Fiorentina 2-1 Juventus (16/1/2017)

Senin, 16 Januari 2017

Juventus mendapatkan hasil negatif dari laga tandang ke markas Fiorentina. La Vecchia Signora harus mengakui keunggulan tim tuan rumah dengan skor 1-2.

Dalam lanjutan Serie A di Artemio Franchi, Senin (16/1/2017) dinihari WIB, Juventus tampil tanpa Dani Alves yang masih cedera dan Stephan Lichtsteiner yang terkena skorsing. Hal ini membuat Juan Cuadrado dipasang di posisi wingback kanan. Sementara itu, Mario Lemina dan Medhi Benatia pergi ke Piala Afrika 2017 untuk membela negara masing-masing.

Fiorentina menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol Nikola Kalinic pada menit ke-37. Gol Milan Badelj pada menit ke-55 mengubah skor menjadi 2-0.

Juventus cuma bisa membalas sekali di sisa waktu. Gol Gonzalo Higuain pada menit ke-58 itu tak cukup untuk menyelamatkan Bianconeri dari kekalahan.

Kekalahan ini tak menggoyahkan posisi Juventus di puncak klasemen Serie A. Juve mengumpulkan 45 poin dari 19 pertandingan, unggul satu poin atas AS Roma yang berada di posisi kedua. Namun, Roma memainkan satu laga lebih banyak. Adapun Fiorentina duduk di posisi kedelapan dengan 30 poin.

Fiorentina mengancam pada menit kedelapan lewat aksi Matias Vecino. Namun, tembakan mendatar yang dilepaskan Vecino dimentahkan oleh Gianluigi Buffon.

Pada menit kesepuluh, Vecino kembali mendapatkan peluang. Dia melakukan penetrasi ke kotak penalti Juve, tapi penyelesaiannya masih melenceng tipis.

Tak berselang lama, giliran Federico Chiesa yang merepotkan lini pertahanan Juve. Tembakan keras Chiesa memaksa Buffon melakukan penyelamatan.

Fiorentina membuka skor pada menit ke-37 melalui gol Kalinic. Mendapatkan umpan dari Federico Bernardeschi, Kalinic menaklukkan Buffon lewat tembakan mendatar ke tiang jauh.

Pada awal babak kedua, sebuah kesalahan Alex Sandro membuat gawang Juve terancam. Beruntung buat Juve, Buffon berhasil menutup ruang tembak Kalinic.

La Viola memperbesar keunggulan mereka pada menit ke-55. Badelj mengirimkan bola ke kotak penalti Juventus lewat sebuah tendangan voli. Chiesa berusaha menjangkaunya, tapi tak berhasil. Namun, gerakan Chiesa itu membuat Buffon terkecoh dan bola terus meluncur ke dalam gawang Juve.

Tiga menit kemudian, Juve menipiskan ketertinggalan lewat gol Higuain. Umpan Sami Khedira ke kotak penalti bisa dijangkau Stefano Sturaro, tapi Higuain yang datang dari belakang langsung menyambar si kulit bundar dan merobek gawang Fiorentina.

Pada menit-menit akhir, Juve nyaris menyamakan skor. Tapi, sundulan Higuain meneruskan sebuah tendangan bebas dimentahkan kiper Ciprian Tatarusanu. Bola muntah menciptakan kemelut di mulut gawang Fiorentina, tapi Juve gagal memaksimalkannya.

Di sisa waktu, Juventus berupaya keras menyamakan skor. Tapi, usaha mereka tak membuahkan hasil.

Susunan Pemain
Fiorentina: Tatarusanu; Sanchez, Gonzalo Rodriguez, Astori; Chiesa (Tello 81'), Badelj, Vecino, Olivera; Borja Valero (Ilicic 85'), Bernardeschi (Cristoforo 76'); Kalinic

Juventus: Buffon; Barzagli (Mandzukic 80'), Bonucci, Chiellini; Cuadrado, Khedira, Marchisio (Rincon 77'), Sturaro (Pjaca 61'), Alex Sandro; Dybala, Higuain

Berita Terkait: