Manchester United 3-0 Stoke (3/2/2016)

Rabu, 03 Februari 2016

Manchester United memetik kemenangan telak saat menjamu Stoke City di lanjutan Liga Inggris. The Red Devils menang 3-0 atas The Potters.

Saat melakoni pertandingan di Old Trafford, Rabu (3/2) dinihari WIB, MU tampil tak seperti biasanya karena sedikit kalah dalam penguasaan bola. Soccernet mencatat bahwa 'Setan Merah' menorehkan 47 persen ball possession.

Tapi, MU bisa tampil dengan efektif dan mampu banyak melepaskan percobaan. Mereka mencatatkan 15 kali tembakan, lima di antaranya tepat sasaran, tiga berbuah gol.

Gol-gol MU di pertandingan ini dicetak oleh Jesse Lingard, Anthony Martial, dan Wayne Rooney.

Dengan tambahan tiga angka ini, MU saat ini tetap menempati posisi lima klasemen dengan raihan 40 poin. Sementara itu, Stoke ada di posisi sembilan dengan torehan 33 angka.

MU langsung mengancam di menit ketiga. Tapi, sundulan Marouane Fellaini meneruskan umpan silang Martial masih bisa diblok.

Tiga menit berselang giliran Mata melepaskan percobaan. Sepakannya dari luar kotak penalti masih bisa diblok. Rooney mengancam di menit keenam dengan sepakan jarak jauhnya, sudah tepat sasaran tapi belum berbuah gol.

Semenit kemudian, Stoke gantian yang melancarkan tekanan. Sepakan Ibrahim Affelay dari luar kotak penalti bisa diblok barisan belakang MU.

Gol pertama MU dicetak Lingard lewat sundulan kepala pada menit 14. Cameron Borthwick-Jackson mengirimkan umpan silang rendah dari sisi sayap kiri, yang disambut diving header oleh Lingard. Bola masuk ke gawang Stoke tanpa masalah. MU untuk sementara unggul 1-0.

Sembilan menit kemudian serangan balik cepat MU berbuah gol Martial. Dari sisi kanan, Matteo Darmian mengirim bola ke mata di sayap kanan.

Mata memberi umpan untuk Rooney, yang bisa memberi umpan crossing matang untuk Martial. Pemain asal Prancis itu bisa menguasai bola dengan tenang, sebelum menceploskan bola ke gawang Stoke dengan sepakan keras kaki kanan dari sisi kiri kotak penalti. MU kini unggul 2-0.

Affelay kembali melepaskan sepakan jarak jauh di menit 33. Tapi, belum juga optimal karena masih melayang jauh.

Mata dua kali mengancam pada menit 39. Dua kali sepakannya itu masih bisa diblok barisan belakang Stoke. Di sisa babak pertama tak ada gol tambahan, MU unggul 2-0 saat turun minum.

Lima menit setelah restart, MU bisa mencetak gol lewat Rooney. Tapi, gol itu dianulir karena dia melakukan pelanggaran lebih dulu pada Glenn Johnson saat menerima umpan dari Martial. Dia mendorong mantan bek Chelsea itu sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Rooney akhirnya benar-benar mencatatkan namanya di papan skor pada menit 53. Martial menyisir sisi kiri lapangan, lalu bisa mengirim umpan mendatar untuk Rooney yang sudah menunggu di muka gawang.

Bolanya gagal dihalau oleh bek dan juga kiper Stoke, Jack Butland, Rooney yang sudah menunggu muka gawang bisa menceploskannya masuk ke gawang. MU kini unggul 3-0.

Di menit 74, sepakan jarak jauh Rooney masih belum optimal. Bolanya melayang jauh di atas mistar.

Memphis yang masuk menggantikan Martial di menit 79 mendapatkan kans empat menit kemudian. Sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti masih melebar.

Di sisa pertandingan tak ada lagi gol tambahan, meski ada beberapa peluang yang tercipta. MU memetik tiga angka usai menaklukkan Stoke tiga gol tanpa balas.

Susunan Pemain

Man United: De Gea, Darmian, Smalling, Blind, Borthwick-Jackson, Fellaini (Herrera 80), Carrick, Lingard, Mata (Pereira 87), Martial (Memphis 79), Rooney

Stoke: Butland, Johnson, Wollscheid (Bradsley 30), Muniesa, Pieters, Whelan, Afellay, Walters, Bojan (Ireland 60), Arnautovic, Crouch

Berita Terkait: