Napoli 1-1 AC Milan (23/2/2016)

Selasa, 23 Februari 2016

Napoli gagal memanfaatkan terpelesetnya Juventus untuk merebut puncak klasemen. Napoli tetap di posisi kedua setelah hanya bermain seri 1-1 dengan AC Milan.

Juve yang sudah lebih dulu memainkan pertandingannya di Serie A hanya bermain imbang 0-0 melawan Bologna. Dengan hasil tersebut, Juve yang mengumpulkan 58 poin berisiko tergusur oleh Napoli yang cuma terpaut dua angka.

Tapi Napoli justru gagal memanfaatkan peluang tersebut. Menjamu Milan di San Paolo, Selasa (23/2/2016) dinihari WIB, Napoli harus puas hanya mendapat satu poin setelah ditahan imbang 1-1.

Napoli sempat unggul lebih dulu lewat gol Lorenzo Insigne di menit ke-39. Tapi Milan membalas lima menit kemudian lewat Giacomo Bonaventura. Di babak kedua, meski lebih agresif, Napoli tak mampu mencetak gol lagi.

Dengan tambahan satu poin, Napoli masih tetap menempati peringkat kedua klasemen dengan 57 poin. Selisih poin dengan Juve kini hanya tinggal satu angka saja. Sementara itu, Milan belum beranjak dari posisi keenam dengan 44 poin.

Jalannya Pertandingan

Napoli memulai laga dengan agresif. Tuan rumah mengambil inisiatif untuk menyerang lebih dulu. Satu serangan Napoli di menit ketiga nyaris membuat Riccardo Montolivo melakukan gol bunuh diri setelah berupaya untuk memotong umpan Faouzi Ghoulam. Beruntung bagi Milan, upaya Montolivo itu melambung di atas mistar.

Milan menyerang lewat Giacomo Bonaventura yang bergerak dari sisi kiri untuk menembus kotak penalti Napoli. Dari jarak dekat, Bonaventura melepaskan tembakan tapi bisa diblok oleh Raul Albiol.

Napoli terus berupaya menekan Milan. Tapi penyelesaian akhir yang tak akuran membuat Napoli belum mampu mencetak gol. Tendangan Lorenzo Insigne dan Jorginho masih belum mengarah ke gawang.

Di menit ke-19, Gonzalo Higuain mendapat peluang setelah bekerja sama dengan Allan. Tapi penyelesaian akhirnya masih melenceng dari sasaran.

Callejon kembali mendapat peluang di menit ke-33. Tapi tendangannya terlalu lemah dan bola bisa diamankan oleh Gianluigu Donnarumma.

Napoli akhirnya membuka keunggulan di menit ke-39 lewat tembakan kaki kanan Insigne dari luar kotak penalti. Bola sempat membentur Abate dan bergulir masuk ke dalam gawang tanpa bisa dijangkau oleh Donnarumma yang sudah telanjur bergerak.

Tapi keunggulan Napoli tak bertahan lama. Lima menit kemudian, Milan mampu menyamakan kedudukan. Berawal dari crossing Keisuke Honda dari sisi kanan, bola disundul oleh Koulibaly dan justru mengarah ke Bonaventura yang sudah menuggu di dekat tiang jauh. Bonaventura kemudian langsung memaksimalkannya untuk menjebol gawang Napoli. Skor 1-1 menutup paruh pertama

Memasuki babak kedua, Dries Mertens yang baru dimasukkan di menit ke-64 nyaris membawa Napoli unggul. Tapi tendangan first time-nya menyambut bola tendangan bebas yang membentur pemain Milan masih dimentahkan oleh tiang gawang.

Higuain menyia-nyiakan sebuah peluang bagus usai menerima bola dari Ghoulam yang melakukan penetrasi dari sisi kiri. Tendangan volinya meneruskan umpan Ghoulam justru melebar dari gawang.

Sementara itu, Milan gagal memanfaatkan sebuah serangan balik yang dimulai oleh Jeremy Menez. Umpan terobosannya memberi M'Baye Niang peluang terbuka untuk mencetak gol. Tapi penyelesaian akhirnya justru melenceng jauh dari sasaran.

Peluang kembali didapat Milan lewat tembakan Honda dari luar kotak penalti. Namun Pepe Reina masih sigap menepisnya dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Milan.

Napoli terus menggempur Milan hingga masa injury time. Di menit ke-92, peluang emas didapat Omar El Kaddouri di dalam kotak penalti Milan. Hysaj yang bergerak dari sisi kanan mengirim umpan yang dibelokkan Higuain. El Kaddouri yang tak siap menerima bola langsung meneruskannya dengan tendangan yang terlalu lemah dan mengarah tepat ke Donnarumma.

Sampai wasit meniup peluit panjang, tak ada gol lagi yang tercipta. Kedua tim harus puas dengan hasil akhir 1-1.

Susunan Pemain

Napoli: Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Allan (Gabbiadini 80), Jorginho, Hamsik; Callejon (Mertens 64), Higuain, Insigne (El Kaddouri 89)

Milan: Donnarumma; Abate, Alex, Zapata, Antonelli; Honda, Kucka, Montolivo (Bertolacci 82), Bonaventura; Bacca (Menez 71), Niang (Balotelli 86)

Berita Terkait: