West Bromwich Albion 5-5 Manchester United (19/5/2013)

Senin, 20 Mei 2013

Laga perpisahan Sir Alex Ferguson dengan Manchester United berakhir dengan kurang manis. Dihiasi drama 10 gol, The Red Devils bermain seri 5-5 dengan tuan rumah West Bromwich Albion.

Pada babak pertama di The Hawthorns, Minggu (19/5/2013) malam WIB, MU mampu unggul dengan skor 3-1. Gol-gol 'Setan Merah' disumbangkan oleh Shinji Kagawa, satu gol bunuh diri Jonas Olsson, serta satu gol lagi tercatat atas nama Alexander Buttner. Sementara satu gol balasan West Brom dikemas oleh James Morrison lima menit menjelang turun minum.

MU langsung unggul cepat saat pertandingan baru berjalan enam menit. Javier Hernandez mengirim umpan silang dari sisi sayap kanan, yang berhasil disambut dengan sundulan Kagawa yang menghujam deras ke gawang Ben Foster.

Tiga menit berselang, MU menggandakan keunggulan. Kali ini berkat gol bunuh diri Olsson yang salah mengantisipasi bola crossing Antonio Valencia.

MU kembali menjauh setelah Buttner membobol gawang West Brom saat laga berjalan setengah jam. Mendapatkan bola sodoran dari Tom Cleverly, Buttner menusuk dari sayap kiri lalu melepaskan sepakan keras dengan kaki kiri. MU unggul 3-0.

Tertinggal tiga gol, West Brom mampu memperkecil ketertinggalan di menit 40. Gol itu tercatat atas nama Morrison usai menyambar umpan Graham Dorrans. Di Di lima menit waktu tersisa tidak ada lagi gol tambahan, MU unggul 3-1 saat turun minum.

Empat menit setelah restart, West Brom mampu memperkecil ketertinggalan usai Romelu Lukaku mencetak gol. Dia yang masuk menggantikan Liam Ridgewell di awal babak kedua mampu membobol gawang Anders Lindegaard lewat satu tendangan pelan terarah dari luar kotak penalti ke pojok kiri bawah gawang MU. Skor jadi 3-2.

MU langsung bereaksi dengan gol kedua tuan rumah. Robin van Persie mampu mencetak gol ke-26 di Premier League musim ini.

Gol Van Persie di menit 53 itu dibidani oleh Valencia dari sisi sayap kanan. Striker timnas Belanda itu mampu menyambar bola sodoran Valencia yang membobol gawang Ben Foster untuk keempat kali.

Perubahan strategi Fergie di menit 60 dengan memasukan Ryan Giggs berbuah manis. Gelandang veteran itu menjadi otak gol kelima MU tiga menit berselang.

Giggs mendapatkan umpan terobosan dari Kagawa, lalu melakukan crossing ke jantung pertahanan West Brom. Hernandez yang lolos dari penjagaan Olsson dengan mudah memasukan bola ke gawang.

Paul Scholes mendapatkan kesempatan untuk memaninkan laga terakhirnya sebelum gantung sepatu di akhir musim ini. Dia dimasukan Fergie menggantikan Kagawa di menit 69.

Lukaku membawa West Brom memperkecil kedudukan di menit 80. Dia menaklukan Lindegaard dengan sepakan dari jarak dekat.

Semenit berselang, Youssuf Mulumbu mencetak gol hingga West brom pun memperkecil kedudukan menjadi 5-4. Gol itu berawal dari umpan silang Billy Jones.

Fergie lantas melakukan perubahan Lini belakang di menit 81. Rio Ferdinand masuk menggantikan Jonathan Evans.

Lukaku menjadi mimpi buruk bagi Lindegaard. Dia mencetak hat-trick di menit 85. West Brom pun membuat kedudukan kembali sama kuat 5-5.

Di sisa waktu pertandingan tidak ada lagi gol tambahan skor 5-5 tetap tak berubah. Dengan hasil seri ini, MU pun mengumpulkan 89 di klasemen akhir. Sementara ada di posisi delapan dengan raihan 49 angka.

Susunan Pemain
West Brom: Foster, Olsson, Ridgewell (Lukaku 45), McAuley, Jones, Yacob, Morrison (Fortune 79), Brunt, Dorrans, Mulumbu, Long (Rosenberg 79)

Manchester United: Lindegaard, Jones, Evans, Valencia, Buttner, Anderson, Hernandez, Carrick, Cleverley (Giggs 63), Kagawa (Scholes 69), Van Persie

Berita Terkait: