Real Madrid 3-0 Wolfsburg (13/4/2016)

Rabu, 13 April 2016

Cristiano Ronaldo membuat hat-trick saat Real Madrid menang 3-0 atas Wolfsburg di leg II perempatfinal Liga Champions. Madrid lolos ke semifinal dengan agregat 3-2.

Di Santiago Bernabeu, Rabu (13/4/2016) dinihari WIB, Ronaldo menggetarkan gawang Wolfsburg di menit ke-16 dan satu menit kemudian untuk membuat tuan rumah langsung membuat agregat jadi 2-2--setelah kalah 0-2 pada leg I di markas lawan.

Madrid terus menekan, tapi baru bisa menambah keunggulan di menit ke-77. Ronaldo kembali mencatatkan nama di papan skor, sekaligus merangkai trigol, untuk membuat Madrid unggul 3-2 dan pada prosesnya berbalik menang agregat 3-2 atas Wolfsburg.

Dalam catatan ESPN, di laga ini Madrid unggul penguasaan bola 58%-42% atas Wolfsburg. Madrid juga melepaskan 16 tembakan dengan tujuh di antaranya ke bidang sasaran, sedangkan Wolfsburg punya tiga shot on target dari sembilan tembakan.

Madrid langsung mengambil inisiatif menyerang sedari awal. Salah satu hasilnya adalah tandukan Sergio Ramos, menyambut sepak pojok Toni Kroos, yang bikin bola melambung tinggi lalu mengenai mistar dan keluar lapangan di menit ke-5.

Sebuah umpan silang dari Marcelo di menit ke-11 juga masih bisa dipotong Julian Draxler sebelum menuju Dani Carvajal yang tidak terkawal di tiang jauh, untuk menghasilkan sepak pojok.

Ronaldo kemudian menjebol gawang Wolfsburg saat laga memasuki menit ke-16. Carvajal melepaskan umpan ke depan gawang dan Ronaldo yang tidak terkawal di tiang jauh langsung menyongsong bola untuk mengirimnya ke dalam gawang Wolfsburg.

Semenit berselang, gawang Wolfsburg jebol lagi. Berawal dari sepak pojok, Kroos mengirim bola ke tiang jauh dan Ronaldo lagi-lagi tidak membuang peluang untuk bikin gol. Skor 2-0 untuk Madrid di laga ini, membuat agregat jadi 2-2.

Memasuki menit ke-30 giliran Karim Benzema yang mengancam gawang Wolfsburg. Dihadang dua pemain lawan, Benzema masih bisa melepaskan tembakan ke arah gawang Wolfsburg meskipun tepat ke pelukan kiper Diego Benaglio.

Dalam keadaan tertinggal Wolfsburg justru harus kehilangan sang pemain andalan, Julian Draxler, yang mengalami cedera di menit ke-32. Ia digantikan oleh Max Kruse.

Keylor Navas melakukan penyelamatan penting di menit ke-34. Ia menepis bola hasil tembakan Luis Gustavo yang meluncur deras ke arah gawang Madrid.

Sebuah kemelut kecil terjadi di depan gawang Madrid di menit ke-37 saat bola dikuasai Bruno Henrique dan para pemain tuan rumah langsung merubung untuk menghadangnya. Berhasil, bola pun meluncur keluar lapangan dengan Navas juga sudah coba mengantisipasi.

Madrid juga langsung menekan sedari awal babak kedua dan hasilnya mendapat dua tendangan penjuru secara beruntun, walaupun belum ada yang dimaksimalkan jadi gol.

Memasuki menit ke-52, Andre Schuerrle menguasai bola di tepi kotak penalti Madrid tanpa terkawal. Ia melepaskan tembakan spekulasi, membuat bola masih melambung tinggi dari bidang sasaran.

Kroos dijatuhkan Henrique tidak jauh dari kotak penalti, memberi Madrid sebuah tendangan penalti di sebuah "area Ronaldo". Tendangan Ronaldo dari jarak 29 meter ke arah gawang di menit ke-56 tersebut masih membentur bagian atas pagar pemain lawan.

Sebuah operan dari Luka Modric di sisi kanan mengenai kaki pemain Wolfsburg dan membuat bola justru meluncur ke arah gawang tim tamu. Untung buat Wolfsburg, Benaglio masih bisa bereaksi. Setelah itu, di menit ke-60, Benaglio beraksi lagi dengan menepis bola.

Di menit ke-65 Madrid mendapat sepak pojok yang disambut sundulan Ramos. Bola mengarah ke pojok bawah gawang tanpa bisa dijangkau Benaglio, tapi membentur tiang lalu mengarah ke kiper Wolfsburg itu. Bola dinilai belum melewati garis, skor pun belum berubah.

Penetrasi dari Modric di menit ke-76 membuat Luis Gustavo harus melanggarnya. Kartu kuning untuk si pemain Wolfsburg dan Madrid pun mendapat tendangan bebas tidak jauh dari tepi kotak penalti. Ronaldo mengambil tendangan bebas itu dan dengan jitu mengirimnya ke dalam gawang Wolfsburg saat laga memasuki menit ke-77.

Di menit ke-81 Benzema memiliki peluang bagus dengan memanfaatkan celah di pertahanan Wolfsburg. Tapi bola sepakannya masih bisa ditepis Benaglio.

Jese yang baru masuk menggantikan Benzema langsung menguji Benaglio di bawah mistar gawang Wolfsburg. Sebuah sontekan dari Jese direspons Benaglio dengan merengangkan tubuh untuk menepis bola di menit ke-87. Dua menit kemudian Jese mengoper ke Gareth Bale yang penyelesaian akhirnya cuma mengirim bola tepat ke pelukan Benaglio.

Susunan Pemain

Madrid: Navas; Carvajal, Pepe, Ramos, Marcelo, Modric (Varane 91'), Casemiro, Kroos, Bale, Benzema (Jese 84'), Ronaldo.

Wolfsburg: Benaglio; Vieirinha, Naldo, Dante, Rodriguez, Guilavogui (Bas Dost 80'), Luiz Gustavo, Henrique (Caligiuri 72'), Arnold, Draxler (Kruse 32'), Schurrle.

Berita Terkait: