Watford 3-0 Liverpool (20/12/2015)

Senin, 21 Desember 2015

Liverpool pulang dari markas Watford dengan kekalahan telak 0-3. Watford selaku tuan rumah sudah unggul dua gol di 15 menit awal lalu menambah gol di menit-menit akhir.

Sebuah kesalahan dari Adam Bogdan di menit-menit awal pertandingan, Minggu (20/12/2015) malam WIB, membuat Watford langsung memimpin di Vicarage Stadium. Memasuki menit ke-15 keunggulan tuan rumah ditambah oleh Odion Ighalo.

Liverpool tampil lebih agresif di babak kedua, tapi sebaliknya beberapa kali memperlihatkan kerapuhan di lini belakang. Itu dimanfaatkan Ighalo untuk mencetak gol keduanya dalam laga usai menyambut umpan Valon Behrami.

Dengan hasil tersebut Watford kini merangkai empat kemenangan beruntun dan sekarang menempati posisi tujuh papan klasemen Premier League dengan 28 poin.

Sementara Liverpool sebaliknya sudah tanpa kemenangan di empat pertandingan pada seluruh kompetisi selepas pesta gol 6-1 atas Southampton dalam ajang Piala Liga Inggris di awal bulan. Dengan 24 poin, Liverpool menempati peringkat sembilan klasemen Premier League.

Watford unggul cepat atas Liverpool. Berawal dari sepak pojok, kiper Adam Bogdan melompat untuk menangkap bola tapi tangkapannya tidak lengket. Si kulit bundar yang terlepas langsung disodok Nathan Ake untuk menjebol gawang Liverpool di menit ke-3.

Tuan rumah kemudian menekan lagi. Sebuah sodoran bola mengarah ke pertahanan Liverpool walaupun Martin Skrtel mampu menghalaunya dengan susah payah.

Setelah itu Liverpool gantian mengancam di menit ke-9. Penetrasi awal dilakukan Adam Lallana, sebelum kemudian Nathaniel Clyne mampu menyepak bola. Ada Ake yang melakukan blok untuk Watford.

Semenit berselang Philippe Coutinho menerima bola sedikit di luar kotak penalti lawan. Dengan apik ia menghindari lawan seraya mencari ruang tembak. Setelah itu Coutinho pun menembak walaupun Heurelho Gomes masih dapat mengamankan.

Memasuki menit ke-15, Odion Ighalo mengejar sebuah umpan ke arah pertahanan Liverpool dengan dibayangi Skrtel. Memenangi duel di sisi kiri dari arah gawang Liverpool, Ighalo menendang bola yang meluncur melewati Skrtel dan tak kuasa dijangkau Bogdan. Dari sudut sempit, bola masuk ke dalam gawang di tiang jauh untuk membuat tuan rumah unggul 2-0.

Memasuki menit ke-33, gawang Liverpool dilanda kemelut. Bogdan meninju bola yang mengarah ke gawangnya, tapi si kulit bundar malah memantul balik ke gawangnya usai membentur pemain lain. Untung buatnya masih ada Skrtel yang membantu. Tak lama setelah itu barulah Bogdan melakukan penyelamatan lebih baik dengan melakukan tepisan.

Dua menit sebelum turun minum Watford melakukan sepak pojok. Bola mengarah ke tiang dekat dan kali ini Bogdan mampu menepis bola menjauhi gawangnya.

Liverpool memulai babak kedua dengan langsung menebar ancaman. Di menit ke-47, Divock Origi yang masuk jadi pemain pengganti sebelum turun minum masih mampu melepaskan tembakan walaupun dibayangi tiga pemain lawan. Bola masih dapat diamankan kiper.

Tiga menit berselang Roberto Firmino mendapat bola hasil dari umpan lambung di sisi kanan arah gawang pada posisi menjanjikan. Tetapi hakim garis mengangkat bendera karena menganggapnya terjebak offside. Setelah itu Jordan Henderson berhasil mendapat ruang dan kemudian menguasai bola di sisi kanan walaupun kemudian umpan silangnya ke depan gawang dapat diantisipasi Gomes.

Di menit ke-59 Ighalo merepotkan barisan belakang Liverpool, pertama lewat aksinya di sisi kanan arah gawang dan kemudian melalui kiriman bolanya ke depan gawang. Adam Lallana mendorong bola keluar lapangan sembari terduduk di atas lapangan.

Mamadou Sakho terjatuh ketika coba mengantisipasi umpan terobosan Watford, membuat Ighalo berdiri bebas untuk menerima bola di menit ke-63. Ia tinggal berhadapan dengan Bogdan, walaupun sontekannya kali ini mampu ditepis sang kiper Liverpool dengan solid.

Dua menit kemudian ganti kiper di sisi lapangan lain yang membuat penyelamatan apik. Gomes menepis bola hasil tendangan keras Henderson di depan gawangnya. Memasuki menit ke-71 Gomes kembali beraksi dengan menepis tendangan keras Emre Can.

Watford menambah keunggulan atas Liverpool di menit ke-85. Valon Behrami yang masuk sebagai pemain pengganti beberapa saat sebelumnya mengirim umpan silang jitu untuk ditanduk Oghalo ke dalam gawang Liverpool.


Susunan Pemain

Watford: Gomes; Nyom, Cathcart, Britos, Ake; Abdi (Behrami 80'), Watson, Capoue, Jurado (Anya 76'); Ighalo (Guedioura 88'), Deeney.

Liverpool: Bogdan; Clyne, Skrtel (Origi 41'), Sakho, Moreno; Henderson, Lucas, Can; Lallana (Ibe 74'), Coutinho, Firmino (Benteke 74').

Berita Terkait: