Luis Enrique Pelatih Terbaik Dunia 2015

Kamis, 14 Januari 2016


Luis Enrique mendapatkan penghargaan Pelatih Terbaik Dunia 2015. Pelatih Barcelona itu mengungguli Pep Guardiola (Bayern Munich) dan Jorge Sampaoli (Chile).

Sayangnya, Enrique tidak bisa menerima secara langsung penghargaan yang baru saja didapatnya tersebut. Dia memang telah memutuskan untuk tidak datang ke acara penganugerahan Ballon d'Or 2015 yang digelar di Zurich, Swiss, Senin (11/1/2016).

Robert Fernandez, Technical Secretary Barca, akhirnya naik ke panggung untuk mewakili Enrique menerima penghargaan.

"Ini pastinya pilihan yang sangat sulit karena kandidat lainnya juga sangat berkualitas," ujar Robert.

"Saya tak boleh lupa untuk menyebutkan hal berikut ini karena kalau tidak Luis akan sangat marah kepada saya: Luis ingin berbagi penghargaan ini, karena ada sangat banyak orang yang sudah mendukungnya di saat-saat sulit dan di saat-saat menyenangkan. Staf, presiden, direksi, para suporter, dan para pemain kami. Ini adalah tim impian yang luar biasa, yang sudah mendorong kami untuk maju," katanya.

Enrique menorehkan prestasi gemilang bersama Barca di sepanjang tahun 2015. Dia mempersembahkan lima trofi untuk Blaugrana, yaitu La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Sementara itu, untuk kategori Pelatih Terbaik Sepakbola Wanita, penghargaan jatuh ke tangan Jill Ellis. Ellis mengantarkan timnas Amerika Serikat menjadi juara Piala Dunia Wanita 2015. Dia mengungguli Mark Sampson (timnas Inggris) dan Norio Sasaki (timnas Jepang).

Berita Terkait: