Bayern Munich 3-1 CSKA Moskow (28/11/2013)

Kamis, 28 November 2013

Laju kemenangan Bayern Munich terus berlanjut. Bertandang ke markas CSKA Moskow, juara bertahan Liga Champions ini memetik kemenangan dengan skor akhir 3-1.

Pada pertandingan di Arena Khimki yang berakhir Kamis (28/11/2013) dinihari WIB, Bayern sempat unggul 2-0 lewat gol Arjen Robben dan Mario Goetze.

CSKA lantas memperkecil kedudukan setelah Keisuke Honda mengeksekusi hadiah penalti. Tapi tidak lama kemudian, Bayern turut memperoleh hadiah penalti dan sukses dikonversi Thomas Mueller guna memastikan kemenangan.

Dengan tiga poin tambahan yang dibawa pulang, Die Roten masih memuncaki klasemen Grup D dengan 15 poin dari lima laga. CSKA ada di urutan ketiga dengan tiga poin.

Klub Bavaria ini akan memastikan diri sebagai juara grup apabila rival terdekatnya, Manchester City terpeleset saat menghadapi Viktoria Plzen dalam laga yang akan dilangsungkan beberapa saat lagi.

Bayern seperti biasa mendominasi penguasaan bola. Di menit keempat, tim tamu menebar ancaman pertama dengan sepakan Toni Kroos walau masih melenceng jauh dari gawang Igor Akinfeev.

Lima menit berselang, CSKA merespons. Dari sepak pojok, Sergei Inashevich melepaskan sundulan yang berhasil diamankan Dante di garis gawang.

Bayern akhirnya membuka skor di menit ke-17. Thomas Mueller mengirim umpan tarik di sisi kiri, diterima Robben yang memaksimalkannya dengan tendangan first time untuk menjebol gawang CSKA. Skor 1-0 untuk Bayern.

Di menit ke-35, Bayern memperoleh tendangan bebas. Bola sepakan Robben diarahkan kepada Dante yang tidak terkawal. Namun, bek Brasil itu gagal menjangkau bola.

Enam menit kemudian, Bayern kembali memperoleh peluang. Mario Goetze mengirim umpan lambung mata dari sisi kiri, tapi bola terlalu tinggi buat Mueller sehingga bisa diamankan Akinfeev.

Memasuki injury time, CSKA nyaris menyamakan kedudukan. Umpan terukur Keisuke Honda jatu dijalur Ahmed Musa di depan gawang. Sejumlah pemain Bayern membayangi Musa dan tembakannya pun bisa ditangkap Neuer.

Dua menit pasca turun minum, CSKA kembali memperoleh kesempatan emas. Lolos dari jebakan offside usai menerima umpan panjang Akinfeev, Honda berdiri bebas dan tinggal berhadapan dengan kiper. Tapi belum bisa melewati Neuer.

Honda melewatkan sebuah peluang emas lagi. Di menit ke-50, umpan silang mendatar dari kanan diteruskan Honda dengan tendangan di depan gawang. Tapi lagi-lagi masih bisa diantisipasi Neuer.

Ancaman Honda kembali hadir tiga menit kemudian. Umpan silang Musa ke tengah kotak diteruskan Honda dengan tendangan menyusur tanah nan kencang. Neuer masih bisa menghadang.

Bayern akhirnya menambah keunggulannya di menit ke-56. Di kotak penalti, Goetze melewati sejumlah defender lawan dan melepaskan tendangan kaki kiri yang sukses bersarang di pojok kiri bawah gawang CSKA. Bayern unggul 2-0 sekarang.

Lima menit berselang, gol yang ditunggu-tunggu CSKA akhirnya hadir juga. Hand ball yang dilakukan Dante membuat wasit tak ragu menunjuk titik putih dan Honda berhasil mengirim Neuer jatuh ke arah yang salah. CSKA 1, Bayern 2.

Akan tetapi, Bayern kembali mendapatkan keunggulan dua golnya empat menit kemudian, juga lewat penalti usai Robben dijegal di kotak terlarang. Maju sebagai eksekutor, Mueller sukses menjaringkan bola sekaligus membawa timnya memimpin 3-1.

CSKA belum menyerah dan hampir mencetak gol keduanya. Di menit ke-79, kerjasama Honda dan Goergi Milanov diakhiri dengan sepakan Zoran Tosic yang mengenai mistar gawang Bayern.

Robben nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-87. Menusuk di sisi kanan kotak, sepakan kaki kiri winger Belanda tersebut dihalau Akinfeev.

Set piece berbahaya CSKA di masa injury time. Rasmus Elm melepaskan tendangan bebas yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang Bayern dan Neuer bisa menyelamatkan gawangnya.

Susunan Pemain:
CSKA MOSCOW: Akinfeev, Shchennikov, Ignashevich, Bereztusky, Nababkin, Tosic, Milanov (Vitinho 90), Honda, Wernbloom, Zuber (Elm 68), Musa (Bazelyuk 80)

BAYERN MUNICH: Neuer, Rafinha, Boateng, Dante, Alaba, Lahm (Thiago 28), Martinez (Kirchoff 80), Robben, Kroos, Mueller, Goetze (Green 88)

Berita Terkait: