CSKA Moskow 1-1 Manchester United (2/10/2015)

Jumat, 23 Oktober 2015

Manchester United gagal meraih kemenangan, kendati tampil dominan. Mereka pulang dengan membawa satu poin setelah bermain imbang 1-1 dengan CSKA Moskow.

Dalam catatan yang dilansir situs resmi UEFA, United mendominasi penguasaan bola hingga 74%. Namun, mereka berulang kali kesulitan menciptakan peluang bersih. Baru di babak kedua permainan tim besutan Louis van Gaal itu membaik.

Dengan hasil 1-1 tersebut, United duduk di posisi kedua klasemen Grup B dengan nilai 3. Sementara CSKA duduk di posisi ketiga dengan koleksi nilai yang sama. Posisi puncak klasemen grup ditempati oleh Vfl Wolfsburg yang menang 2-0 atas PSV Eindhoven di saat bersamaan. Wolfsburg kini mengoleksi nilai 6.

Pada pertandingan yang berlangsung di Khimki Arena, Kamis (22/10) dinihari WIB, Manchester United sebenarnya memulai laga dengan baik. Beberapa kali mereka bisa menyusun serangan bagus dan memanfaatkan beberapa kesalahan operan yang dilakukan CSKA.

Namun, memasuki menit ke-11, CSKA mulai mengancam. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan oleh Manuel Fernandez, bola dihalau oleh barisan pertahanan United. Namun, bola jatuh di kaki Zoran Tosic. Nama yang disebut terakhir itu lantas melepaskan sepakan menyilang, namun bola melenceng di samping gawang.

Empat menit kemudian, CSKA mendapatkan penalti setelah Anthony Martial melakukan handball. Roman Eremenko maju menjadi eksekutornya, namun sepakannya masih bisa dihalau oleh David De Gea. Bola muntah lantas dihalau oleh kiper asal Spanyol itu, namun jatuh di kaki Seydou Doumbia yang langsung menceploskan bola ke dalam gawang.

Di sisa babak pertama, United tampil mendominasi penguasaan bola. Namun, rapatnya pertahanan CSKA membuat mereka kesulitan untuk menembusnya. Bola pun kerap berputar-putar saja di sekitar area pertahanan CSKA.

Sebaliknya, CSKA beberapa kali sukses memanfaatkan kesalahan pemain United dalam melepas operan. Mereka lantas melakukan serangan balik cepat yang dikonsentrasikan lewat sisi kanan, tempat Manuel Fernandez berada. Namun, berulang kali pula barisan pertahanan United bisa memotong operan pemain-pemain CSKA di depan kotak penalti mereka.

Wayne Rooney sempat mendapatkan satu peluang di babak pertama. Namun, tendangannya dari luar kotak penalti masih menyamping. Sampai babak pertama selesai, keunggulan CSKA tetap bertahan.

Di awal-awal babak kedua, United masih tetap kesulitan untuk membongkar pertahanan CSKA. Namun, mereka masih bisa mendapatkan peluang bagus lewat sundulan Rooney. Sial bagi Rooney, sundulannya masih mengarah tepat ke tangkapan kiper CSKA, Igor Akinfeev.

Dominasi itu akhirnya membuahkan hasil bagi United. Pada menit ke-65, sebuah serangan yang dibangun rapi dari sisi kanan diselesaikan Antonio Valencia dengan umpan silang. Umpan tersebut lantas disambut Martial dengan sundulan. Gawang CSKA bobol, skor berubah menjadi 1-1, dan Martial membayar kesalahan handball-nya di babak pertama.

Setelah gol penyama kedudukan itu, tidak banyak peluang bersih didapatkan 'Setan Merah', meski mereka terus mengurung pertahanan CSKA. Marouane Fellaini nyaris membuat United unggul, andai saja dia bisa menjangkau bola pantulan Martial sebelum Akinfeev menghalaunya.

Susunan Pemain

CSKA Moskow: Akinfeev, Fernandes, Ignashevich, V. Berezutski (A. Berezutski 41), Schennikov, Wernbloom, Tosic, Dzagoev (Cauna 87), Eremenko (Panchenko 82), Musa, Doumbia.

Manchester United: De Gea, Valencia, Smalling, Jones, Rojo (Blind 63), Schneiderlin, Schweinsteiger (Fellaini 46), Herrera, Lingard (Memphis 80), Martial, Rooney.

Berita Terkait: