Arsenal 0-2 Barcelona (24/2/2016)

Rabu, 24 Februari 2016

Lionel Messi tampil sebagai pahlawan Barcelona di leg pertama babak 16 besar Liga Champions kontra Arsenal. Dua gol borongan Messi membawa Los Cules menang 2-0.

Pada laga yang dihelat di Emirates Stadium, Rabu (24/2/2016) dinihari WIB, kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Dua gol Messi tercipta di 20 menit terakhir laga, salah satunya lewat titik putih. Dengan keunggulan 2-0 ini, satu kaki Barca boleh dikatakan sudah berada di perempatfinal mengingat leg kedua akan dihelat di Camp Nou 16 Maret mendatang.

Sejak menit awal pertandingan, Arsenal langsung ambil inisiatif serangan dan beberapa kali mampu merepotkan pertahanan Barca.

Meski demikian, Arsenal kesulitan mencetak gol ke gawang Marc-Andre Ter Stegen. Peluang terbaik didapat pada menit ke-22.

Mesut Oezil memberikan bola kepada Hector Bellerin yang melepaskan tembakan tapi masih bisa diblok bek lawan. Bola rebound disambar Alex-Oxlade Chamberlain tapi masih tepat di tangkapan Ter Stegen.

Barca baru bisa menciptakan peluang berbahaya semenit jelang turun minum. Berawal dari kesalahan Aaron Ramsey, Neymar memberikan bola kepada Lionel Messi yang memindahkan ke sisi kiri, di mana Suarez menggapainya.

Tapi sepakannya masih bisa dibendung Petr Cech dan amanlah gawang Arsenal.

Skor 0-0 jadi penutup babak pertama.

Selepas restart, Barca langsung tancap gas dan nyaris saja mencetak gol di menit ke-48 andaikan sepakan jarak dekat Neymar tak dihadang kaki Cech.

Barca mendominasi pertandingan di babak kedua, sementara Arsenal coba mencuri kesempatan lewat serangan balik. Salah satu peluang terbaik mereka hadir di menit ke-60 ketika tandukan Giroud mampu diblok Ter Stegen.

Kebuntuan akhir pecah pada menit ke-71 kala Messi mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari serangan balik cepat, Neymar dan Suarez melakukan serbuan dari sisi kiri.

Bola terakhir dipegang Neymar yang melakukan dribbling hingga kotak penalti sebelum mengirim umpan kepada Messi, yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Cech.

Di menit ke-77 Barca nyaris menggandakan keunggulan andaikan tembakan Suarez dari jarak dekat tak menghantam tiang.

Semenit berselang giliran Ramsey yang punya kans bikin gol. Tapi sepakannya dari jarak dekat bisa diadang Ter Stegen.

Penalti untuk Barca! Pada menit ke-83, bola sapuan tak sempurna dari Per Mertesacker membuat bola mengarah ke Messi. Mathieu Flamini mau tak mau harus mengadangnya dan membuat Messi terjatuh.

Wasit menunjuk titik putih dan Messi dengan mudah mengecoh Cech untuk mengubah skor jadi 2-0.

Di masa injury time, Neymar punya kans menambah keunggulan Barca andaikan tandukannya dari jarak dekat tak ditepis Cech.

Susunan Pemain

Arsenal: Cech; Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Ramsey, Coquelin (Flamini 82'); Oxlade-Chamberlain (Walcott 50'), Oezil, Alexis; Giroud (Welbeck 73').

Barcelona: Ter Stegen; Dani Alves, Pique, Mascherano, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Messi, Neymar, Suarez.

Berita Terkait: