Juventus 1-0 Manchester City (26/11/2015)

Kamis, 26 November 2015

Juventus memetik kemenangan tipis 1-0 atas Manchester City di lanjutan Liga Champions. Satu-satunya gol yang tercipta dicetak oleh Mario Mandzukic.

Laga yang berlangsung di Juventus Stadium, Kamis (26/11/2015) dinihari WIB ini berlangsung ketat dan sengit. Kedua tim sama-sama bermain cepat dan gigih melakukan pressing ke lawan.

Meski tampil tandang, sejak awal City mengambil inisiatif dan lebih banyak menguasai bola seiring pertandingan berjalan. Juve di lain sisi, tak membiarkan City leluasa menggulirkan bola dan senantiasa melakukan tekanan.

City tercatat lebih unggul dalam penguasaan bola dengan persentase 57%. Tapi Juve yang lebih banyak mengancam gawang, dengan lima tembakan tepat sasaran dari 12 percobaan.

Sementara City punya dua tembakan on target dari 13 upaya. Satu hal yang menjadi kelemahan anak asuh Manuel Pellegrini di laga ini adalah penyelesaian akhir yang kurang trengginas, sehingga beberapa peluang mereka terbuang sia-sia.

Gol Mandzukic tercipta di menit ke-18, melalui skema umpan silang. Alex Sandro melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti dan disambut sontekan Mandzukic dari jarak dekat.

Kemenangan ini memastikan Juve lolos, sekaligus naik ke posisi pertama klasemen Grup D dengan nilai 11 dari lima laga. City harus turun ke urutan dua dengan sembilan poin. Keduanya sudah dipastikan lolos, tapi posisi mereka masih bisa berubah mengingat masih ada satu laga tersisa.

City memulai laga dengan mengambil inisiatif. Dengan tempo yang tinggi, mereka menekan Juve dengan cepat. Tapi Juve yang lebih dahulu menunjukkan potensi ancaman. Paulo Dybala mendapatkan umpan terobosan di sisi kiri pada menit kedua dan melepaskan sepakan, meski cuma berakhir melebar.

City merespons tiga menit berselang. Berawal dari sepak pojok, bola sapuan lini belakang Juve mengarah ke depan kotak penalti dan disambut sepakan Fernandinho. Cuma tipis di samping kiri gawang Gianluigi Buffon.

Sebuah tekanan dari sisi kanan oleh Claudio Marchisio pada menit ke-7 dilanjutkan dengan umpan silang yang menemui Mario Mandzukic di dalam kotak penalti. Dalam posisi cukup bebas, Mandzukic tampak kurang siap menerima bola sehingga sundulannya pun cuma melebar jauh dari gawang.

Teknik memukau ditunjukkan oleh Paul Pogba di menit ke-15 untuk menciptakan peluang bagi Juve. Di depan kotak penalti, dia mengirimkan umpan dengan tumit dalam posisi terjepit dua pemain City. Bola diterima Paulo Dybala dan diteruskan dengan sepakan deras. Selain melambung, Dybala belakangan diketahui sudah dalam posisi offside.

City balas mengancam di menit ke-16. Yaya Toure menerima umpan silang di dalam kotak penalti, tapi bola terlepas dalam perebutan dengan bek Juve. Bola liar disambar oleh Fernandinho, tapi cuma melenceng tipis di kanan gawang.

Dua menit kemudian, Juve mencetak gol. Umpan silang Alex Sandro dari sisi kiri disambut sontekan Mandzukic yang lolos dari penjagaan Nicolas Otamendi. Otamendi yang terjatuh sempat mengklaim pelanggaran, tapi wasit memutuskan gol.

Unggul, Juve kian agresif menekan City. Sebuah tusukan Pogba di sisi kiri pada menit ke-25 yang dilanjutkan dengan umpan silang mendatar sempat membuat lini belakang tim tamu kerepotan. Beruntung bagi mereka tak ada rekan Pogba yang menyambut, bola kemudian bisa disapu ke luar kotak penalti.

Tekanan lain nyaris berbuah gol untuk Juve di menit ke-28. Stephan Lichtsteiner menerima umpan lambung di sisi kanan di dalam kotak penalti dan langsung mengarahkan sundulan ke Mandzukic di tengah. Umpannya langsung disambut tendangan voli oleh Mandzukic, namun Joe Hart sigap menepisnya.

City balas menekan di menit ke-30. Dari luar kotak penalti, Yaya Toure mengarahkan sepakan melengkung ke pojok kiri atas. Buffon yang tampak tak mampu menjangkau cuma melihat bola berakhir tipis saja di kiri gawang.

Memasuki menit ke-40, City punya sebuah peluang. Toure mengontrol umpan dari Gael Clichy di tengah kotak penalti, lalu melakukan tendangan sambil memutar badan. Sepakannya cuma bergulir ke samping kanan gawang.

Serangan balik dari Juve pada menit ke-42 nyaris membuat City kembali kebobolan. Mandzukic menyodorkan umpan ke Lichsteiner yang berlari menusuk ke kotak penalti. Berhadapan dengan Hart, sepakannya bisa dihalau kiper City tersebut. Bola memantul kembali ke badan Lichtsteiner dan bergulir ke luar lapangan.

Kesalahan dari lini belakang Juve nyaris berbuah gol untuk City. Back pass dari Alex Sandro dicuri Sergio Aguero yang tinggal berhadapan dengan Buffon. Beruntung bagi Juve, Buffon cepat menutup ruang tembak Aguero sehingga mampu menepis sepakannya. Tak lama kemudian babak pertama usai.

Marchisio melakukan percobaan dari luar kotak penalti pada menit ke-52. Masih mudah diamankan oleh Hart.

City nyaris mencetak gol di menit ke-53. Fernando menyambut umpan lambung Kevin de Bruyne dari sepak pojok dengan sundulan, bola mengarah ke pojok kanan bawah gawang. Buffon menepis dan bola pantulan sempat coba dicocor oleh Toure. Tapi justru berakhir dengan pelanggaran terhadap Buffon.

Baru semenit masuk lapangan, Morata nyaris langsung memberi kontribusi sebuah gol di menit ke-56. Dalam sebuah serangan cepat, dia melambungkan bola melewati Hart. Bola tampak sedikit melebar, tapi bisa dijangkau oleh Stefano Sturaro. Hanya saja sontekan Sturaro dimentahkan tiang gawang.

City mendapatkan peluang apik di menit ke-67. Umpan silang De Bruyne dari sisi kiri diterima Aguero di tiang jauh. Penyerang Argentina itu meneruskan dengan tendangan voli tapi Giorgio Chiellini datang di waktu tepat untuk memblok.

Sebuah tusukan dari Morata nyaris membuahkan hasil di menit ke-79. Dari sisi kanan, Morata melewati dua pemain dan mendekati kotak penalti sampai kemudian melancarkan tendangan. Hart membaca gerakannya dan maju untuk menutup ruang tembak. Keputusan yang tepat karena dia berhasil memblok bola.

Semenit berselang, giliran City yang punya peluang nyata. De Bruyne melakukan tusukan diri kanan, lalu memberikan umpan silang di depan gawang. Sterling yang lepas dari kawalan menyambut bola yang datang, tapi sayang baginya Andrea Barzagli muncul dan memblok laju bola untuk menghasilkan sepak pojok.

City melakukan serangan lewat tengah di menit ke-90, dengan Toure mencoba mengarahkan tendangan keras dari jarak jauh. Masih tipis saja di atas mistar gawang. Tak selang lama, laga berakhir.

Susunan pemain:

Juventus: Buffon, Chiellini, Alex Sandro (Evra 78'), Barzagli, Bonucci, Lichtsteiner, Marchisio, Pogba, Sturaro, Mandzukic (Morata 55'), Dybala (Cuadrado 82')

Manchester City: Hart (Caballero 81'), Sagna, Clichy, Demichelis, Otamendi, Fernando, Jesus Navas, De Bruyne, Fernandinho (Delph 60'), Toure, Aguero (Sterling 69')

Berita Terkait: