan itu. Yang terpenting baginya adalah menjadi juara.

“Saya akan melakukan apapun untuk itu. Saya tidak peduli apakah itu berpengaruh pada proyek marketing. Pernyataan marketing saya ada dalam posisi saya sebagai profesional,” tegas James.

Berita Terkait:

NBA
Sports