Pedrosa Menangi GP Le Mans (19/5/2013)

Senin, 20 Mei 2013

Balapan seru tersaji di MotoGP Prancis dengan Dani Pedrosa muncul sebagai pemenang. Cal Crutchlow memperoleh podium pertamanya dengan finis kedua dan Marc Marquez di urutan ketiga.

Berkat kemenangan ini, Pedrosa menduduki pucuk klasemen dengan perolehan 83 poin, menggeser Marquez yang kini mengoleksi 77 poin. Lorenzo ada di posisi ketiga dengan 66 poin.

Pada balapan di sirkuit Le Mans, Minggu (19/5/2013) malam WIB, Marquez yang meraih pole justru tercecer di papan tengah sementara Andrea Dovizioso beberapa lama menguasai posisi terdepan sebelum direbut Pedrosa.

Crutchlow perlahan namun pasti memberikan tekanan kepada Dovizioso sukses melewati Valentino Rossi sebelum mengambil alih posisi Dovizioso yang dipertahankan sampai akhir.

Nasib kurang beruntung diterima oleh duo Yamaha. Jorge Lorenzo yang di awal menghuni posisi dua justru mengakhiri balapan di papan tengah setelah disalip oleh lawan-lawannya sedangkan Rossi mengalami kecelakaan.

Menjelang akhir balapan, Marquez yang semakin kencang berhasil menyodok ke deretan terdepan sebelum akhirnya sukses menyalip Dovizioso untuk naik podium.

Andrea Dovizioso langsung mengambil alih pimpinan lomba, diikuti Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Marc Marquez gagal mempertahankan posisinya dan melorot ke posisi delapan dan Valentino Rossi kelima.

Di lap kedua, Rossi berhasil menyalip Stephan Bradle dan menempati posisi keempat.

Pedrosa memperpendek jarak dan menyalip Lorenzo untuk membuntuti Dovizioso di urutan kedua. Posisi lap ketiga, Dovizioso, Pedorosa, Lorenzo, Rossi dan Bradl.

Pedrosa! Akhirnya pebalap Spanyol itu berada di posisi terdepan setelah melewati Dovizioso di lap keempat. Duo Yamaha, Lorenzo dan Rossi di urutan ketiga dan keempat. Sementara Cal Cruthlow kini ada di urutan kelima.

Di lap kedelapan, duel ketat antara Pedrosa dan Dovizioso. Kedua pebalap itu saling menyalip namun Dovizioso masih berhasil mempertahankan posisi terdepan.

Rossi! Pebalap veteran ini menyalip Lorenzo untuk menduduki posisi tiga. Malang bagi pebalap Spanyol ini karena disalip oleh Cruthclow dan kemudian Nicky Hayden.

Posisi di lap kesembilan: Dovizioso, Pedrosa, Rossi, Crutchlow, Hayden dan Bradle. Lorenzo ketujuh di depan Marquez.

Pedrosa kembali merebut posisi terdepan dari tangan Dovizioso di lap kesepuluh. Marquez mendekati Lorenzo dengan jarak 0,888 detik.

Di lap ke-12, Marquez akhirnya menyalip Lorenzo dan menduduki posisi ketujuh. Satu lap berikutnya, posisi tujuh kembali ke tangan Lorenzo dan Dovizioso kembali memimpin balapan.

Crutchlow yang beberapa kali mencatatkan waktu lap tercepat akhirnya memangsa Rossi di lap ke-13 dengan merebut posisi ketiga. Pedrosa lagi-lagi menyalip Dovizioso.

Petaka bagi Lorenzo. Sang juara bertahan kembali turun ke posisi delapan setelah dilewati Marquez di lap ke-14 dan kini didekati oleh Alvaro Bautista yang ada di belakangnya.

Di lap ke-16, Lorenzo harus turun ke posisi sembilan setelah disalip Bautista. Di posisi terdepan, Pedrosa melebarkan jarak dengan Dovizioso dengan selisih lebih dari dua detik.

Sial bagi Bradle dan Rossi. Kedua pebalap itu mengalami kecelakaan dan jatuh hingga ke gravel saat balapan menyisakan 11 lap.

Posisi lima besar di lap ke-20: Pedrosa, Dovizioso, Cruthlow, Hayden dan Marquez. Bautista keenam, Lorenzo ketujuh dan Pirro kedelapan.

Di sisa tujuh lap, Pedrosa kini berjarak lebih dari sembilan detik dari Dovizioso yang dibayangi ketat oleh Crutchlow. Duo crash, Bradle dan Rossi ada di posisi 10 dan 12.

Marquez memperbaiki posisinya di lap ke-23 dengan melewati Hayden. Di lap ke-24, Crutchlow yang terus-menerus membayangi Dovizioso sukses menembus peringkat kedua!

Marquez! Di lap ke-27 Marquez yang semakin kencang berhasil menyalip Dovizioso. Honda menguasai tiga besar sekarang dengan Pedrosa masih terdepan.

Pedrosa melintasi garis finis tanpa gangguan. Sedangkan Crutchlow berhasil mengamakan posisinya dari ancaman Marquez. Dovizioso finis keempat diikuti Hayden, Bautista dan Lorenzo. Rossi finis ke-12.

Hasil Lengkap MotoGP Prancis
1. Dani Pedrosa Honda 49m17.707s
2. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha + 4.863s
3. Marc Marquez Honda + 6.949s
4. Andrea Dovizioso Ducati + 10.087s
5. Nicky Hayden Ducati + 18.471s
6. Alvaro Bautista Gresini Honda + 23.561s
7. Jorge Lorenzo Yamaha + 27.961s
8. Michele Pirro Ducati + 40.775s
9. Bradley Smith Tech 3 Yamaha + 41.407s
10. Stefan Bradl LCR Honda + 1m00.995s
11. Andrea Iannone Pramac Ducati + 1m05.110s
12. Valentino Rossi Yamaha + 1m16.368s
13. Aleix Espargaro Aspar Aprilia + 1m24.200s
14. Danilo Petrucci Ioda-Suter-BMW + 1m25.726s
15. Karel Abraham Cardion Aprilia + 1m32.111s
16. Colin Edwards Forward FTR-Kawasaki + 1m40.602s
17. Michael Laverty Paul Bird PBM-Aprilia + 1 lap
18. Hiroshi Aoyama Avintia FTR-Kawasaki + 1 lap
19. Hector Barbera Avintia FTR-Kawasaki + 1 lap

Tidak Finis:
Yonny Hernandez Paul Bird Aprilia 8 laps
Randy de Puniet Aspar Aprilia 13 laps
Lukas Pesek Ioda-Suter-BMW 13 laps
Claudio Corti Forward FTR-Kawasaki 21 laps
Bryan Staring Gresini FTR-Honda 27 laps

Berita Terkait: