AC Milan 0-1 Atletico Madrid (20/2/2014)

Kamis, 20 Februari 2014

AC Milan kecolongan! Ya, anak-anak asuhan Clarence Seedorf ini gagal memanfaatkan laga di San Siro dengan baik, setelah menyerah 0-1 dari Atletico Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Satu-satunya gol tercipta melalui sundulan Diego Costa pada menit ke-83.

Menjamu Atletico, pelatih Clarence Seedorf tak bisa menurunkan beberapa pemain andalannya, seperti Robinho. Namun pria asal Belanda itu masih bisa menurunkan Mario Balotelli yang ditemani Kaka dan Adel Taarabt di lini depan.

Milan mengambil inisiatif serangan dan pada menit ke-10, Balotelli mendapatkan peluang pertamanya melalui set piece dari sisi kiri pertahanan Atletico. Namun tendangannya masih melenceng ke samping gawang, Atletico yang dikawal Thibaut Courtois.

Tuan rumah terus mengurung pertahanan Atletico, hingga pertandingan menginjak usia 20. Namun saat memasuki area terlarang, praktis pertahanan tim tamu menunjukkan kesigapannya dalam menahan gempuran Milan.

Menit ke-25, Atletico coba keluar dari tekanan Milan. Melalui sisi kanan dan Juanfran melepaskan crossing yang mampu disambut dengan sundulan Raul Garcia, sayang bola jatuh ke pelukan Abbiati. Skor tetap 0-0.

Tepat setengah jam pertandingan berlangsung, aksi apik Balotelli yang memberikan umpan ke Kaka melalui backheel, nyaris saja membuat Milan unggul, andai tendangan Kaka tak terlalu melayang di atas gawang Courtois.

Menjelang turun minum, Balotelli coba menggedor lini pertahanan Atletico, namun menjelang masuk ke area terlarang, pemain berjuluk Super Mario itu harus dijatuhkan oleh Mario Suarez, yang harus mendapatkan kartu kuning akibat ulahnya.

Urby Emanuelson yang mengambil set piece mengirimkan bola ke jantung pertahanan, namun hanya menghasilkan sepak pojok, dan pertandingan babak pertama pun berakhir tanpa gol bagi kedua kesebelasan.

Atletico memulai babak kedua dengan mengambil alih ball possession, dan menit ke-52 upaya Diego Costa memberikan ancaman bagi Abbiati. Berawal dari umpan yang dilepaskan dari sayap kanan, topskor Los Colchoneros itu melakukan tendangan voli, yang masih melayang di atas gawang Abbiati.

Nampaknya Simeone memberikan perhatian lebih kepada Balotelli di pertandingan ini. Terbukti beberapa kali mantan pemain Manchester City itu selalu menjadi incaran permainan keras sang tamu. Ini juga upaya meminimalisir aksi Balo.

Menit ke-70 terjadi kemelut di depan gawang tim tamu, di mana Balo mendapatkan kesempatan mencetak gol. Sayang, bola keburu disapu oleh bek Atletico, sehingga aman lah gawang Courtois dari kebobolan.

Upaya para pemain Los Colchoneros untuk mematikan langkah Balo terbilang ampuh. Ya, pemain internasional Italia itu akhirnya ditarik keluar oleh Seedorf, lantaran mengalami cedera, yang merupakan buah dari permainan keras Atletico.

Milan kecolongan! Berawal dari sepak pojok yang diambil oleh Gabi, bola sempat disundul oleh Abate. Sayang bola jatuh ke Diego Costa yang langsung menyambutnya dengan sebuah sundulan. Bola pun menghujam gawang Milan yang tak mampu digapai oleh Abbiati. Milan tertinggal 1-0. Bagi Diego Costa, ini merupakan gol ke-27 sepanjang musim ini di semua ajang yang telah dimainkannya.

Waktu seakan berlari cepat bagi Milan yang ingin mengejar ketertinggalan mereka, peluang yang mereka dapatkan beberapa kali mengancam lini pertahanan Atletico. Namun tak ada gol yang tercipta, hingga skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu, bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain:
AC Milan: Abbiati; De Sciglio (Abate 26’), Rami, Bonera, Emanuelson; Essien, De Jong; Poli (Constant 85’), Kaka, Taarabt; Balotelli (Pazzini 78’)

Atletico Madrid: Courtois; Juanfran, Miranda, Godin, Insua; Arda Turan (Rodriguez 76’), Mario Suarez, Gabi, Koke; Raul Garcia (Lopez 80’); Diego Costa

Berita Terkait: