Terrence Ross Juara NBA Slam Dunk Contest 2013

Senin, 18 Februari 2013


Rookie Toronto Raptors Terrence Ross jadi juara baru NBA Slam Dunk Contest 2013. Ross mengalahkan sang juara bertahan Jeremy Evans dalam rangkaian acara All-Star, Minggu (17/2/2013).

Di babak championship, Ross melompati seorang bocah, sebelum melewatkan bola melalui kedua kakinya dan melakukan slam dunk dengan satu tangan untuk memastikan diri membawa pulang trofi juara itu.

Sebelumnya, pebasket yang baru berusia 22 tahun ini, mengenakan jersey Vince Carter untuk mengambil bola hasil lemparan rekan setimnya, Terrence Joss di pinggir papan ring dengan memutar badannya 360 derajat dan melakukan slam dunk dengan satu tangan.

Sedangkan Evans melompati sebuah papan yang ditutupi oleh kain hitam. Setelah sukses melakukan slam dunk, pebasket Utah Jazz ini membuka kainnya dan ternyata papan itu bergambar dirinya sendiri sedang melakukan slam dunk dan menandatangani papan tersebut.

Pada upaya sebelumnya, Evans melakukan slam dunk dengan melompati forward Dallas Mavericks Dahntay Jones. Meski juga keren, namun Evans kalah dari Ross yang mendapatkan 58 persen voting dari para fans.

Kenneth Faried (Denver Nuggets), James White (New York Knicks) dan juara Slam Dunk 2007 Gerald Green (Indiana Pacers) dan Eric Bledsoe (LA Clippers) juga menjadi peserta dari slam dunk contest pada edisi kali ini.

Pada babak pertama, penilaian dilakukan oleh para juri yang beranggotakan pebasket legendaris Hakeem Olajuwon, Clyde Drexler, Dikembe Mutombo, Rudy Tomjanovic dan mantan pebasket NBA Yao Ming.

Adapun pemenang kontes kemampuan lainnya adalah point guard Cleveland Cavaliers Kyrie Irving mengalahkan pemain San Antonio Spurs Matt Bonner dalam three-point contest.

Bintang Miami Heat Chris Bosh yang berada satu grup dengan bintang WNBA Swin Cash dan mantan pebasket Dominique Wilkins memenangi shooting stars contest dengan mengalahkan grup Russell Westbrooks (Oklahoma City Thunder) yang beranggotakan Maya Moore dan mantan pebasket Rockets Robert Horry.

Di kategori Skills Competition, rookie Portland Trailblazer Damian Lillard mengalahkan guard Philadelpia 76ers Jrue Holiday di babak final untuk tampil sebagai juara.

Berita Terkait: