Juventus 2-2 Bayern Munich (24/2/2016)

Rabu, 24 Februari 2016

Juventus sempat tertinggal dua gol kala menjamu Bayern Munich di leg I babak 16 Liga Champions. Tapi Bianconeri bangkit dan memaksakan skor imbang 2-2.

Dalam laga di Juventus Stadium, Rabu (24/2/2016) dinihari WIB, Juve sempat menggebrak di awal pertandingan lewat Mario Mandzukic. Tapi kemudian Bayern berangsur-angsur nyaman menguasai bola.

Gempuran Bayern berbuah hasil di akhir babak pertama, kala Thomas Mueller mencetak gol di menit ke-43. Babak pertama ditutup dengan keunggulan Bayern 1-0.

Bayern kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-55 melalui sepakan Arjen Robben. Juve di lain sisi mulai beberapa kali mengancam lewat serangan balik.

Upaya Juve membuahkan hasil di menit ke-63, saat Paulo Dybala menuntaskan umpan terobosan Mandzukic untuk menipiskan ketertinggalan. 'Si Nyonya Besar' pada akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-76, melalui pemain pengganti, Stefano Sturaro.

Skor 2-2 bertahan sampai laga berakhir. Situs resmi UEFA mencatat Bayern unggul penguasaan bola di laga ini dengan perbandingan 64%-34%. Tapi Juve tampil lebih efisien.

Melepaskan 12 tembakan, Juve mencatatkan tujuh di antaranya tepat sasaran. Sedang Bayern punya 14 upaya dengan hanya lima yang mengarah ke gawang.

Terlepas dari itu, hasil ini meringankan langkan Bayern untuk maju ke perempatfinal. Mereka tinggal butuh hasil imbang 0-0 atau 1-1 di leg kedua yang berlangsung di Allianz Arena karena punya keunggulan dua gol tandang.

Di menit pertama, Juve langsung memberikan ancaman. Mario Mandzukic melepaskan sepakan dari depan kotak penalti, tapi bisa diamankan oleh Manuel Neuer.

Bayern bermain seperti biasanya, berupaya mengendalikan pertandingan lewat penguasaan bola. Di menit keempat, mereka memberikan respons atas serangan Juve dengan sepakan jarak jauh Arturo Vidal. Gianluigi Buffon sigap menepis bola.

Sebuah kesalahan dari Bayern nyaris dimanfaatkan Juve untuk mencuri keunggulan di menit ke-12. Umpan ceroboh Vidal direbut Paul Pogba di tengah dan langsung menyodorkannya ke Paulo Dybala di kiri.

Dybala kemudian melepaskan umpan silang ke Mandzukic di dalam kotak penalti. Tapi sayang untuk Juve, Mandzukic gagal menyambut bola dengan sempurna, sehingga bola tak mengarah ke gawang.

Bayern balas menekan tak lama berselang. Douglas Costa menerima umpan Arjen Robben di kiri dan melakukan percobaan ke arah gawang. Bola masih melesat ke kanan gawang Buffon.

Berikutnya sebuah serangan apik dibangun Bayern di sisi kanan. Philipp Lahm memberikan umpan terobosan ke Robert Lewandowski yang berlari bebas ke sisi kanan di dalam kotak penalti.

Bola kemudian langsung diumpankan lagi ke tengah oleh Lewandowski. Thomas Mueller menerima bola, tapi kontrol yang buruk membuatnya gagal menyelesaikan peluang tersebut dengan sempurna.

Di menit ke-21, Juve mendapatkan kesempatan dari bola mati di sisi kanan. Claudio Marchisio mengarahkan bola lambung ke tengah kotak penalti dan disambut sundulan Leonardo Bonucci. Hanya saja bola hasil tandukan Bonucci bergulir terlalu lemah ke arah Neuer sehingga mudah diamankan.

Dua menit kemudian, Bayern mengancam dari sisi kanan. Robben menerima umpan Lahm di sisi kanan di dalam kotak penalti dan mencoba melepaskan sepakan. Upayanya melesat tipis ke kiri gawang Juve.

Bayern terus melancarkan tekanan. Kembali dari sisi kanan di menit ke-31, bola umpan silang disambut sepakan Juan Bernat di depan kotak penalti. Bola mengarah ke gawang tapi Buffon menepis, sebelum kemudian dihalau bek Juve.

Semenit kemudian, Bayern mendapatkan peluang lain dari bola mati. Thiago Alcantara mengarahkan umpan lambung dari kiri ke Lewandowski yang berdiri bebas di tengah kotak penalti. Kali ini bola sundulan Lewandowski mengarah tepat ke pelukan Buffon.

Kesempatan lain untuk Bayern tiba di menit ke-41, dari sepak pojok. Costa mengirim umpan lambung dan disundul oleh Robben. Masih melenceng ke kiri gawang.

Tiga menit berselang, Bayern memetik keunggulan. Dari serangan di sisi kanan Robben mengirimkan umpan silang, yang langsung diteruskan Costa di tiang jauh ke depan gawang. Bola kemudian membentur tubuh Andrea Barzagli dan bergulir ke arah Mueller di tengah kotak penalti. Mueller pun dengan leluasa menyepak bola ke dalam gawang.

Enam menit babak kedua berjalan, Bayern mengancam Juve lewat sepakan jarak jauh David Alaba. Bola masih tipis saja di atas mistar gawang.

Empat menit berselang, Bayern mencetak gol keduanya. Dari serangan balik, Lewandowski memberikan umpan terobosan ke Robben di kanan. Robben kemudian berlari memotong ke tengah dan melepaskan sepakan terarah ke pojok kiri gawang, tanpa bisa terjangkau Buffon.

Sebuah serangan dari sisi kanan dilancarkan Bayern di menit ke-59. Umpan silang Mueller ditanduk Lewandowski, tapi cuma melesat ke atas mistar gawang.

Empat menit kemudian, Juve menipiskan kedudukan lewat sebuah serangan balik. Joshua Kimmich melakukan kesalahan saat mengantisipasi sebuah upaya umpan dari Juve. Bola kemudian dikuasai oleh Mandzukic dan dioper ke sisi kanan, sebelum dituntaskan Dybala dengan sepakan mendatar ke dalam gawang.

Juve nyaris saja menyamakan kedudukan di menit ke-67. Lagi-lagi lewat serangan balik, Mandzukic menusuk di sisi kiri. Dia kemudian mengoper ke Juan Cuadrado yang dalam posisi bebas di sisi kanan. Tanpa berlama-lama Cuadrado mengarahkan sepakan ke gawang, tapi sepakannya tepat mengarah ke Neuer dan ditepis.

Semenit berselang, sepakan Pogba dari sisi kiri di dalam kotak penalti cuma melambung sedikit di atas mistar.

Di menit ke-76, Juve menyamakan kedudukan. Mulanya Mandzukic mengoper ke Alvaro Morata yang berlari di sisi kiri. Oleh Morata, bola diteruskan ke tengah kotak penalti dengan sundulan. Di sana sudah ada Stefano Sturaro yang berlari dari lini kedua dan mencocor bola setelah memenangi duel dengan Kimmich.

Berjarak dua menit, Bayern punya peluang lewat bola mati. Umpan Thiago disambut sundulan Lewandowski, tapi masih melambung.

Juve balas menekan. Di menit ke-83, umpan lambung Stephan Lichtsteiner menemui kepala Pogba. Bola melesat ke atas mistar gawang.

Bayern merespons di menit ke-89 dari sepak pojok. Umpan lambung Thiago disambut sundulan Medhi Benatia. Juga melambung.

Memasuki masa injury time, Juve punya sebuah kesempatan yang bermula dari tendangan bebas. Bola jatuh di kaki Bonucci di depan kotak penalti dan disambut tendangan keras, tapi upaya ini masih mengarah ke Neuer dan mudah saja ditangkap.

Tak ada lagi gol di sisa waktu. Juve 2-2 Bayern.

Susunan pemain:

Juventus: Buffon, Barzagli, Bonucci, Lichtsteiner, Evra, Khedira (Sturaro 69'), Marchisio (Hernanes 46'), Pogba, Cuadrado, Mandžukic, Dybala (Morata 75')

Bayern: Neuer, Bernat (Benatia 74'), Lahm, Alaba, Thiago Alcántara, Douglas Costa (Ribery 84'), Vidal, Kimmich, Robben, Müller, Lewandowski

Berita Terkait: