Luis Enrique Mengundurkan Diri dari Barcelona

Kamis, 02 Maret 2017


Teka-teki tentang masa depan Luis Enrique terjawab sudah. Enrique akan meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Barcelona pada akhir musim 2016/2017.

Enrique mengonfirmasi keputusannya itu seusai pertandingan melawan Sporting Gijon di Camp Nou, Kamis (2/3/2017) dinihari WIB, yang dimenangi Barca dengan skor telak 6-1. Pria berusia 46 tahun itu memastikan tidak akan memperpanjang kontraknya, yang akan habis pada akhir musim.

"Selama pramusim, saya bertemu dengan (Direktur) Albert Soler dan (Sekretaris Tim Utama) Robert Fernandez dan saya memberi tahu mereka bahwa ada peluang saya tak memperbarui kontrak," ungkap Enrique di situs resmi Barca.

"Mereka, atas nama klub, meyakinkan saya bahwa tidak ada tekanan. Momen itu sekarang telah tiba dan saya mengumumkannya kepada kalian," tambah Enrique.

Sebelum mengumumkan keputusannya kepada publik, Enrique lebih dulu mengumumkannya kepada para pemain di ruang ganti. Apa yang membuat Enrique memilih untuk meninggalkan Blaugrana?

"Saya harus menjalani profesi ini dengan pencarian solusi tanpa henti dan berupaya membuat tim jadi lebih baik. Itu berarti waktu untuk rileks dan jeda sangat sedikit. Pada akhir musim, akan bagus bagi saya untuk beristirahat," katanya.

Enrique diangkat sebagai pelatih Barca pada musim panas 2014 untuk menggantikan Gerardo Martino. Pada musim pertamanya, dia langsung mempersembahkan treble untuk Barca. Sementara pada musim lalu dia memberi titel La Liga dan Copa del Rey. Total ada delapan trofi yang diraih Barca selama Enrique jadi pelatih hingga sekarang.

Pada musim ini, Barca masih punya peluang juara di tiga kompetisi berbeda. Mereka kini memimpin klasemen La Liga, lolos ke final Copa del Rey, dan akan berupaya membalikkan keadaan setelah kalah 0-4 dari Paris Saint-Germain di babak 16 besar Liga Champions.

"Kami punya tiga bulan tersisa yang menyenangkan. Tiga bulan di semua kompetisi. Tentu saja di salah satunya kami berada dalam situasi sulit. Namun, dengan dukungan semua orang, saya yakin kami akan punya peluang untuk membalikkan keadaan," kata Enrique.

Berita Terkait: