West Ham 1-2 Manchester United (14/4/2016)

Kamis, 14 April 2016

Manchester United maju ke semifinal Piala FA usai menang 2-1 di markas West Ham United dalam partai replay babak perempatfinal.

Dalam pertandingan di Upton Park, yang juga disebut Boleyn Ground, Kamis (14/4/2016) dinihari WIB, MU unggul lebih dulu di menit ke-54 melalui gol Marcus Rashford.

MU kemudian menambah keunggulan lewat gol dari Marouane Fellaini di menit ke-67. Baru sekitar 12 menit berselang West Ham mampu membalas untuk memperkecil ketinggalan melalui gol James Tomkins.

Hasil tersebut membawa The Red Devils ke babak semifinal Piala FA untuk menghadapi Everton, yang sebelumnya melaju ke babak tersebut usai menyisihkan Chelsea.

West Ham langsung memiliki peluang di menit ke-5 ketika Manuel Lanzini mengirim umpan terobosan buat Enner Valencia. Tapi Valencia pada akhirnya cuma mengirim tendangan pelan yang belum merepotkan David De Gea.

Sebuah operan dari Jesse Lingard di menit ke-17 menghadirkan kesempatan buat MU. Marouane Fellaini, yang lolos dari kawalan Cheikhou Kouyate, menerima operan itu dan melepaskan tembakan walaupun bola masih bisa kena blok Angelo Ogbonna dan membelokkan arahnya.

Memasuki menit ke-35 Marcus Rashford melepaskan operan jitu untuk Lingard, yang kemudian berpenetrasi masuk kotak penalti tanpa terhadang. Ia menembak, meski kiper Darren Randolph bereaksi dengan tepat untuk menahan bola menggunakan kakinya.

Lima menit sebelum turun minum MU dapat peluang lagi. Kali ini melalui tembakan Michael Carrick dari luar kotak penalti, dengan bola masih tipis melebar dari bidang sasaran.

Memasuki menit ke-54, MU memimpin. Anthony Martial mengoper ke Rashford yang berada di sisi kirinya. Dikerubungi tiga pemain lawan, Rashford menggiring bola memasuki kotak penalti lalu melepas tembakan terarah ke bagian pojok atas tiang jauh untuk mencetak gol.

Segera setelah kebobolan, West Ham langsung berusaha memberi respons. Tapi bola sepakan Mark Noble dari sisi kanan arah gawang masih tepat ke pelukan De Gea.

MU menggandakan keunggulan di menit ke-67. Sebuah umpan lambung diterima Fellaini yang meneruskan ke Lingard. Dari kanan, Lingard kemudian melepas umpan silang ke tiang jauh. Martial menerima lalu menyepak bola ke depan gawang, yang kemudian dilanjutkan Fellaini.

West Ham memperkecil ketinggalan di menit ke-79. Dari sepak pojok, bola meluncur ke tiang jauh untuk kemudian ditanduk balik Andy Carroll ke depan gawang. James Tomkins menuntaskan kesempatan dengan sundulan di muka gawang.

Di menit ke-88 Carroll kembali memberi teror udara. Di depan gawang ia sukses menanduk umpan silang, meskipun arah bola masih sedikit melambung di atas mistar gawang MU.

Semenit kemudian West Ham memberi serangan gencar. Dua peluang pertama tuan rumah digagalkan De Gea, tapi pada kesempatan ketiga tandukan Kouyate membuat bola bersarang di dalam gawang MU. Namun, gol tak berlaku karena ia sudah dalam posisi offside.

Susunan Pemain

West Ham: Randolph; Antonio, Tomkins, Ogbonna, Cresswell, Kouyate, Noble, Valencia (Moses 62'), Lanzini (Emenike 74'), Payet, Carroll.

MU: De Gea; Fosu-Mensah, Smalling, Blind, Rojo (Valencia 68'), Fellaini, Carrick, Lingard, Herrera (Schneiderlin 76'), Martial, Rashford (Rooney 90').

Berita Terkait: