Benfica 2-2 Bayern Munich (14/4/2016)

Kamis, 14 April 2016

Bayern Munich memetik hasil imbang 2-2 melawan Benfica di perempatfinal leg II. Hasil itu sudah cukup mengantarkan Bayern ke semifinal dengan aggregat 3-2.

Pada pertandingan di Stadion Da Luz, Kamis (14/4/2016) dinihari WIB, kedua tim bermain seri 1-1 sampai turun minum. Raul Jimenez mengejutkan Bayern usai membuka skor sebelum disamakan Arturo Vidal.

Setelah jeda, Bayern berbalik unggul berkat gol Thomas Mueller di awal babak kedua. Namun, Benfica mampu menyeimbangkan kedudukan lewat pemain pengganti Talisca.

Bayern kini tinggal menunggu lawan yang akan dihadapinya untuk berebut tiket final di San Siro. Pengundian babak empat besar akan dilakukan Jumat (15/4).

Pelanggaran Joshua Kimmich kepada Jardel membuahkan tendangan bebas untuk Benfica. Tendangan Eliseu menghasilkan sepak pojok tapi bola bisa diamankan.

Peluang baru datang di menit 19. Xabi Alonso melepaskan operan ke kanan yang menemui Philipp Lahm untuk diteruskan kepada Thomas Mueller, namun sepakannya melebar.

Tiga menit kemudian, ancaman Bayern hadir lagi. Operan Lahm kepada Thiago Alancantara diteruskan dengan umpan lambung yang disambut Arturo Vidal dengan sundulan yang melebar tipis.

Di menit ke-27, Benfica justru mencuri gol. Umpan Eliseu mengarah tepat kepada Raul Gimenez yang dibayangi tiga pemain Bayern. Bola disundul Jimenez yang menggetarkan gawang Bayern. Benfica memimpin 1-0.

Benfica nyaris menambah golnya tiga menit kemudian. Eduardo Salvio melepaskan umpan mendatar ke tengah yang gagal dicegat pemain belakang Bayern. Jimenez berdiri bebas melepaskan tembakan tapi masih mengarah kepada Manuel Neuer.

Bayern menyamakan skor 1-1 di menit 38. Dari sisi kanan, Lahm mengirim umpan ke tengah kotak penalti Benfica yang ditepis Ederson, bola rebound mengarah kepada Vidal yang diselesaikan dengan tembakan kaki kiri ke gawang yang kosong.

Beberapa saat sebelum turun minum, Bayern menciptakan peluang lagi. Vidal dalam kawalan ketat seorang pemain belakang Benfica meneruskan umpan tapi bola hasil tendangannya masih melebar. Skor 1-1 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Bayern tidak membutuhkan waktu lama untuk menciptakan gol tambahan di babak kedua. Dari sepak pojok, Javi Martinez menyundul bola sebelum disontek Thomas Mueller. Bayern berbalik unggul 2-1 [aggregat 3-1] di menit 52.

Setelah mencetak gol kedua, Bayern semakin menekan Benfica. Umpan Alonso kepada Douglas Costa berpeluang menambah gol tapi Ederson meninggalkan sarangnya untuk mencegat bola.

Saat laga berjalan sejam, Douglas Costa nyaris mencatatkan namanya di papan skor. Pemain Brasil ini menusuk ke kotak penalti Benfica sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang membentur tiang gawang.

Di menit 68, Bayern mencetak gol ketiga lewat Mueller. Tapi dianulir karena Mueller dianggap dalam posisi offside.

Benfica mendapatkan tendangan bebas di menit 75 menyusul pelanggaran Martinez terhadap Goncalo Guedes. Talisca menjadi eksekutor, melepaskan tembakan keras kaki kiri yang tidak mampu ditahan Neuer. Benfica menyamakan skor 2-2 di menit 77.

Pelanggaran kembali dilakukan Martinez sehingga membuahkan tendangan bebas lain bagi Benfica di menit 85. Talisca menjadi algojo lagi, namun bola sepakannya ke tiang jauh melenceng.

Benfica nyaris berbalik unggul. Di akhir masa injury time, Jimenez mendapatkan bola di tiang dekat tapi tembakannya bisa ditangkap Neuer. Skor 2-2 bertahan sampai laga usai.


Susunan Pemain

BENFICA: Ederson, Nilsson Lindeloef, Eliseu (Jovic 88'), Jardel, Andre Almeida, Fejsa, Salvio (Talisca 68'), Pizzi (Guedes 58'), Carcela, Sanches, Jimenez

BAYERN MUNICH: Neuer, Javi Martinez, Lahm, Alaba, Kimmich, Thiago Alcantara, Alonso (Bernat 90'), Ribery (Goetze 90+2'), Vidal, Douglas Costa, Mueller (Lewandowski 84')

Berita Terkait: