West Ham 2-1 Chelsea (24/10/2015)

Senin, 26 Oktober 2015

Kartu merah untuk Nemanja Matic mewarnai jalannya laga West Ham United versus Chelsea. West Ham sukses mengalahkan sang juara bertahan dengan skor 2-1.

Pada pertandingan di Boleyn Ground, London, Sabtu (24/10/2015), West Ham yang bertindak sebagai tuan rumah unggul lebih dulu. Mereka memimpin lewat tembakan Mauro Zarate di menit ke-17.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Chelsea yang tengah tertinggal kehilangan Matic. Matic tak bisa lebih lama di atas lapangan karena menerima kartu kuning kedua.

Meski kalah jumlah pemain, Chelsea ternyata bisa menyamakan kedudukan. Tembakan Gary Cahill mengubah skor jadi 1-1.

Akan tetapi, Chelsea akhirnya pulang dengan tangan hampa. Gol Andy Carroll pada menit ke-79 menjadi penentu kemenangan West Ham sekaligus memberi kekalahan kelima untuk Chelsea pada musim ini.

Dengan hasil ini, West Ham naik ke posisi kedua klasemen Premier League dengan 20 poin dari sepuluh laga. Chelsea terpuruk di posisi ke-15 dengan 11 poin.

Kedua tim tampak bermain hati-hati pada menit-menit awal. Pertarungan banyak terjadi di lini tengah. Nyaris tak ada peluang bersih yang tercipta.

Peluang bersih pertama didapat West Ham pada menit ke-17. Dari situasi tendangan bebas, eksekusi Dimitri Payet mengarah ke gawang Chelsea, tapi masih bisa ditinju oleh kiper Asmir Begovic. Sepak pojok untuk West Ham.

Dari sepak pojok itulah, West Ham mampu memecahkan kebuntuan. Barisan belakang Chelsea gagal menyapu bola hasil sepak pojok dan si kulit bundar mengarah ke Zarate. Zarate langsung melepaskan tembakan first time yang mengarah ke tiang dekat dan tak bisa dijangkau Begovic. Tim tuan rumah unggul 1-0.

Chelsea mendapatkan peluang bagus untuk menyamakan skor pada menit ke-33. Willian mengeksekusi sebuah tendangan bebas dan tembakannya mengarah ke gawang. Tapi, kiper West Ham, Adrian, masih bisa mementahkan bola hasil tembakannya.

Chelsea nyaris menyamakan kedudukan beberapa saat kemudian. Sundulan Kurt Zouma meneruskan sepak pojok Cesc Fabregas sudah melaju ke arah gawang. Adrian tak mampu menghentikannya, tapi masih ada Manuel Lanzini yang menyapu si kulit bundar sebelum benar-benar masuk gawang.

West Ham berpeluang menambah keunggulannya pada menit ke-36. James Collins menyambut tendangan bebas Payet dengan sundulan, tapi Begovic masih bisa mengamankan gawang Chelsea.

Lanzini menyia-nyiakan kesempatan emas untuk membawa West Ham unggul dua gol tiga menit kemudian. Dia tinggal berhadapan dengan Begovic saat menerima umpan dari Payet. Tapi, penyelesaiannya malah melambung.

Dalam kondisi tertinggal, Chelsea malah mendapatkan masalah serius saat laga memasuki menit ke-44. Mereka kehilangan satu pemain setelah Matic diganjar kartu kuning kedua karena melanggar Diafra Sakho.

Hingga berakhirnya babak pertama, skor tak berubah. West Ham masih unggul 1-0. Chelsea harus tampil dengan 10 pemain di babak kedua.

Sejak awal babak kedua, Chelsea tidak didampingi oleh Jose Mourinho di pinggir lapangan. Mourinho diusir ke tribune penonton karena memprotes wasit. Chelsea pun makin tersudut.

Chelsea mulai bisa keluar dari tekanan setelah mereka menyamakan kedudukan pada menit ke-56 lewat gol Cahill. Diawali sebuah sepak pojok, Cahill yang naik membantu serangan menjebol gawang West Ham melalui tendangan voli jarak dekatnya. West Ham 1, Chelsea 1.

Empat menit kemudian, West Ham punya kans untuk unggul lagi. Tapi, tendangan voli Zarate dari depan kotak penalti bisa diamankan Begovic.

West Ham benar-benar unggul lagi ketika pertandingan berusia 79 menit. Carroll membawa tim tuan rumah memimpin 2-1 setelah sundulannya meneruskan umpan silang Aaron Cresswell tak bisa dihentikan Begovic.

Susunan Pemain
West Ham United: Adrian; Jenkinson, Tomkins, Collins, Cresswell; Noble (Ogbonna 90+2'), Kouyate; Zarate (Carroll 69'), Payet, Lanzini (Obiang 82'); Sakho

Chelsea: Begovic; Zouma, Cahill, Terry, Azpilicueta (Rahman 87'); Ramires (Falcao 82'), Matic; Willian, Fabregas (Mikel 46'), Hazard; Costa

Berita Terkait: