Sunderland 2-1 Chelsea (18/12/2013)

Kamis, 19 Desember 2013

Sunderland membuat kejutan besar di babak perempatfinal Piala Liga Inggris. Pada laga yang harus dituntaskan melalui perpanjangan waktu, The Black Cats mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1.

Bertanding di Stadium of Lights, Rabu (18/12/2013) dinihari WIB, Chelsea sebenarnya bisa mencetak gol lebih dulu melalui gol bunuh diri Lee Cattermole di awal babak kedua. Namun tuan rumah mampu bangkit menyamakan kedudukan setelah Fabio Borini mencetak gol balasan di menit 89.

Laga ini lantas berakhir dramatis, karena di periode perpanjangan waktu tuan rumah kembali mencetak gol saat laga sudah mendekati akhir. Tepatnya di menit 119 pemain asal Korea Selatan, Sung-Yueng Ki, sukses menjebol gawang The Blues melalui tendangan di dalam kotak penalti. Sunderland menang 2-1 dan berhak lolos ke semifinal.

Hasil ini menjadi kejutan besar di perempatfinal Piala Liga Inggris, mengingat Sunderland kini merupakan penghuni dasar klasemen Premier League. Sementara Chelsea duduk di posisi tiga dan dianggap sebagai kandidat kuat juara.

Chelsea mencoba menguasai penguasaan bola di awal pertandingan dan dengan sabar menggedor pertahanan Sunderland. Salah satu peluang awal yang mereka miliki adalah tendangan bebas dari jarak sekitar 32 meter, namun sepakan Andre Schurrle masih melayang tinggi di atas sasaran.

Meski lebih dominan, Chelsea tak mampu mengreasikan peluang matang untuk kemudian mencetak gol.

Di menit 31 kubu tuan rumah mengklaim penalti saat umpan yang coba dilepaskan Andrea Dossena mengenai lengan Cesar Azpilicueta. Wasit mengangap tidak ada pelanggaran dalam kejadian tersebut, Chelsea pun tak dihukum penalti.

Tak lama berselang sebuah serangan yang dibangun Chelsea juga gagal membuahkan hasil. Schurrle mengirim umpan pada Frank Lampard, dan oleh gelandang senior itu bola langsung diteruskan pada Willian. Tapi upaya tersebut juga tak membuahkan gol karena tendangannya masih melebar.

Kebuntuan akhirnya pecah di awal babak kedua. Laga barus berjalan satu menit gawang tuan rumah jebol akibat bunuh diri Lee Cattermole.

Empat menit kemudian Eto'o punya kesempatan menggandakan keunggulan timnya, namun tendangan yang dia lepaskan masih melebar setelah berhasil memenangi perebutan bola dengan Craig Gardner. Berikutnya, Eto'o setidaknya dua kali mengirim umpan pada Lampard. Tapi pada dua kesempatan tersebut sepakan Lampard masih melayang di atas sasaran.

Sunderland bukannya tidak punya kesempatan. Di menit 69 tendangan Lee Cattermole dari luar kotak penalti masih bisa ditangkan kiper Mark Schwarzer.

Di menit-menit berikutnya laga berpihak kepada Chelsea karena mereka kembali mampu menguasai permainan. Namun saat The Blues sepertinya akan keluar sebagai pemenang, mimpi buruk datang. Hanya satu menit sebelum waktu normal tuntas, gol penyama tuan rumah datang.

Adalah Borini yang memaksa laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Tendangan yang dia lepaskan menerobos masuk ke gawang melewati celah di antara kaki David Luiz. Skor kini sama kuat 1-1.

Pada perpanjangan waktu, tepatnya menit 114, Sunderland punya peluang emas membalikkan keadaan. Menyongsong umpan yang dilepaskan Larsson, tandukan Sung-Yueng Ki bisa ditepis Schwarzer menggunakan satu tangannya. Nyaris saja gawang The Blues kembali jebol.

Gol! Sunderland mencetak gol keduanya dan membalikkan keadaan saat laga tinggal tersisa dua menit.

Sung-Yueng Ki membawa Sunderland unggul 2-1. Menerima bola dari Borini di dalam kotak penalti, pesepakbola asal Korea itu berhasil melepaskan tembakan mendatar ke sudut kanan bawah gawang tanpa bisa dihau kiper Schwarzer.

Dengan hanya ada sekitar dua menit waktu tersisa, Chelsea tak mampu mencetak gol penyama. Skuat besutan Jose Mourinho pun tersingkir di perempatfinal Piala Liga Inggris, sementara Sunderland menyusul Manchester City yang lebih dulu memastikan langkah ke empat besar.

Susunan Pemain
Sunderland: Vito Mannone, Andrea Dossena, Wes Brown, Ondrej Celustka, John O'Shea, Sebastian Larsson, Craig Gardner, ('63 Ki Sung-Yueng), Adam Johnson, ('74 Fabio Borini), Emanuele Giaccherini ('120 Phillip Bardsley), Lee Cattermole, Jozy Altidore

Chelsea: Mark Schwarzer, Ashley Cole, David Luiz, Gary Cahill, Cesar Azpilicueta, ('70 Michael Essien), Frank Lampard, John Mikel Obi, Andre Schrrle ('83 Eden Hazard), Kevin De Bruyne, Willian, Samuel Eto'o ('74 Demba Ba)

Berita Terkait: