Manchester United 0-0 PSV Eindhoven (26/11/2015)

Kamis, 26 November 2015

Manchester United gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang mereka miliki di laga melawan PSV Eindhoven. Mereka akhirnya bermain imbang 0-0 dengan sang tamu.

Dengan demikian, United masih harus menunggu sampai laga matchday terakhir untuk bisa mendapatkan tiket lolos ke babak 16 besar. Pada laga terakhir Grup B, mereka akan menghadapi tuan rumah VfL Wolfsburg.

United kini berada di posisi kedua dengan koleksi nilai 8. Sedangkan PSV berada di posisi ketiga dengan nilai 7.

Pada pertandingan yang berlangsung di Old Trafford, Kamis (26/11) dinihari WIB, United tampil dengan pemain-pemain cepat di lini depan, yakni Memphis Depay, Jesse Lingard, dan Anthony Martial. Sementara, Wayne Rooney diplot sebagai "nomor 10" di belakang penyerang tengah --Martial.

Sementara itu, PSV menempatkan Davy Propper, Andres Guardado, dan Jorrit Hendrix di lini tengah. Secara khusus, Guardado ditugasi untuk melakukan penjagaan terhadap Rooney.

Kendati demikian, posisi Rooney sendiri tidak statis, ia kerap bergerak melebar ke sisi kanan lapangan. Namun, Guardado tidak terpancing. Gelandang-gelandang PSV sendiri bermain disiplin melapis pertahanan timnya.

United sempat mendapatkan beberapa peluang bagus, dua di antaranya lewat Martial. Sial bagi Martial, dua kali sepakannya bisa diblok oleh kiper PSV, Jeroen Zoet.

Selain mencoba mengandalkan penetrasi lewat operan-operan cepat di depan kotak penalti PSV, United juga mencoba mencetak gol via sepakan jarak jauh. Namun, beberapa sepakan yang mereka lepaskan masih mengarah tepat ke tangkapan Zoet.

Zoet sempat satu kali nyaris membuat blunder ketika ia terpeleset ketika menguasai bola. Beruntung bagi PSV, kiper berusia 24 tahun itu berhasil membuang bola sebelum bola direbut oleh Rooney.

PSV sendiri beberapa kali membalas lewat serangan balik dan tusukan dari sayap kiri. Salah satu serangan balik mereka berakhir dengan sepakan Hendrix dari dalam kotak penalti United. Sial bagi Hendrix, sepakannya masih bisa ditangkap David de Gea.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-47, United mendapatkan peluang bagus. Umpan silang Martial dari kanan disambut Lingard dengan sundulan. Namun, sundulan Lingard masih menyamping.

United kemudian mendapatkan beberapa buah sepak pojok, yang semuanya gagal mereka manfaatkan dengan baik. Dalam kondisi buntu, manajer United, Louis van Gaal, memasukkan Ashley Young dan Marouane Fellaini, menggantikan Memphis dan Bastian Schweinsteiger.

Ketiadaan Schweinsteiger di lini tengah United menjadi angin segar buat PSV. Tanpa Schweinsteiger, tidak ada pemain yang mengatur lini tengah United dengan baik plus melapis pertahanan. Tidak ada pula pemain United yang bisa menerima bola dari belakang dan membawanya untuk memulai serangan.

Alhasil, PSV mulai bisa mengembangkan permainan. Kendati demikian, penyelesaian akhir mereka juga buruk. Satu kali tendangan yang dilepaskan gelandang PSV, Davy Propper, masih mengarah tepat ke tangkapan De Gea.

Pada akhirnya, tidak ada tim yang bisa mencetak gol di laga ini, Laga berakhir dengan skor 0-0.

Susunan Pemain

Manchester United: De Gea, Darmian (Mata 85), Smalling, Rojo, Blind, Schweinsteiger (Fellaini 58), Schneiderlin, Lingard, Rooney, Memphis (Young 58), Martial.

PSV Eindhoven: Zoet, Arias, Bruma, Moreno, Brenet, Hendrix (Isimat-Mirin 59)), Propper, Narsingh (Pereiro 18), Locadia, De Jong.

Berita Terkait: