Shakhtar Donetsk 3-4 Real Madrid (26/11/2015)

Kamis, 26 November 2015

Real Madrid bertahan dari usaha comeback Shakhtar Donetsk sebelum memenangi pertandingan dengan skor tipis 4-3. Kemenangan ini memastikan El Real keluar sebagai juara Grup A.

Bertanding di L'viv Arena, Kamis (26/11/2015) dinihari WIB, Madrid membuang keunggulan empat gol dengan kebobolan tiga gol dalam 11 menit.

Los Blancos mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol Cristiano Ronaldo. Setelah turun minum, tiga gol tambahan dibuat masing-masing oleh Luka Modric, Dani Carvajal, dan Ronaldo.

Shakhtar memperlihatkan perlawanannya lewat dua gol Alex Teixeira (satu dari penalti) dan Dentinho. Meskipun demikian, itu tidak cukup untuk menghindarkan mereka dari kekalahan.

Dengan kemenangan ini, Madrid dipastikan mengunci juara grup setelah meraih 13 poin dengan satu sisa pertandingan, unggul tiga poin dari Paris Saint-Germain di urutan kedua. Shakhtar telah tersingkir dan duduk di peringkat ketiga dengan tiga poin.

Saat pertandingan belum genap berjalan dua menit, Madrid sudah mendapatkan peluang emas. Operan Luca Modric menemui Ronaldo yang berada dalam kotak tapi eksekusinya melebar.

Gol pembuka pertandingan ini akhirnya tercipta di menit ke-18. Dari operan Modric, Gareth Bale berhasil memperdaya kiper Andriy Pyatov sebelum melepaskan operan kepada Ronaldo yang tidak dijaga. Ronaldo menuntaskan dengan sundulan ke gawang yang kosong.

Shakhtar berbalik mengancam 11 menit kemudian dari set piece. Setelah bola jatuh ke kotak penalti Madrid, Raphael Varane memblok tembakan Ivan Ordets.

Menjelang akhir babak pertama, dua kali Shakhtar mengancam gawang Madrid. Marcio Azevedo menerima bola dari Bernard sebelum mengirimnya ke kotak penalti Madrid. Olexandr Gladkiy yang berada di tiang jauh gagal mengarahkan sundulannya ke sasaran.

Umpan silang Bernard menemui Alex Teixeira tapi bola sundulannya ditepis Kiko Casilla, sebelum di amankan Mateo Kovacic.

Hanya lima menit setelah restart, Madrid menciptakan gol keduanya. Ronaldo menerima umpan panjang dari belakang sebelum menyodorkannya kepada Modric di kotak penalti untuk diteruskan dengan sepakan kaki kanan. Shaktar 0, Madrid 2.

Di menit ke-52, gawang Shakhtar bobol lagi. Kali ini Dani Carvajal yang menaklukkan Pyatov lewat sepakan kaki kanan untuk menyarangkan bola ke sudut kanan atas gawang.

Sebelumnya, Ronaldo hampir menambah pundi-pundi golnya. Namun, saat tinggal berhadapan dengan Pyatov, sepakan mendatang pemain depan Portugal itu bisa diblok.

Ronaldo akhirnya berhasil mencetak gol keduanya di menit ke-70. Bale berakselerasi setelah memperoleh bola liar sebelum mengoperkan kepada Ronaldo untuk diteruskan dengan sontekan dari jarak dekat. Madrid memimpin 4-0.

Di menit ke-77, Shakhtar memperkecil skor menjadi 1-4. Wasit memberikan hadiah penalti setelah Casemiro menjatuhkan Taison di area terlarang. Teixeira maju sebagai algojo dan sukses menaklukkan penjagaan Casilla.

Enam menit kemudian, Shakhtar kembali menjebol gawang Casilla. Dari situasi tendangan sudut, Dentinho yang berada dalam posisi bebas dengan mudah menanduk bola untuk menjadikan skor 2-4.

Madrid dalam bahaya. Shakhtar mencetak gol ketiganya pada dua menit sebelum waktu normal berakhir. Dalam kepungan pemain Madrid di dalam kotak penalti, Teixeira melepaskan tembakan mendatar yang menembus gawang El Real. Shakhtar 3, Madrid 4.



Susunan Pemain

SHAKHTAR DONETSK: Pyatov, Ordets, Rakitskiy, Azevedo, Stepanenko, Fred, Bernard, Marlos (Taison 62'), Kobin, Alex Teixeira, Gladkiy (Ferreyra 74').

REAL MADRID: Casilla, Varane (Danilo32'), Pepe, Nacho, Carvajal, Casemiro, Kovacic, Modrić (Kroos 62'), Isco, Bale (Benzema 71'), Ronaldo

Berita Terkait: