Schmeichel: Tembakan Beckham & CR7 Sulitkan Kiper

Selasa, 27 November 2012

Kiper legenda Manchester United, Peter Schmeichel menilai bahwa terdapat pergeseran gaya bermain antara kiper masa lalu dengan era modern saat ini. Menurut Schmeichel kiper di jamannya tak ragu untuk melakukan duel udara dengan pemain lawan dalam arena penalti, sementara saat ini hal tersebut jarang terjadi.

“Saya tidak pernah keberatan beradu untuk bola udara. Namun, kiper saat ini, saya rasa tidak melakukannya. Tidak ada kebutuhan untuk melakukan hal tersebut,” ungkap Schmeichel, seperti dilansir ESPN, Selasa (27/11/2012).

“Ritme dan gaya dari sepakbola itu telah mengalami perubahan. Cara menembak bola dari para pemain lawan juga telah banyak berubah,” lanjutnya.

David Beckham dan Cristiano Ronaldo, dua mantan punggawa The Red Devils itu diakui Schmeichel sebagai pelopor dari ‘cara menembak’ seperti yang diungkapkannya. Ayah dari Kasper Schmeichel itu menilai bahwa tembakan dua pemain bintang itu sangat menyulitkan penjaga gawang.

“David Beckham dan Cristiano Ronaldo memulai hal itu, mereka menunjukkan cara menembak bola dengan sesuatu yang berbeda, jadi kualitas yang datang dari kotak penalti juga berbeda. Hal tersebut jelas menyulitkan sang kiper,” lanjutnya.

Kendati menilai bahwa gaya bermain kiper telah banyak mengalami perubahan, namun, pria kelahiran 18 November, 49 tahun silam menilai bahwa kiper Bayern Munich yang mendekati gaya permainannya. “Apabila Anda melihat daftar kiper muda saat ini, saya katakan bahwa Manuel Neuer merupakan satu-satunya kiper yang bertarung demi bola. Namun, secara umum bukan seperti itu lagi,”

Berita Terkait: