Manchester City 0-0 Everton (14/1/2016)

Kamis, 14 Januari 2016

Manchester City gagal memaksimalkan kesempatan bermain di kandang sendiri. The Citizens yang menjamu Everton harus puas dengan hasil imbang 0-0.

Pada pertandingan di Etihad Stadium, Kamis (14/1/2016) dinihari WIB, kedua tim sama-sama punya beberapa peluang bagus di babak pertama. Everton sedikit lebih mendominasi, tapi tak ada gol yang tercipta hingga turun minum.

Babak kedua mutlak jadi milik City. Tim tuan rumah memaksa Everton bermain setengah lapangan. City menciptakan banyak peluang, tapi ketangguhan Tim Howard di bawah mistar Everton membuat City gigit jari.

Dengan hasil ini, City terpaku di urutan ketiga klasemen sementara Premier League dengan 40 poin dari 21 laga. Mereka terpaut dua poin dari Arsenal yang berada di posisi teratas. Tapi, jika Arsenal menang atas Liverpool, selisih poin itu akan melebar. Sementara itu, Everton menempati posisi ke-11 dengan 28 poin.

Everton berpeluang memimpin pada menit ketujuh melalui aksi Ross Barkley. Namun, tembakan Barkley dari luar kotak penalti bisa diamankan oleh kiper Joe Hart.

City langsung memberikan respons lewat peluang yang diperoleh Kevin De Bruyne. De Bruyne yang menerima umpan dari Raheem Sterling menembak ke arah tiang dekat, tapi masih melenceng.

City nyaris memimpin pada menit ke-17. Umpan silang yang dikirimkan Gael Clichy ditanduk oleh Yaya Toure, tapi gol urung tercipta karena Howard membuat penyelamatan gemilang.

Dalam sebuah serangan balik cepat, Everton membahayakan gawang City. Gerard Deulofeu menggiring bola sebelum melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi usahanya bisa dimentahkan Hart.

Peluang yang didapat Leon Osman pada menit ke-31 juga tak berbuah gol. Tembakan Osman meneruskan operan Romelu Lukaku masih melenceng.

Beberapa menit kemudian, giliran Lukaku yang mendapatkan peluang. Namun, sepakan Lukaku dari sudut sempit tak mengarah ke sasaran.

Hingga babak pertama berakhir, kedua tim sama-sama tak bisa mencetak gol. Skor masih 0-0.

City mendominasi babak kedua dan terus menggempur Everton. Mereka punya kesempatan pada menit ke-61, tapi tembakan Sergio Aguero bisa ditepis Howard yang menunjukkan reaksi prima.

Sterling melakukan aksi individu apik empat menit kemudian. Dia melakukan penetrasi ke kotak penalti, tapi penyelesaiannya digagalkan Howard dengan kaki.

Aguero gagal memaksimalkan sebuah peluang emas pada menit ke-69. Usai menerima operan dari Toure, dia melewati Ramiro Funes Mori dan tinggal berhadapan dengan Howard. Tapi, sontekannya bisa dihalau kiper Everton itu.

Pada menit ke-77, City mendapatkan peluang lainnya lewat Jesus Navas. Tapi, sundulan Navas masih sedikit melambung.

Di injury time, City meminta penalti ketika Sterling dijatuhkan John Stones di area terlarang. Namun, wasit tak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran.

Susunan Pemain
Manchester City: Hart; Sagna, Otamendi, Demichelis, Clichy; Toure, Fernando; Navas, De Bruyne (Silva 74'), Sterling; Aguero

Everton: Howard; Stones, Jagielka, Funes Mori, Baines; Barry, Besic; Deulofeu (Kone 71'), Barkley, Osman (Pienaar 71'); Lukaku

Berita Terkait: