Kalahkan Chelsea, Swansea Maju ke Final Piala Liga Inggris (24/1/2013)

Kamis, 24 Januari 2013

Swansea City maju ke final Piala Liga Inggris setelah menyingkirkan Chelsea dengan agregat 2-0, menyusul hasil imbang 0-0 dalam partai leg II babak semifinal.

Di Liberty Stadium, Kamis (24/1/2013) dinihari WIB, kedua kesebelasan sama-sama tidak kuasa menjebol gawang lawannya selama 2x45 menit.

Chelsea, yang kalah dua gol tanpa balas dalam leg I di Stamford Bridge pada 9 Januari lalu, bahkan harus menyudahi laga minus satu pemain setelah Eden Hazard dikartu merah pada menit 80.

Hasil itu membuat Swansea maju ke final Piala Liga Inggris untuk berhadapan dengan Bradford City yang lolos ke partai puncak usai melewati Aston Villa. Partai final akan dihelat di Wembley pada 24 Februari mendatang.

Ketangguhan Cech di bawah mistar gawang Chelsea diuji pada menit sembilan. Bola dioper Britton ke Routledge dan kemudian Michu. Nama terakhir melepaskan tembakan keras ke gawang Chelsea, memaksa Cech meregangkan tubuh untuk menepisnya.

Ramires berusaha melepaskan tembakan spekulasi pada menit 25. Bola meluncur ke gawang Swansea, meski belum menyulitkan Tremmel.

Lima menit kemudian Chelsea menekan lagi, kali ini diawali oleh operan Hazard ke Mata. Tetapi bola masih bisa diblok barisan belakang Swansea.

Enam menit memasuki babak kedua, Ba berusaha melepaskan tembakan dari jarak 18 meter ke arah gawang. Bola belum tepat ke bidang sasaran.

Penyelamatan dilakukan Tremmel ketika pertandingan memasuki menit 73. Mata memberikan bola ke Ba yang lalu melepaskan tembakan ke arah tiang jauh. Tremmel bereaksi dengan sigap dan menangkap bola.

Hazard terlibat kontroversi pada menit 78 setelah ia menendang ball boy di tepi lapangan ketika berusaha mengambil bola. Wasit lalu mengartu merah Hazard pada menit 80 dan Chelsea pun mesti tampil dengan 10 pemain.

Unggul jumlah pemain, Swansea menekan di menit injury time. Michu mengoper ke Ki yang kemudian mengirim bola ke Dyer. Bola lalu ia sepak kendati bola masih bisa diblok.

Susunan Pemain
SWANSEA: Tremmel, Rangel, Williams, Chico, Davies, Britton, de Guzman, Ki, Routledge (N. Dyer 65'), Hernandez, Michu

CHELSEA: Cech, Azpilicueta, Ivanovic (Luiz 68'), Cahill, A. Cole (Bertrand 86'), Ramires, Lampard, Mata, Oscar (Torres 81'), Hazard, Ba

Berita Terkait: