Barcelona Pertama Kali Dalam Sejarah Bermain Dengan 11 Alumni La Masia

Selasa, 27 November 2012

Untuk pertama kali sepanjang sejarah klub, 11 pemain Barcelona diisi oleh alumni La Masia. Peristiwa bersejarah ini terjadi saat Barca membantai Levante 4-0 pada Minggu kemarin.

Awalnya, starting line-up Barca hanya diisi oleh 10 alumni La Masia. Daniel Alves jadi satu-satunya pemain non-alumni. Pada menit ke-14, sejarah tercipta saat Martin Montoya masuk menggantikan Alves yang cedera.

Seluruh tim Barca pun diisi oleh La Masia untuk pertama kalinya sepanjang era modern. Monopoli ini tidak bertahan hingga laga usai karena pada menit ke-75, Adriano masuk menggantikan Jordi Alba.

Tito Vilanova melakukan apa yang tidak mampu dilakukan oleh seorang Josep Guardiola sekalipun. Di era Pep, maksimal hanya ada sembilan pemain La Masia yang merumput berbarengan.

Meskipun seluruh pemain berasal dari akademi, tidak semuanya lahir dan besar di Katalan. Lionel Messi berasal dari Rosario, Argentina, Pedro Rodriguez berasal dari Tenerife, Kepulauan Canary, sementara Andres Iniesta lahir dan besar di Fuentealbilla, Albacete yang lebih dekat ke Madrid.

Tiga pemain Barca lain juga baru bergabung setelah dibeli kembali. Gerard Pique (Manchester United), Cesc Fabregas (Arsenal), dan Jordi Alba (Valencia) menghabiskan hampir 40 juta euro kas klub.

Meski demikian, hal ini tetaplah sebuah pencapaian mengesankan di era sepak bola yang makin kosmpolitan. Sebagai kontras, Chelsea hanya menurunkan satu pemain Inggris saat melawan Manchester City pada hari yang sama, yakni Ashley Cole.

Berita Terkait: