Arsenal 2-0 Southampton (24/11/2013)

Minggu, 24 November 2013

Arsenal berhasil memaksimalkan laga kandangnya. The Gunners merebut tiga angka usai mengalahkan Southampton dengan skor 2-0 berkat gol-gol dari Olivier Giroud.

Dengan tiga poin tambahan yang diraih, Arsenal kini mengoleksi 28 poin hasil 12 pertandingan sekaligus menjauhi rival terdekatnya Liverpool dengan jarak empat poin. Sedangkan Southampton sementara tetap di peringkat ketiga dengan 22 poin.

Pada pertandingan di Emirates yang berakhir Minggu (24/11/2013) dinihari WIB, Arsenal sempat nyaris membuka skor setelah dua upayanya mengenai tiang gawang.

Namun, gol pertama baru tercipta di tengah-tengah babak pertama dari Giroud usai memanfaatkan blunder kiper Southampton Artur Boruc.

Arsenal baru bisa memperbesar skornya dari eksekusi penalti yang dilakukan Giroud di menit-menit akhir laga babak kedua.

Setelah 10 menit, peluang pertama diciptakan Arsenal. Berawal dari aksi Aaron Ramsey, bola diterima Jack Wilshere di sisi kanan gawang. Wilshere melepas tendangan cukilan, menaklukkan Artur Boruc tapi bola membentur tiang jauh sebelum diamankan si kiper.

Peluang emas lain dihasilkan oleh tim tuan rumah delapan menit berselang. Umpan silang Mesut Oezil di sisi kanan, diteruskan Ramsey dengan tendangan backheel dan kembali mengenai tiang gawang. Skor masih 0-0.

Kebuntuan Arsenal akhirnya terpecah di menit ke-22 usai memanfaatkan kesalahan Boruc. Menerima backpass, kiper Southampton itu justru berlama-lama menahan bola dengan dibayangi Giroud.

Giroud lantas sukses mencuri bola sebelum dengan mudah menceploskan ke gawang untuk membawa Arsenal memimpin 1-0.

Southampton baru bisa menciptakan peluang berbahaya di menit ke-32. Mikel Arteta membuang bola kurang sempurna, dan jatuh di jalur Adam Lallana. Pemain yang disebut terakhir kemudian meneruskan dengan tendangan voli yang membuat Wojciech Szczesny susah payah menepisnya.

Ancaman lain dari Southampton tak kurang dari 10 menit. Menerima umpan silang, Jay Rodriguez mengontrol bola dengan dadanya sebelum melepaskan tendangan akrobat ke sudut kanan bawah yang ditepis Szczesny.

Pasca restart, Southampton mencoba mengejar ketinggalannya. Di menit ke-52, kerjasama satu-dua dengan rekannya, Lallana menemukan ruang tembak namun bola masih bisa ditangkap Szczesny dengan mudah.

12 menit kemudian Arsenal merespons tak kalah berbahaya. Mendapat bola dari sisi kanan, Oezil melepas tendangan keras namun Boruc masih sigap menangkap bola.

Pemain pengganti Pablo Osvaldo mengancam gawang Arsenal. Di menit ke-75, Osvaldo menerima umpan Rickie Lambert untuk diteruskan dengan sepakan. Sayang, bola tendangan Osvaldo masih terlalu lemah.

Lima menit berselang, Operan Ramsey dari luar kotak diterima Walcott yang berada di sisi kanan gawang untuk diteruskan dengan sepakan ke arah tiang jauh. Bola masih melebar.

Penalti untuk Arsenal menyusul pelanggaran Jose Fonte yang menarik kaus Per Mertesacker di kotak penalti kala akan menyambut bola sepak pojok.

Giroud maju sebagai algojo dan sukses menyarangkan bola ke tengah gawang. Arsenal kini memimpin 2-0 atas Southampton di menit ke-85.

Susunan Pemain
ARSENAL: Szczesny, Sagna, Koscielny, Mertesacker, Gibbs, Arteta (Rosicky 74), Ramsey, Wilshere, Ozil (Monreal 81), Cazorla (Walcott 70), Giroud

SOUTHAMPTON: Boruc, Clyne, Fonte, Hooiveld, Shaw (Davis 45) Wanyama, Schneiderlin, Ward-Prowse, Lallana (Osvaldo 54), Rodriguez, Lambert

Berita Terkait: