Aston Villa 3-2 Manchester City (28/9/2013)

Minggu, 29 September 2013

Manchester City meraih hasil negatif ketika berkunjung ke markas Aston Villa. Menguasai permainan, dua kali unggul, The Citizens akhirnya malah kalah dengan skor 2-3.

Tampil di Villa Park, Sabtu (28/9/2013), City benar-benar dominan. Statistik mencatat mereka unggul penguasan bola sampai 67 persen. Mereka juga melepaskan 21 tembakan dan tujuh di antaranya tepat sasaran. Sementara itu, Villa hanya melepaskan delapan tembakan dan empat yang mengarah ke gawang.

Pada babak pertama, City unggul 1-0 melalui gol Yaya Toure. Villa mampu menyamakan kedudukan lewat tembakan Karim El Ahmadi pada awal babak kedua.

City kembali memimpin berkat sundulan Edin Dzeko. Tapi, secara mengejutkan Villa mampu menghadirkan mimpi buruk untuk City lewat dua gol berturu-turut yang dicetak oleh Leandro Bacuna dan Andreas Weimann.

Dengan hasil ini, City turun ke urutan kelima klasemen sementara Premier League dengan koleksi 10 poin dari enam laga. Villa naik ke posisi kesembilan dengan sembilan poin.

City menebar ancaman pada menit ketiga. Aleksandar Kolarov yang menyisir sisi kiri lapangan mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. James Milner menyambutnya dengan tendangan first time, tapi masih melebar.

Villa bereaksi dua menit kemudian. Bacuna menjajal peruntungannya lewat tendangan jarak jauh, tapi arahnya masih melenceng.

Kombinasi Samir Nasri dan Dzeko pada menit kedelapan membahayakan gawang Villa. Nasri mengirim umpan terobosan yang bisa dijangkau Dzeko, tapi sontekan Dzeko bisa ditangkap kiper Brad Guzan.

Serangan balik City beberapa saat kemudian juga nyaris menghasilkan gol. Nasri yang menguasai bola di depan kotak penalti melepaskan tembakan, tapi tembakannya melenceng tipis karena membentur pemain lawan.

Memasuki menit ke-24, Villa mencoba menembus gawang City lewat bola mati. Namun, tendangan bebas El Ahmadi masih melambung.

Berselang lima menit, City kembali menciptakan peluang. Sempat terjadi kemelut di kotak penalti Villa, bola kemudian keluar area dan disambut Kolarov dengan tembakan keras. Tapi, arahnya masih melebar.

City nyaris mencetak gol pada menit ke-40. Bola sontekan Toure yang mengenai Guzan masih mengarah ke gawang, tapi ada Antonio Luna dan Libor Kozak yang mencegahnya masuk gawang.

Toure lagi-lagi meneror gawang Villa pada menit ke-44. Dia melepaskan tendangan jarak jauh, mengenai pemain Villa, dan hanya melenceng tipis dari gawang. Sepak pojok untuk City.

Dari sepak pojok itulah, City memecahkan kebuntuan. Sepak pojok Nasri dibelokkan Toure ke dalam gawang tanpa bisa dihentikan oleh Guzan.

Villa mampu menyamakan kedudukan enam menit setelah babak kedua dimulai. Memanfaatkan umpan Bacuna, El Ahmadi melepaskan tendangan ke tiang jauh yang menggetarkan gawang City.

Tapi, City langsung unggul lagi pada menit ke-56, lagi-lagi lewat tendangan sudut. Sundulan Dzeko meneruskan sepakan Nasri membuat gawang Villa jebol lagi.

Tak berselang lama, Alvaro Negredo nyaris membawa City unggul lebih jauh. Tapi, tendangan kerasnya masih mampu diantisipasi oleh Guzan.

Ron Vlaar yang ikut naik membantu serangan berusaha menyamakan kedudukan untuk Villa. Tapi, tendangannya yang sempat memantul ke tanah bisa diantisipasi oleh Joe Hart.

Villa bisa membuat skor jadi 2-2 pada menit ke-73. Pelanggaran Matija Nastasic terhadap Weimann membuat tim tuan rumah mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti City. Bacuna yang maju sebagai eksekutor bisa mengarahkan bola dengan sempurna ke sisi kiri gawang. Hart cuma terdiam melihat gawangnya jebol lagi.

Cuma berselang dua menit, Villa berbalik unggul 3-2. Dari tendangan Guzan, bola melewati dua bek tengah City dan bisa dikejar oleh Weimann. Sekali sentuh, Weimann memasukkan si kulit bundar ke dalam gawang.

Dalam kondisi tertinggal, City berusaha keras untuk menyamakan skor. Pemain pengganti Stevan Jovetic mendapatkan peluang, tapi dua tembakannya tak membuahkan gol karena diblok lawan dan ditangkap Guzan.

Hingga peluit panjang berbunyi, City akhirnya tak mampu memangkas ketertinggalan mereka. Aston Villa 3, Manchester City 2.

Susunan Pemain
Aston Villa: Guzan; Bacuna, Vlaar, Clark, Luna; El Ahmadi, Baker, Delph, Sylla; Weimann (Bowery 79'), Kozak

Manchester City: Hart; Zabaleta, Kompany, Nastasic, Kolarov; Nasri (Navas 66'), Fernandinho, Toure, Milner; Negredo, Dzeko (Jovetic 74')

Berita Terkait: