Arsenal 0-2 Bayern Munich (20/2/2014)

Kamis, 20 Februari 2014

Unggul pemain sejak babak pertama, Bayern Munich berhasil memanfaatkan kesempatan tersebut dan berhasil menciptakan dua gol tandang berharga untuk leg kedua. Gol-gol diciptakan oleh Tony Kroos dan Thomas Muller pada babak kedua ke gawang Arsenal yang bermain di depan pendukungnya sendiri, di Emirates Stadium.

Atas hasil ini, Per Mertesacker dkk harus mencetak tiga gol tanpa balas untuk lolos ke perempatfinal. Sementara Die Roten hanya perlu bermain imbang, kala menjamu Arsenal di leg kedua, Allianz Arena.

Sejak Kick Off, Arsenal yang memasang Yaya Sanogo sebagai bomber utama pada pertandingan ini memulai inisiatif serangan dengan tempo tinggi. Namun justru tim tamu, Bayern yang mendapat peluang melalui Tony Kross.

Pemain yang diincar Manchester United ini, melakukan tendangan keras dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti. Tepat menuju pojok kiri atas gawang Arsenal, namun Wojciech Szczesny terbang mengamankan gawang untuk tendangan sudut.

Menit keenam Manuel Neuer ganti melakukan penyelamatan gemilang dengan refleknya. Sanogo yang dijaga ketat bek Die Roten, mampu mengejutkan Neuer dengan tendangannya. Namun bola masih dapat diselamatkan.

Nyaris! Arsenal membuat gol pembuka pada babak pertama ini. Namun kembali, Neuer melakukan penyelamatan atas tendangan titik putih, Mesut Ozil. Seakan tahu bagaimana Ozil mengarahkan bola, Neuer menggerakkan tangan kanannya, menepis tendangan Ozil yang mengarah ketengah. Skor 0-0 tetap untuk kedua tim.

Penalti sendiri terjadi akibat pergerakan playmaker Jerman tersebut di sisi kanan kotak penalti Bayern. Jerome Boateng ‘terpaksa’ menjatuhkannya yang membuat wasit Nicola Rizzoli menunjuk titik putih.

Hingga menit 20, Philip Lahm dkk mendominasi permainan dengan persentase 57-43, disinyalir UEFA. Dominasi yang menjadi ciri khas permainan Jose ‘Pep’ Guardiola. Sementara Meriam London bermain efektif dengan serangan-serangan cepat yang berkali-kali merepotkan pertahanan Bayern.

Mario Mandzukic mendapatkan peluang di menit 26. Berawal dari tendangan bebas, pemain berpaspor Kroasia ini berhasil menyundul bola, namun sayang masih melebar jauh dari gawang Arsenal.

Menit 34, Arjen Robben mendapatkan peluang. Mendapatkan umpan dari David Alaba yang bebas di sisi kanan pertahan Arsenal. Robben berhasil melakukan tendangan, namun barisan bertahan The Gunners masih sanggup membloknya.

Minggu ini sepertinya bukan minggu yang baik bagi klub-klub Inggris di ajang Liga Champion. Setelah kemarin Manchester City yang mendapatkan kartu merah, kali ini Arsenal juga mendapatkannya. Adalah Szczesny yang menjadi aktornya kali ini.

Melanggar Robben yang datang dari lini kedua, penjaga gawang Polandia tersebut berusaha memotong bola. Namun sayang untuknya, ia terlebih dahulu melanggar Robben yang berbuah penalti.

Penalti dilakukan Alaba. Namun sayang, bola masih menerpa mistar gawang Fabianski tepat di pojok kanan. Skor tidak berubah 0-0 yang bertahan hingga turun minum, kedua tim tak mampu mengkonversi gol dari titik putih dengan baik.

Babak kedua dimulai, Bayern yang unggul jumlah pemain, semakin mendominasi permainan. Sementara anak asuh Arsene Wenger hanya sesekali melakukan serangan, mengandalkan kecepatan dan kepercayaan diri Alex Oxlade Chamberlain yang bermain baik pada babak pertama.

Namun justru The Gunners yang mendapatkan peluang di menit 50. Berawal dari tendangan bebas, Laurent Koscielny berhasil mendapatkan bola, melakukan tendangan. Namun bola masih pelan datangnya dan mampu ditangkap Neuer yang tampil baik.

Mendominasi permainan, gol yang ditunggu pun datang untuk skuad Guardiola. Kembali, Kroos menjadi momok untuk Arsenal setelah golnya musim lalu di ajang yang sama. Kali ini ia melesakkan gol cantik dengan sepakan kaki kanannya, hasil umpan Philip Lahm. Bola melengkung deras tepat di pojok kiri gawang Fabianski. 1-0 gol tandang untuk Die Roten.

Menit 62, eks Borussia Dortmund, Mario Gotze mendapatkan peluang melalui sundulan kepalanya. Mengungguli Koscielny, Gotze melompat menyundul bola. Namun bola masih lemah datangnya dan dapat ditangkap oleh Fabianski.

Thomas Muller yang masuk menggantikan Mandzukic pada pertandingan ini, memperbesar keunggulan untuk Die Roten. Menyambut umpan lambung yang disodorkan skipper tim, Lahm. Muller menyundul bola ke pojok kiri gawang dan Fabianski tidak dapat meraihnya. 2-0 gol tandang Bayern bertambah dan bertahan hingga habis pertandingan.

Susunan Pemain
Arsenal: Wojciech Szczesny, Bacary Sagna, Per Mertesacker, Laurent Koscielny, Kieran Gibbs (Monreal 30’), Jack Wilshere, Mesut Özil, Oxlade-Chamberlain (Tomas Rosicky 72’), Santi Cazorla (Lukasz Fabianski 38’), Mathieu Flamini, Yaya Sanogo.

Bayern Munich: Manuel Neuer, Jerome Boateng, Dante, Philip Lahm, Thiago Alcántara (Claudio Pizzaro 78’), Javi Martínez, Arjen Robben, Mario Götze, David Alaba, Tony Kroos, Mario Mandzukic (Muller 63’).

Berita Terkait: