Barcelona 7-0 Valencia (4/2/2016)

Kamis, 04 Februari 2016

Barcelona pesta gol. Tampil menghadapi Valencia di leg I semifinal Copa del Rey, mereka membuat laga berjalan satu arah. Barcelona menang telak 7-0 di laga tersebut.

Jelas, dengan kemenangan tersebut, langkah Barca untuk melaju ke final Copa del Rey menjadi lebih enteng. Sebaliknya, ini adalah pukulan telak untuk pelatih Valencia, Gary Neville.

Bagi Neville, Copa del Rey adalah satu-satunya ajang untuk menyelamatkan mukanya di hadapan pendukung Valencia, mengingat hanya di Copa del Rey ia bisa meraih kemenangan. Sementara itu, di La Liga ia belum bisa mempersembahkan poin penuh kepada Los Ches.

Sial bagi Neville, pertandingan melawan Barca seolah-olah menjadi pukulan keras. Ia mengalami malam yang panjang dengan menyaksikan gawang timnya dibombardir Barca dengan tujuh buah gol. Empat gol Barca dicetak oleh Luis Suarez, sementara tiga sisanya dicetak oleh Lionel Messi.

Pada pertandingan yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (4/2/2016) dini hari WIB, Barcelona sudah menegaskan dominasi mereka sejak awal. Tampil dengan diperkuat Messi, Suarez, dan Neymar di lini depan, Barca menekan sejak awal.

Hasilnya, baru tujuh menit pertandingan berjalan, Barca sudah unggul 1-0. Gol pertama Barca tersebut menunjukkan bagaimana cepatnya mereka melakukan serangan balik.

Berawal dari berhasil direbutnya bola dari pemain Valencia di lini tengah, Neymar dengan cepat naik dan menggiring bola sampai mendekati kotak penalti Valencia. Ia lantas melepaskan umpan terobosan ke kanan, tempat Suarez berlari masuk. Suarez pun dengan dingin menyelesaikannya dengan sepakan datar ke tiang jauh.

Tidak butuh waktu lama bagi Barca untuk menggandakan keunggulan. Pada menit ke-12, di tengah tumpukan pemain Valencia yang memenuhi area di depan kotak penalti mereka, Sergio Busquets masih bisa menemukan celah. Ia mengirimkan umpan ke sisi kanan, di mana Aleix Vidal berada. Vidal kemudian melepaskan umpan tarik yang langsung disambar oleh Suarez. Dua untuk Barca, dua untuk penyerang asal Uruguay itu.

Waktu pertandingan belum menginjak setengah jam, Barca sudah unggul 3-0. Pada menit ke-29, Messi membobol gawang Valencia yang dikawal oleh Maty Ryan lewat sebuah gol yang cantik. Gol bermula dari tusukan Andres Iniesta di sisi kiri, ia kemudian melepaskan umpan terobosan kepada Neymar, yang langsung membelokkan bola ke dalam kotak penalti. Bola yang dibelokkan Neymar dilewati begitu saja oleh Suarez dan diterima oleh Messi. Bintang asal Argentina itu pun dengan tenang menceploskan bola ke dalam gawang setelah berhadapan dengan Ryan.

Barca menunjukkan bahwa di bawah arahan Luis Enrique, mereka tak lagi menjadi tim yang cuma mengandalkan ball possession. Mereka juga punya serangan balik cepat. Menjelang babak pertama berakhir, sebuah serangan balik cepat diakhiri dengan tendangan melengkung dari Messi. Sial bagi Messi, tendangannya masih mengenai tiang.

Menjelang babak pertama berakhir, Valencia harus bermain dengan 10 orang setelah Shkodran Mustafi mendapatkan kartu merah. Mustafi diusir karena melanggar Messi ketika dirinya menjadi orang terakhir. Barca pun mendapatkan tendangan penalti. Sial bagi Barca, tendangan penalti yang dieksekusi Neymar gagal karena mengenai tiang.

Di babak kedua, Barca yang unggul jumlah pemain kian tak bisa dibendung. Messi menambah dua gol lagi atas namanya, masing-masing di menit ke-58 dan ke-74. Gol ketiganya tercipta lantaran pemain Valencia salah membuang bola di dalam kotak penalti sendiri. Bola kemudian jatuh di kaki Messi, dan ia pun langsung menggiring bola sebelum melepaskan sepakan terarah.

Dua gol sisa Barca dicetak oleh Suarez pada menit ke-83 dan 88. Gol ketiganya tercipta lewat sebuah sepakan keras kaki kiri. Sedangkan gol keempatnya tercipta dengan memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan dari sisi kiri, di mana Suarez menyelesaikannya via sundulan di tiang jauh.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen; Vidal, Pique (Bartra 61), Mathieu, Alba (Adriano 70); Busquets, Arda, Iniesta (Sergi Roberto 45); Messi, Suarez, Neymar.

Valencia: Ryan; Barragan, Mustafi, Santos, Gaya; Danilo (Feghouli 33), Parejo, Gomes; Cancelo (Cheryshev 58), Rodrigo, Siqueira (Vezo 45).

Berita Terkait: